Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

Tak terasa sudah hampir sebulan kita memasuki tahun 2013. Tentu sebagai gamer kita sudah mengetahui beragam info mengenai game-game yang akan dirilis tahun ini, terutama yang ber-genre RPG. Pastinya dari sederet judul RPG yang akan keluar tahun ini, ada judul-judul yang wajib dinantikan dan dimainkan tentunya.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

Tak terasa sudah hampir sebulan kita memasuki tahun 2013. Tentu sebagai gamer kita sudah mengetahui beragam info mengenai game-game yang akan dirilis tahun ini, terutama yang ber-genre RPG. Pastinya dari sederet judul RPG yang akan keluar tahun ini, ada judul-judul yang wajib dinantikan dan dimainkan tentunya. Berikut adalah daftar 10 judul RPG yang wajib dimainkan di tahun 2013 ini.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

10) Pandora's Tower (Wii)

Operation Rainfall, pergerakan fans untuk meyakinkan Nintendo merilis versi translasi dari tiga JRPG eksklusif di Wii, akhirnya mencapai kemenangan. Xenoblade Chronicles dan The Last Story (keduanya benar-benar hebat) dirilis versi US-nya tahun lalu, dan kali ini giliran Pandora’s Tower mendapatkan kesempatan yang sama. XSEED mendapatkan tugas mulia untuk menerjemahkan Pandora’s Tower.

Apa yang patut dinantikan dari Pandora’s Tower ini adalah konsep gameplay-nya yang unik, menggabungkan elemen gameplay dari serial Castlevania, God of War, rogue-like dungeon crawler, hingga dating simulation (interaksi antara protagonis pria dan wanita). Keunikan gameplay-nya inilah yang membuat Pandora’s Tower dinantikan, meskipun awalnya sempat mendapat cercaan gara-gara desain karakter utamanya yang mirip dengan Noctis Lucis Caelum, protagonis utama di Final Fantasy XIII Versus milik Squaare Enix.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

9) Shin Megami Tensei: Devil Summoner: Soul Hackers (3DS)

Salah satu game yang menjadi favorit di masanya, Shin Megami Tensei: Dev il Summoner: Soul Hackers akhirnya mendapatkan lokalisasi. Tetap mengusung gameplay khas Shin Megami Tensei, penjelajahan dungeon dengan pertarungan menggunakan anggota party para demon, dan disajikan dalam sudut pandang orang pertama.

Bisa dikatakan, Soul Hackers ini adalah Final Fantasy VII di Jepang, game yang sangat meledak popularitas serialnya tapi tidak pernah muncul di US (hingga saat ini). Pastinya penggemar berat serial Shin Megami Tensei terutama Soul Hackers yang menantikan versi lokalisasinya bisa bernafas lega dan tidak akan melewatkan game satu ini.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

8) Dragon Age III: Inquisition (PC, Xbox 360, PS3)

Serial Dragon Age ini selama ini dianggap banyak orang kurang memaksimalkan potensialnya, padahal formula gameplay-nya bagus. Sepertinya hal tersebut akan berubah dengan Dragon Age III: Inquisition, karena menggabungkan konsep gameplay dua judul game sebelumnya dengan strategi dan persiapan pertarungan yang jauh lebih baik. Dan juga kabarnya akan ada bumbu Elder Scroll’s V Skyrim di dalamnya, yang diprediksi akan memperbaiki kualitas serial Dragon Age. Didukung dengan nama besar BioWare, pastinya penggemar serial Dragon Age akan menantikan game ini.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

7) Ni No Kuni: Wrath of the White Witch (PS3)

Ni no Kuni: Wrath of the White Witch adalah oasis bagi para penggemar JRPG klasik. Merupakan kerjasama yang sempurna antara Level-5 dengan Studio Ghibli yang terkenal, menjadikan game ini JRPG yang sayang dilewatkan. Mengusung sistem pertarungan turn-based klasik yang dipadu dengan sentuhan modern, beragam Familiar untuk dikoleksi, plus jalan cerita khas dan grafis menawan khas Studio Ghibli (memiliki pesan moral yang dalam), benar-benar membuatnya tampil memukau. Peta dunia? Desain karakter khas ala anime Studio Ghibli? Sintesis item? Semuanya bisa kamu dapatkan di sini. Terlebih dengan dirilisnya versiUS yang pastinya sayang dilewatkan para penggemar JRPG klasik.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

6) Dragon Quest VII (3DS)

Merasa keki atau bahkan bahagia bisa menamatkan game Dragon Quest VII di PS One dulu? Kamu penggemar berat serial DQ khususnya DQ VII ini patut berbahagia, karena Square Enix akan membuat versi remake-nya untuk 3DS dengan begitu banyak tambahan fitur. Salah satunya yang paling terlihat adalah perubahan grafis menjadi 3D, tidak lagi menggunakan sprite 2D. Selain itu fitur StreetPass juga dimaksimalkan oleh Square Enix, membuatnya mirip dengan DQ IX. Bahkan kamu bisa melihat karaktermu saat bertarung! Benar-benar sebuah remake yang patut dinanti, terutama oleh para penggemar JRPG klasik. Kangen bukan dengan menyelesaikan puzzle berlama-lama di awal permainan DQ VII? Hehe.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

5) South Park: The Stick of Truth (PC, Xbox 360, PS3)

Mungkin selama ini sudah banyak game adaptasi dari South Park, animasi komedi situasi Amerika yang ditayangkan di channel CNN. Namun kebanyakan game-game tersebut mengusung genre action, dan tak terlalu berkesan sebagai South Park. Obsidian Entertainment pun mengembangkan sebuah RPG dari South Park ini, dengan judul South Park: The Stick of Truth. Tentu kedua kreatornya, Trek Parker dan Matt Stone, banyak dilibatkan dalam proses pengembangannya.

Diperkirakan game ini patut dinanti oleh penggemar RPG, mengingat Trek dan Matt memiliki cukup pengetahuan akan dunia RPG (yang bisa dilihat dari beragam unsur parodi RPG di dalam episode-episodenya). Dan setidaknya unsur humor satir dan gelap khas South Park akan bisa ditemui di sini, terutama dari beragam dialognya.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

4) Dark Souls II (PC, Xbox 360, PS3)

Mereka yang pernah memainkan Dark Souls pasti paham bagaimana “adiktifnya” game ini terkait dengan tingkat kesulitannya yang luar biasa. Action RPG yang sanggup membuat tekanan darah meningkat, mengumpulkan beragam Soul dari monster-monster yang ada, dan karakter bisa mati dalam sekejap benar-benar menjadi sebuah kenangan tersendiri.

From Software selaku pengembang Dark Souls telah mengkonfirmasikan sekuelnya, Dark Souls II. Mereka mengatakan sekuelnya ini akan lebih “mudah diakses” dibanding prekuelnya, namun mengundang kontroversi dari penggemarnya karena tingkat kesulitan ekstrim Dark Souls adalah salah satu nilai jualnya. Tapi tetap saja Dark Souls II patut dinanti, dan mungkin dengan sedikit perubahan ini tidak membuat tekanan darah cepat meningkat.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

3) God Eater 2

Awal diumumkan pada saat Tokyo Game Show 2011 lalu, Namco Bandai Games mengkonfirmasikan pengembangan God Eater 2. Lama dinantikan oleh para penggemarnya, mereka pun mengatakan akan merilisnya tahun ini. Konsep gameplay-nya tetap sama, perburuan beragam Aragami yang mengancam kehidupan manusia tapi dengan tambahan fitur baru seperti Blood Arts dan dua senjata baru, yakni Boost Hammer dan Charge Spear. Karakter baru juga ditambahkan dengan kehadiran para karakter lama yang semakin tampil dewasa. Salah satu action RPG yang patut dinantikan tahun ini.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

2) Lightning Returns: Final Fantasy XIII (Xbox 360, PS3)

Sempat menuai kontroversi dengan perilisan Final Fantasy XIII-2 (FF XIII-2), Square Enix berupaya memperbaikinya dengan mengembangkan Lightning Returns: Final Fantasy XIII. Sepertinya game ini patut ditunggu, terlepas dari kontroversi jalan ceritanya, karena memiliki gameplay yang dirasa lebih baik dibanding sekuelnya. Dunia besar, tema kehancuran dunia dan kamu harus menyelamatkannya dalam waktu “hanya” 13 hari, sistem pertarungan yang lebih aktif dan dinamis, sistem Wear yang memungkinkanmu mengganti strategi dalam pertarungan dalam sekejap, semuanya benar-benar menarik. Setidaknya dari sisi gameplay, Square Enix benar-benar membuat LR: FF XIII patut dinanti oleh penggemar JRPG.

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

1) Pokémon  X/Y (3DS)

Konfirmasi game Pokémon terbaru dari Nintendo benar-benar menghebohkan seluruh penggemar Pokémon di seluruh dunia. Bagaimana tidak, Pokémon X/Y membawa serial Pokémon ke dimensi baru, menggunakan grafis full 3D baik untuk karakter maupun latar belakangnya. Dan juga Nintendo akan merilisnya secara simultan di seluruh belahan dunia pada bulan Oktober 2013 mendatang, yang tentu membuat para gamer di belahan barat bahagia, karena selama ini mereka harus menunggu beberapa bulan dari versi Jepangnya yang dirilis terlebih dahulu. Begitu juga dengan sistem lingkungan yang jauh lebih interaktif dibanding prekuel-prekuelnya, membuat Pokémon X/Y begitu dinantikan oleh semua penggemarnya di seluruh dunia.

Dan Beberapa Judul Menarik Lainnya

Ultralist: 10 RPG yang Wajib Dimainkan di Tahun 2013

Sebetulnya ada beberapa judul RPG lain yang akan dirilis di tahun 2013 ini dan menarik perhatian. Seperti versi US dari Tales of Xillia untuk PS3, ya kapan lagi kita menikmati versi US dari salah satu game Tales berkualitas seperti ini? Juga tidak ketinggalan Monster Hunter 4 di 3DS yang banyak dielu-elukan penggemar setianya, karena menghadirkan fitur baru (Jump Attack) dan dua senjata baru, Insect Rod serta Charge Axe. Atau jangan lupakan Shin Megami Tensei IV di 3DS, yang meskipun masih belum ada tanggal resmi rilisnya tapi Atlus memperkirakan akan merilisnya tahun ini. Cukup banyak bukan judul-judul RPG menarik dan sayang dilewatkan untuk tahun 2013 ini? Siap untuk menamatkannya di konsol atau handheld-mu?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU