TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

Telkom memperkenalkan TelkomStore, toko aplikasi Android yang bisa menggunakan pulsa sebagai metode pembayarannya. Seperti apa TelkomStore dan bagaimana langkah-langkah untuk mulai menggunakannya? Simak di artikel ini!

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

Tampilan halaman depan TelkomStore[/caption]

Bagi sebagian besar para pengguna Android, belanja aplikasi di Google Play Store mungkin sudah menjadi salah satu aktivitas rutin. Namun, masalah bisa saja muncul apabila ingin membeli satu aplikasi tetapi tidak memiliki kartu kredit untuk membeli aplikasi tersebut. Nah, kali ini Telkom memberikan solusi bagi kamu yang ingin berbelanja aplikasi Android, namun tidak memiliki kartu kredit dengan memperkenalkan TelkomStore.

TelkomStore pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2012 lalu, dan sampai saat ini katalognya terus bertambah hingga ratusan aplikasi. Berbeda dengan Google Play Store, konten dalam TelkomStore lebih banyak didominasi oleh konten lokal, baik dari game maupun dari segi aplikasi. Bahkan, Telkom sudah menyelenggarakan banyak program untuk menggandeng pada developer lokal guna memasarkan konten di TelkomStore, salah satunya adalah lomba pembuatan aplikasi Mobile yang sudah dilaksanakan sekitar September - Oktober lalu.

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa! Salah satu aplikasi gratis yang ada di TelkomStore[/caption]

Selain memposisikan diri sebagai portal bagi developer lokal untuk menjual aplikasinya, hal lain yang membedakan antara TelkomStore dengan Google Play Store adalah dalam hal metode pembayaran. Ya, jika di Google Play Store kamu harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu untuk membeli aplikasi, maka di TelkomStore ini kamu bisa membeli aplikasi dengan menggunakan pulsa handphone kamu! Bagi yang menggunakan kartu prabayar, maka setiap kali kamu membeli aplikasi, maka pulsa kamu akan terpotong sebesar harga aplikasi tersebut ditambah dengan PPN sebesar 10%. Sedangkan jika kamu menggunakan kartu pasca bayar, maka harga aplikasi plus PPN tersebut akan dibebankan kepada tagihan bulanan kamu.

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa! Salah satu aplikasi berbayar, Monopoly yang dibanderol dengan harga Rp 5.000 + PPN 10%[/caption]

Fitur menarik lain yang disediakan TelkomStore adalah Gift, dimana kamu bisa memberikan aplikasi yang kamu beli ke nomor lainnya. Untuk sementara, provider yang mendukung pembayaran TelkomStore baru Telkomsel (Simpati/Kartu Halo/AS) dan Flexi, serta Telin Hongkong. Lantas, untuk firtur Gift baru tersedia untuk Telkomsel saja, dan akan segera menyusul untuk provider lainnya. Aplikasi ini juga membutuhkan perangkat Android dengan OS 1.6 ke atas, dan yang terkoneksi dengan internet.

Bagaimana untuk mulai menggunakan dan membeli aplikasi dari TelkomStore? Simak halaman berikutnya ya!

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

Sebelum menggunakan TelkomStore, kamu harus terlebih dahulu men-download aplikasi (dengan format .apk) TelkomStore yang ada di alamat ini. Setelah men-download, pindahkan aplikasi ini ke smartphone kamu dan install seperti meng-install .apk biasa. Kamu juga bisa langsung men-download aplikasi ini dari browser smartphone kamu dengan mengarahkannya ke www.telkomstore.com, dan menekan tombol Download yang ada.

Setelah ter-install, kamu bisa langsung menjalankan aplikasi TelkomStore. Di awal penggunaan, sebuah kotak dialog akan muncul. Tekan OK untuk lanjut masuk ke dalam store atau baca Terms and Condition untuk membaca syarat-syarat penggunaannya.

Download Konten Gratis

Untuk men-download konten yang gratis, ikuti langkah-langkah di bawah ini

1. Pilih aplikasi gratis (Free) yang kamu inginkan, lalu klik tombol Download.

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

2. Klik OK lalu install seperti kamu melakukan instalasi dari Google Play Store

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

Download Konten Berbayar

Sebelum membeli aplikasi berbayar, pastikan kartu provider kamu termasuk dalam salah satu provider yang didukung oleh TelkomStore seperti yang saya sebutkan di halaman sebelumnya. Selain itu, pastikan juga pulsa kamu mencukupi untuk membayar aplikasi seharga yang tertera ditambah dengan PPN 10%. Terakhir, pastikan juga kuota internet kamu mencukupi untuk men-download aplikasi tersebut. Setelah memastikan semuanya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Klik pada aplikasi yang diinginkan, dan baca deskripsi termasuk harganya. Jika sudah langsung tekan tombol Download.

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

2. Klik OK, lalu install

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

3. Sesaat kemudian, kamu akan menerima konfirmasi SMS yang menginformasikan pulsa yang terpotong untuk membayar harga aplikasi.

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

4. Aplikasi yang sudah kamu beli bisa kamu install ulang dengan masuk ke menu My Apps dan cari aplikasi yang sudah kamu beli di sana.

Bagi para developer aplikasi, kamu bisa mulai mempublikasikan aplikasi kamu di TelkomStore dengan mengunjungi halaman ini. Selain itu, kamu juga bisa membaca SOP Kemitraan untuk mempublikasikan aplikasi dengan mengunjungi halaman ini.

TelkomStore, Belanja Aplikasi Android dengan Menggunakan Pulsa!

Yuk, mulai pakai TelkomStore sekarang dan dukung perkembangan konten dalam negeri! :D

[Sumber: TelkomStore]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU