LG and Google Announce Nexus 4, Best-in-Class Hardware with the Best of Google

Google memang membatalkan event di New York karena angin topan Sandy yang saat ini masih terasa efeknya. Namun tidak membatalkan rencana peluncuran resmi beberapa gadget terbaru hasil duet dengan LG, Samsung dan Asus. Inilah yang pertama, LG Nexus 4.

Kami mendapat konfirmasi via email sekitar pukul 23:00 kemarin. Dan penulis tidak terkejut ketika membaca beberapa point yang diunggullkan LG, serta spesikasinya, karena memang sudah banyak yang membocorkan sebelum hari perilisannya ini. Selain juga smartphone tersebut keseluruhan sama dengan LG Optimus G, kecuali pada beberapa fitur yang memang menjadi request Google untuk menyamakannya dengan keluarha Nexus sebelumnya — seperti lampu LED di bawah layar.

“LG is proud and excited to play this role in helping build the latest Nexus smart-phone,” ujar Dr. Jong-seok Park, President and CEO of LG Electronics Mobile Com-munications Company. “Users will be delighted by the perfectly balanced combination of form and function with the latest generation of Android.”

Andy Ru-bin, Senior Vice President of Mobile and Digital Content at Google menambahkan “This is the first time we collaborated with LG to build a Nexus device, they brought an extraordinary amount of talent to the project, and the result is a feature-packed device that feels great in your hand, and blazingly fast under the hood.”

LG Nexus 4 mengajukan layar True HD IPS Plus dengan ukuran 4.7-inchi serta resolusi WXGA (768 x 1280, 15:9 aspect ratio), dan mesin utamanya adalah chipset Qualcomm yang memiliki empat inti prosesor Krait dari keluarga Snapdragon S4 Pro dengan kecepatan 1.5GHz, 2GB RAM dan GPU Adreno 320.

Menjalankan Android 4.2 Jelly, LG Nexus 4 pun melanjutkan ciri khas Nexus yang tidak menyediakan slot eksternal memory, dan kamu harus puas dengan pilihan internal storage 8GB atau 16GB — LG Optimus G yang menjadi rujukannya menyediakan jatah 32GB. Kamera utama di belakang 8-megapixel dan memiliki fitur keren seperti Photo Sphere. Mirip tipikal mode panorama, kamu tidak hanya bisa menggeser viewfinder ke kiri – kanan saja, namun juga ke atas – bawah.

Tidak hanya canggih dan cepat di balik casing, sisi eksternal LG Nexus 4 tetap terlihat menarik dengan dimensi 133.9×68.7×9.1mm dan berat 139g — bandingkan dengan Optimus G yang memiliki ukuran 131.9 x 68.9 x 8.45mm dan berat 145gram. Baterainya 2,100mAh, yang diklaim mampu bertahan untuk aktivitas bicara hingga 15.3 jam, dan 390 jam untuk standby. Dan seperti kami utarakan di sini, adanya induction coil berguna untuk men-charge smartphone ini secara wireless.

Lebih lanjut untuk konektivitas, hasil kolaborasi LG dan Google ini berjalan di jalur data 3G (WCDMA)/HSPA+ dan juga ada NFC. Tidak seperti Optimus G yang langsung dipasarkan dengan 4G LTE untuk varian internasionalnya, untuk Nexus 4 ini sementara hanya disediakan varian GSM 3G/HSPA+ saja. Rencananya LG dan Google mulai menjualnya 13 November 2012 mendatang melalui Play Store di Amerika Serikat, Inggris Raya, Kanada, Jerman, Perancis, Spanyol dan Australia. Menyusul kemudian di akhir November dijual di Eropa, Amerika Tengah dan Selatan, Asia, CIS dan Timur Tengah.

Harganya? Untuk yang 8GB bisa kamu dapatkan dengan harga hanya $299 atau Rp 2.9 jutaan, sedangkan 16GB menjadi $349 atau sekitar Rp. 3.4 jutaan, jauh lebih murah dari Optimus G yang mencapai Rp. 8 jutaan ketika pertama kali dirilis. Semoga saja segera dirilis di Indonesia ya, karena walaupun minus external SD, menjadi solusi yang pengen ngicipi hardware Optimus G namun dengan harga separuhnya saja… hehe!

SHARE
Previous articleAIKA SMART BATTLE TOURNAMENT
Next articleResensi Spesial Halloween: Superman/Batman #77 Fright Night
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.