Know Your Armor: Iron Patriot!

Akhir-akhir ini film Iron Man yang ke-3 ramai dibahas. Terutama setelah dirilisnya trailer pertamanya yang mengindikasikan beberapa kejutan. Diantaranya adalah kemunculan Mandarin sang musuh bebuyutan Iron Man, adegan penghancuran habis-habisan rumah Tony Stark beserta armor-armor Iron Man miliknya, dan tak kalah mengejutkannya adalah adanya armor “Iron Patriot.” Kemunculan Iron Patriot ini sempat membuat rumor di antara para fans Iron Man, terutama terkait dengan isu Dark Avengers, namun dengan menyimak trailer Iron Man 3 dengan lebih baik, dapat disimpulkan kemunculan armor ini belum sampai merembet ke cerita saga Dark Reign di dunia komik Marvel.

Pemerintah Amerika memutuskan untuk mengangkat Norman Osborn sebagai pemimpin grup Avengers yang ia bentuk sendiri, dan juga memimpin organisasi pengganti S.H.I.E.L.D yang disebut dengan H.A.M.M.E.R.

Sebenarnya ada apa di balik keberadaan armor Iron Patriot ini? Ada baiknya jika kita mengetahui latar belakang keberadaan armor ini di dunia komik Marvel. Iron Patriot adalah armor yang muncul saat saga Dark Reign yang terjadi setelah invasi rahasia oleh bangsa Skrull. Saat itu, dunia belum lepas dari kematian Captain America, dan ditambah dengan kegagalan Avengers yang dipimpin oleh Tony Stark (Iron Man) dan juga kegagalan S.H.I.E.L.D yang dipimpin oleh Nick Fury dalam menghadapi invasi bangsa Skrull. Akibat dari kegagalan itu, pemerintah Amerika mencopot jabatan Tony Stark dan Nick Fury, juga membubarkan Avengers dan S.H.I.E.L.D. Pemerintah Amerika memutuskan untuk mengangkat Norman Osborn sebagai pemimpin grup Avengers yang ia bentuk sendiri, dan juga memimpin organisasi pengganti S.H.I.E.L.D yang disebut dengan H.A.M.M.E.R.

Saat itu Norman Osborn telah merekrut Ares, The Sentry (yang dirasuki The Void), Ms. Marvel (Moonstone), Captain Marvel (Noh-Varr), Wolverine (Daken), “Spider-Man”  (Venom/Macdonald Gargan), dan Hawkeye (Bullseye). Menurut Ares, tim ini kekurangan Sang Prajurit (Captain America) dan Sang Ksatria (Iron Man), bukan sebagai personil, tetapi sebagai simbol yang dipercaya oleh dunia. Dan dengan akses Avengers Tower yang diberikan kepada Norman Osborn, ia mengakses armor-armor yang ditinggalkan oleh Tony Stark dan membuat salah satu dari armor itu menjadi Iron Patriot. Iron Patriot-lah simbol yang dibuat Norman Osborn untuk menggantikan sosok Captain America dan Iron Man di Avengers yang dipimpinnya.

Iron Patriot ini sebenarnya bukan armor baru. Armor ini merupakan armor milik Tony Stark tipe lama (kemungkinan berbasis armor Iron Man Model 29) yang di cat seperti Captain America, dan sedikit modifikasi pada senjata unibeam dari berbentuh trapezoid menjadi bentuk bintang. Bentuk bintang ini justru melemahkan kekuatan yang bisa dipancarkan unibeam. Dan Norman Osborn kurang pengetahuan teknis dalam menggunakan armor ini sehingga secara kekuatan ia tidak bisa dibandingkan dengan kemampuan Tony Stark dalam memakai armor Iron Man, apalagi ia tidak dinavigasi oleh Jarvis. Armor ini akhirnya di shutdown oleh Tony Stark saat Siege of Asgard. Armor ini juga telah hancur lebur oleh Skadi saat invasi Red Skull ke Amerika.

Bagaimana dengan Iron Patriot yang akan muncul di Iron Man 3? Pada gambar ini akan kelihatan lebih jelas tentang identifikasi armor ini. Secara bentuk, sebenarnya ini bukan armor Iron Man, tetapi armor War Machine. Hal ini diperjelas dengan pencantuman nama  Lt Col James Rhodes di bagian dada sebelah kanan. Tentunya aksi dari armor ini akan ditunggu fans Iron Man dalam film Iron Man 3 yang dijadwalkan akan rilis 3 Mei 2013.

Trivia: Spider-Man pernah menyindir Iron Patriot karena ia tampak seperti  tiang reklame di barber shop.

SHARE
Previous articleKomunitas Papercraft, Peri !
Next article“Bang!” bersama Boardgame Hut !
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.