Setelah Gangnam Style, Kini Harlem Shake Menjadi Fenomena di YouTube!

Mengawali aktivitas hari Senin, yuk simak video-video lucu Harlem Shake yang kini banyak beredar di dunia maya dan menjadi fenomena layaknya Gangnam Style. Tetapi, apa sih Harlem Shake sebenarnya? Simak artikel berikut ini!

Setelah Gangnam Style, Kini Harlem Shake Menjadi Fenomena di YouTube!

Setelah Gangnam Style, Kini Harlem Shake Menjadi Fenomena di YouTube!

Pamor Gangnam Style yang meraih lebih dari satu milyar view di YouTube memang berangsur-angsur pudar. Namun, Gangnam Style rupanya sudah memiliki "suksesornya", yaitu Harlem Shake! Ya, mungkin dalam beberapa minggu terakhir kamu seringkali mendengar kata-kata tersebut, maupun ajakan dari beberapa orang untuk menari ala Harlem Shake. Hmm, apa sih sebenarnya Harlem Shake?

Harlem Shake sendiri adalah sebuah tarian yang awalnya diperkenalkan oleh seorang asal Amerika Serikat, Harlem pada tahun 1981. Banyak sumber yang mengatakan, tarian ini sendiri terinspirasi dari tarian Eskista yang sangat populer di Ethiopia. Kamu bisa menyimak tarian asli dari Eskista berikut ini.

Oiya, lagu Harlem Shake sendiri dipopulerkan oleh Baauer dan kamu bisa dengarkan lagu penuhnya di bawah ini.

Harlem Shake kembali tenar di awal tahun ini lewat aksi lucu dari seorang user YouTube, DizastaMusic yang disebut-sebut merupakan pelopor mewabahnya virus Harlem Shake di YouTube. Sontak, aksi ini pun diikuti oleh banyak user YouTube lainnya, dengan berbagai macam gaya yang unik dan berbeda. Memang, tidak ada paten tarian dalam satu video Harlem Shake, dan para penarinya terlihat menari sesuka mereka. Namun, ada beberapa konsep yang membuat tarian Harlem Shake sama antara satu dengan yang lainnya.

- Pertama, durasi video Harlem Shake sangat pendek, tidak lebih dari satu menit. Kebanyakan hanya berdurasi sekitar 30 detik.

- Kedua, selalu ada satu orang yang menari di tengah keramaian. Yang membuatnya lucu, satu orang ini menari, namun orang-orang di sekitarnya seakan tidak peduli. Baru setelah lagu memasuki reff, semua orang akan berjoget bersama satu orang yang menjadi "pionir" tadi.

- Ketiga, pionir tersebut selalu mengenakan penutup kepala. Kebanyakan mengenakan helm, namun ada beberapa video juga yang menunjukkan si pionir mengenakan kardus.

- Keempat, sebenarnya bukan menjadi "keharusan" sih. Beberapa video menampilkan orang-orang yang berpakaian nyeleneh dan lucu. Lihat saja video milik DizastaMusic di atas, yang menampilkan orang-orang berpakaian mulai dari Power Rangers hingga yang berpakaian ketat.

Di bawah ini adalah beberapa vide kocak Harlem Shake yang mendapatkan view puluhan juta kali di YouTube!

Harlem Shake - Original Army Edition

Harlem Shake - Office Edition

Harlem Shake - UGA Men's Swim & Dive

Harlem Shake - College Humor Edition

Harlem Shake - Firefighter Edition

Harlem Shake - Matt and Kim Edition

Dan masih banyak lagi jika kamu search di Youtube dengan kata kunci Harlem Shake! Masih ingin menonton video Harlem Shake lainnya? Lanjut ke halaman berikutnya ya!

Setelah Gangnam Style, Kini Harlem Shake Menjadi Fenomena di YouTube!

Demam Harlem Shake bukan hanya melanda luar negeri. Di Indonesiapun sudah banyak lho yang mengunggah video Harlem Shake dengan berbagai gaya, mulai dari Harlem Shake ala Kaskus, hingga ala Altermyth, salah satu developer game yang berbasis di Jakarta. :D

Harlem Shake Radio 89.5 JIZ FM Jogja

Harlem Shake ala Kantor Kaskus

Harlem Shake ala Seberang KPK

Harlem Shake versi Anak SMA

Harlem Shake ala Altermyth Studio

Bagaimana, tertarik untuk ikut dalam "kegilaan" Harlem Shake bersama teman-teman kamu? :D

[Sumber: ABCNews, YouTube]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU