Shuhei Yoshida: PlayStation 4 Bisa Memainkan Game-game Bekas!

Setelah banyak rumor beredar mengenai konsol next gen yang anti game bekas, Sony memberikan kabar melegakan. Melalui salah satu petinggi mereka, Sony mengkonfirmasikan bahwa PlayStation 4 nantinya tetap bisa memainkan game bekas!

Shuhei Yoshida: PlayStation 4 Bisa Memainkan Game-game Bekas!

Shuhei Yoshida: PlayStation 4 Bisa Memainkan Game-game Bekas!

Kabar ini mungkin bisa menjadi kabar yang sedikit melegakan bagi para gamer yang berencana untuk memiliki salah satu konsol next-gen. Ya, disaat sempat beredar rumor yang cukup kencang mengenai konsol next-gen yang tidak bisa memainkan game-game tangan kedua alias bekas karena harus selalu online, Sony melalui Worldwide Studios Boss mereka, Shuhei Yoshida mengkonfirmasikan bahwa PlayStation 4 nantinya tidak sesuai dengan rumor tersebut, alias bisa memainkan game-game bekas!

"Game bekas bisa dimainkan di PS4," tegas Yoshida seperti dikutip dari Eurogamer. "Itu adalah ekspektasi mendasar dari para konsumen. Mereka membeli versi fisik dari game, dan berharap bisa menggunakannya di konsol manapun. Dan itu pula yang menjadi ekspektasi saya terhadap PS4," ungkapnya lebih lanjut. Sebuah kabar yang cukup melegakan, mengingat sebelumnya sempat beredar beberapa paten untuk konsol next-gen yang merujuk pada anti game bekas ini, mulai dari keharusan selalu online hingga penerapan paten NFC di dalam kopi fisik game.

Shuhei Yoshida: PlayStation 4 Bisa Memainkan Game-game Bekas!

Rumor anti game bekas ini sendiri sebenarnya bermula dari detail X720 Durango yang dibocorkan oleh Edge Online. Dalam artikel tersebut, tertulis bahwa setiap game fisik nantinya akan dikemas dalam kepingan Blu Ray berkapasitas 50GB, dimana masing-masing kopi game memiliki satu kode aktivasi yang hanya bisa diaktifkan satu kali dan terus “melekat” di profil gamer yang membeli kopi game tersebut. Sontak, kabar ini pun membuat beberapa retailer yang seringkali menjual game-game tangan kedua seperti GameStop panik dan pesimis dengan kiprah Xbox 720 dan juga PS4 selanjutnya.

Nah, sekarang PS4 sudah mengkonfirmasikan secara resmi bahwa game bekas masih bisa dimainkan di konsol tersebut. Bagaimana Microsoft? Akankah mereka menerapkan kebijakan serupa untuk X720?

[cb type="company"]Sony[/cb]

[Sumber: Eurogamer]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU