Setelah menjalani masa open beta pasca menjalani update baru kurang lebih satu bulan, RIM akhirnya resmi meluncurkan update baru layanan BlackBerry Messenger mereka. BBM 7.0 ini mengimplementasikan fitur panggilan gratis melalui koneksi Wi-Fi antara sesama pengguna BBM, fungsi yang sudah familiar bagi mereka para pengguna Skype.

BBM 7.0, atau yang oleh RIM disebut sebagai BBM Voice, memungkinkan pengguna BlackBerry dengan cepat beralih dari chat berbasis teks ke percakapan suara, dan seharusnya menjadi salah satu fitur unggulan yang bisa kembali menyibukkan para pengguna BBM, dan sedikit melupakan kesulitan yang saat ini sedang dihadapi RIM.

Melalui penambahan fitur baru ini, BlackBerry Messenger 7 bakal mensinkronisasikan profil BBM, group, dan contacts melalui BlackBerry ID kita — kelebihannya,  ketika kita meng-update BlackBerry ke BlackBerry 10 misalnya, atau membeli perangkat BlackBerry baru, mereka bisa dengan mudah memulihkan BBM ke kondisi sebelum perangkatnya berganti. Selain itu versi baru ini juga memberi tambahan pada fungsi notifikasi dalam aplikasi BBM, yang memungkinkan kita untuk mendapatkan peringatan ketika ada update software baru. Kemudian RIM juga menambahkan lebih banyak pilihan emoticon bagi mereka yang doyan berekspresi melalui ikon – ikon kecil tersebut. Namun tetap perlu dicatat, untuk mengaktifkan panggilan suara melalui BBM 7 ini memerlukan koneksi internet via WiFi lho ya!

Memang ada banyak layanan VOIP (voice over Internet Protocol) yang sudah sering kita temui. Namun yang terintegrasi ke dalam fasilotas chatting dengan user yang juga cukup besar (apalagi di Indonesia), tentu banyak yang menerima penambahan ini. RIM pun sukses memasukkannya dalam antar muka BM. Terlihat begitu sederhana dan bersih, dengan ikon yang menandakan kamu bisa melakukan panggilan suara pada daftar kontak BBM. Kemudian dengan satu sentuhan tombol “dial” (atau ikon dial pada BlackBerry berlayar sentuh), maka kamu bisa meminta user BBM lain yang juga bisa mengaktifkan fitur ini untuk menerima panggilanmu. Begitu panggilan berlangsung, kamu masih bisa kembali ke layar chat dan melanjutkan chatting melalui teks, atau mengirim gambar dan content lain, sembari panggilan tadi berjalan (bisa kamu dengarkan melalui speakerphone atau headset bluetooth) secara multitasking dengan tampilan split-screen, dan tidak mengganggu aktivitas lain yang kamu jalankan ketika sedang bertelepon.

Sayangnya, kecil kemungkinan fitur ini digunakan ketika kita menggunakan koneksi data. Karena memang layanan BBM bergantung pada paket yang ditawarkan operator, dan biasanya ada batasan data, maka RIM pun memutuskan hanya mengijinkan panggilan suara ini menggunakan jalur internet via WiFi saja. Selain itu juga belum ada kepastian apakah BBM 7 ini bakal ikut diintegrasikan ke dalam OS baru mereka, BlackBerry 10. Karena menurut T.A. McCann, Vice President of BBM and Social Communities RIM, pihaknya khusus mengembangkan BBM 7 untuk BBOS saja (atau perangkat BlackBerry dengan OS yang kita kenal saat ini, bukan BlackBerry 10).

Jika kamu menggunakan BlackBerry dengan OS minimal 6, bsa langsung men-download BBM 7 melalui BlackBerry App World. Lantas bagaimana dengan mereka yang masih menggunakan OS 5? Menurut RIM, mereka akan mengusahakannya ada untuk OS lawas itu tahun depan. Semoga saja benar, daripada kita harus ganti BlackBerry hanya untuk menikmati telepon via BBM… :)

New BBM 7 Now Available: Get Talking with BBM Voice

http://youtu.be/3Mf1KSELfQg

How To Use BBM Voice To Voice Chat

http://youtu.be/aXsxzm3rY4M

528 keseluruhan 31 dilihat hari ini