Google Menunda Konfirmasi Android 4.2 Jelly Bean, Nexus 4, Nexus 7 3G dan Nexus 10

Seharusnya hari ini Google menggelar event tunggal mereka yang diduga sebelumnya untuk mengkonfirmasikan LG Nexus 4, Samsung Nexus 10, ASUS Nexus 7 32GB 3G dan Android 4.2 Jelly Bean. Namun event tersebut sementara dibatalkan karena ancaman angin topan Sandy.

Sebenarnya topan tropis Sandy ini terjadi musiman, dan biasanya mempengaruhi Jamaica, Kuba, Bahama, Haiti dan Florida, namun yang saat ini terjadi, diketahui minggu pagi kemarin juga mengamcam pesisir timur Amerika Serikat dan Kanada, termasuk di sana pelabuhan di New York yang minggu kemarin dinyatakan dalam keadaan bahaya. Dan karena topan ini tidak bersahabat dengan transportasi baik laut dan udara, yang kemungkinan banyak undangan tidak bisa datang, Google pun memutuskan membatalkan event 29 Oktober mereka tersebut. Walaupun batal, sudah banyak yang mengetahui apa saja yang bakal dikonfirmasikan selama event dengan undangan bertajuk “The playground is open” (menunjuk pada sifat open source OS Android). Berikut kami berikan resume apa saja yang diprediksi muncul selama event.

LG Nexus 4

Keluarga terbaru Google Nexus ini tidak lain LG Optimus G yang dibalut casing baru. Dan benar, spesifikasi yang sudah bocor sebelumnya memang bakal kita temui di dalam LG Nexus 4. Diantaranya layar 4.7-inchi dengan resolusi 1280×768-pixel, ketebalan 9.1mm, berat 139g, chipset Qualcomm  APQ8064 Snapdragon S4 Pro dengan empat inti berkecepatan 1.5GHz, 2GB RAM, 8/16GB internal memory (dan seperti Nexus sebelumnya, tanpa memory eksternal… duh!), kamera utama 8-megapixel, kamera sekunder 1.3-megapixel, baterai 2,100mAh, dan menggunakan Android 4.2 Jelly Bean dengan kode build Android JB MR1. Baterainya juga tidak bisa digonta – ganti dengan bebas karena menyatu pada body belakangnya, seperti pada LG Optimus G.

Di atas dokumen manual terakhir yang sempat bocor, menunjuk detail fitur eksternalnya. Tidak ada slot microSD-nya (menaljutkan ciri khas Galaxy Nexus sebelumnya), dan induction coil tersebut untuk kebutuhan wireless charging. Dokumen lengkapnya bisa kamu akses di link ini.

Samsung Nexus 10

Kemudian rumor sebelumnya yang menyebutkan Google juga sedang menyiapkan tablet 10-inchi sendiri juga benar. Untuk tablet ini kembali Google bekerjasama dengan Samsung. Walaupun nama Nexus 10 belum dikonfirmasikan, namun duet baru Google dan Samsung ini sepertinya bakal banyak menarik perhatian, terutama karena chipset yang digunakan di dalamn ya.

Awalnya Nexus 10 menyapa melalui data Google Analytics, dengan kode Manta serta menjalankan Android 4.2. Tablet ini memiliki layar 10-inchi dengan resolusi 2560×1600-pixel, 16:10 aspect ratio dan kerapatan tiap pixel-nya 300 PPI. Tablet yang bakal diproduksi Samsung ini kemudian juga bocor melalui data EXIF sebuah foto (bisa kamu akses di akun Picasa ini) yang diambil oleh salah satu eksekutif Google, bersamaan dengan manual dan beberapa foto spy shot-nya. Desainya terlihat mirip dengan Samsung Galaxy Note 10.1, internal storage 16 GB, Android 4.2, dan prosesor Exynos geberasi baru dengan dua inti pada kecepatan 1.7 GHz.  Detail spesifikasinya sebagai berikut:

  • Layar 10.1-inchi Super AMOLED dengan resolusi 2560×1600-pixel dan kerapatan 298.9 pixels-per-inch (PPI), yang jelas mengalahkan resolusi dan kerapatan layar iPad generasi 3 (2048×1,536-pixel dengan 264 PPI) dan menempatkan standar baru kualitas layar sebuah tablet
  • Prosesor dual-core 1.7 GHz dari chipset Samsung Exynos 5250 (kini lebih dikenal sebagai Exynos 5 Dual), yang sudah menggunakan teknologi terkini Cortex-A15 32 nm HKMG (High-k Metal Gate) yang lebih hemat energi
  • GPU terbaru Mali-T604 dengan empat core
  • 2GB RAM dengan teknologi 32-bit Dual-channel yang kecepatannya 800 MHz, serta aksesnya bisa mencapai 12.8 GB/detik
  • 16GB internal storage (juga ada opsi yang lebih besar)
Buka manual Nexus 10 yang juga sudah bocor sebelum event Google hari ini.
  • Tanpa slot microSD — well, semua Nexus sepertinya harus puas dengan internal memory saja!
  • Kamera utama 5-megapixel dengan LED flash
  • Kamera sekunder
  • NFC
  • WiFi
  • Bluetooth 4.0
  • Dual speaker yang ditempatkan di sisi kiri – kanan layar, mengingatkan pada tablet Galaxy Samsung lainnya yang berlayar 10.1-inchi
  • Android 4.2 Jelly Bean
Detail versi Android, kernel dan build dari Nexus 10.

Google Nexus 10 – BriefMobile

Nexus 7

Inilah tablet Nexus 7-inchi yang begitu banyak mendapat pujian oleh pengamat teknologi, dan dianggap sebagai salah satu Nexus terbaiknya Google yang value-for-money-nya tinggi. Walaupun angka penjualannya mungkin masih belum mencapai prediksi, namun Nexus 7 terbukti laris manis di pasaran — diperkirakan sudah terjual 3 juta unit. Dibanderol sanbat murah, salah satu kekurangannya hanya tidak ada varian 3G dan internal memory-nya yang rendah. Tidak heran agar tetap mampu bersaing dengan revisi Kindle Fire HD serta iPad mini, Google sudah ancang – ancang menyiapkan upgrade dengan internal storage 32GB serta tidak hanya mendukung koneksi Wi-Fi saja. Ada dukungan 3G HSPA di sana, dengan detail harganya belum diungkapkan Google.

Namun kemarin kami juga mengetahui ada beberapa analis yang sudah mendapatkan bocoran berapa kira – kira harga yang ditetapkan Google untuk varian 3G tersebut, sekaligus revisi harga keseluruhan Nexus 7. Diprediksi Nexus 7 16GB (tanp 3G) bakal dijual seharga $199, lalu Nexus 7 32GB tanpa 3G harganya diprediksi  $249. Sedangkan Nexus 7 16GB dengan 3G dijual seharga $249-$299, dan untuk 32GB plus 3G pada $299-$349. Varian 8GG-nya memang sudah discontinue, dan yang storage 16GB non-3G menggantikannya sebagai model termurah.

Dengan perkiraan harga tersebut, seharusnya Nexus 7 menjadi pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan iPad mini, yang harga varian 3G dengan storage 32GB mencapai $559. Apalagi dibandingkan Amazon dengan Kindle Fire HD 7-inchi yang non 3G harganya setara dengan prediksi di atas, walaupun Kindle Fire HD plus 3G yang ukuran 8.9-inchi juga dijual hanya $499. Selain prediksi harga tersebut, juga dipercaya jika Google bakal mulai menjual Nexus 7 32GB plus 3G mulai 11 November mendatang. Sedangkan kita di Indonesia sepertinya harus puas dulu dengan pilihan 16 GB Wi-Fi ini.

Android 4.2

Tidak seperti yang kami tuliskan sebelumnya, Android 4.2 ternyata masih berupa upgrade minor dari Android 4.1 Jelly Bean. Demikian namanya pun juga masih menggunakan Jelly Bean, bukan Key Lime Pie — kemungkinan Key Lime Pie digunakan nanti untuk Android 5.0. Android 4.2 itu sendiri dikabarkan terfokus pada penambahan “content,” seperti dikenalkannya ‘Content in the center,’ yang memungkinkan kita mengakses content Play Store dari widget dan ‘Tablet Sharing,’ demikian cocok untuk pengguna keluarga dan perusahaan yang ingin berbagi content Play Store dengan mudah. Gampangnya, cukup beli satu aplikasi, dan kamu bisa saling berganti – ganti antara beberapa user ketika menggunakannya, dengan menggunakan basis data pengguna seperti email. Contoh nyata yang mungkin pernah kamu temui adalah dari men-switch user di Microsoft Windows, namun kini ada di Android. Selain itu upgrade lain yang sudah diungkapkan adalah adanya opsi kamera panoramic horizontal dan vertical.

Sumber: Foto Nexus 10 via BriefMobile

SHARE
Previous articleAction Figure Halo 4 Super Imut Dari Funko
Next articleJadwal Rilis GTA V Terbongkar, Siap Melakukan Pre Order?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.