Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC

Masih ingat dengan Google Nexus Q? Purwa rupa perangkat media player berbentuk bulatan buatan Google yang ternyata tidak jadi dirilis karena fiturnya terbatas. Sony membangkitkannya desainnya yang begitu ikonik, melalui portable speaker dengan koneksi NFC.

Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC

Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC SRS-BTX500[/caption]

Masih ingat dengan Google Nexus Q? Purwa rupa perangkat media player berbentuk bulatan buatan Google yang berbasis streaming, dan menggunakan OS Android. Pertama kali dikenalkan selama Google I/O 2012, dan direncanakan dijual seharga US $299 mulai akhir 2012. Namun kenyataannya karena feedback yang kebanyakan negatif (fiturnya minim dengan harga yang ditawarkan), peluncurannya pun dibatalkan seiring Google mengenalkan Nexus 4 dan Nexus 10.

Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC

Kali ini ada yang mencoba membangkitkannya, lebih tepatnya, desainnya yang begitu ikonik. Adalah Sony, yang selama CES 2013 juga mengenalkan speaker berbentuk bulatan SRS-BTV5, yang untuk streamingnya tidak perlu harus memaksa kita berlangganan internet kecepatan tinggi. Karena streaming musiknya bisa dilakukan melalui koneksi near field communication alias NFC.

Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC SRS-BTV5[/caption]

SRS-BTV5 ini bakal dijual $69 saja ketika mulai dijual Maret 2013 nanti. Ukurannya memang kecil dan ringan, namun kualitas speakernya termasuk lumayan berkat konsep desain Circle Sound yang menyebarkan output suara secara 360-derajat. Selain itu dengan kemungkinan sinkronisasi musik melalui koneksi NFC, jauh lebih simpel daripada harus men-streaming musiknya melalui internet. Speaker ini ditenagai baterai yang tidak diketahui kapasitasnya, namun mampu bersuara sampai 5 jam dalam sekali charge.

 

Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC SRS-BTM8[/caption]

Well, memang hanya SRS-BTV5 saja yang menurut kami mirip Nexus Q, karena Sony juga memiliki beberapa speaker lainnya dengan fitur NFC. Mulai SRS-BTM8, dengan bentuk yang lebih konvensional (atau lebih mirip tas jinjing), serta baterai yang lebih kuat dengan klaim 20 jam dalam sekali charge. Dia juga lebih fleksibel karena bisa menerima daya listrik melalui AC adapter. Bentuknya yang mirip tas jinjing memang bukan favorit semua orang. Namun dengan pegangannya itu, SRS-BTM8 dengan mudah dibawa dan dipindahkan kemana-mana, atau ketika sambil berjalan.

Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC SRS-BTX300[/caption]

Speaker lain yang dibawa Sony selama CES 2013 adalah SRS-BTX300 yang harganya $199, dan BTX500 yang harganya $299. Keduanya mengadopsi bentuk yang lebih tradisional dari kedua "speaker portable murah" di atas. Untuk  BTX300 dibuat khusus untuk menghasilkan output suara yang lebih baik. SRS-BTX300 ditenagai baterai dengan ketahanan 8 jam, dan juga bisa menjadi unit hands-free (melalui koneksi bluetooth, sehingga juga bisa dinikmati pengguna iOS baik untuk iPhone dan iPad) selama kamu membawanya, sekaligus memiliki port khusus untuk men-charger smarrphone-mu.

Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC SRS-BTX500[/caption]

Kemudian untuk yang versi termahal, SRS-BTX500 memiliki kualitas speaker yang sama seperti BTX300, namun ada fitur advance yang oleh Sony disebut sebagai teknologi DMC (bukan Devil may Cry lho ya!), sebuah kombinasi Dual Passive Radiators, Magnetic Fluid Speakers (teknologi yang dikembangkan NASA yang mampu mengurangi getaran), dan digital signal processing Clear Phase  (untuk mengurangi distorsi suara). Walaupun paling mahal, namun kekuatan baterainya sendiri juga bukan yang terbaik, karena hanya mampu bertahan 6 jam saja. Seperti BTX300, unit ini juga bisa difungsikan sebagai hands-free dan juga charger portable.

Speaker Portable Stylish Dari Sony, Hubungkan Musik Android Melalui NFC

Dan untungnya, semua speaker yang mulai dijual Maret 2013 mendatang itu tidak memaksamu menggunakan Android Sony Xperia untuk menggunakannya. Android lain yang memiliki NFC bisa berhubungan dengan speaker unik Sony tersebut, asal men-download dulu aplikasi Easy Connect yang bisa kamu download melalui Play Store.

Sumber: Sony

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU