Indonesia sekali lagi berhasil unjuk gigi dalam industri kreatif dunia. Kali ini berkat dua orang komikus Indonesia, Ockto Baringbing dan Muhammad Fathanatul Haq dengan karya mereka “5 Menit Sebelum Tayang” yang berhasil menyabet penghargaan Silver Prize Winner di ajang 6th International MANGA Award.

Mereka berdua berhasil menyisihkan 200 lebih karya lainnya yang berasal dari 38 negara dan hanya kalah dari karya komikus Thailand. Ini merupakan kebanggaan tersendiri di tengah bangkitnya industri komik Indonesia setelah beberapa tahun dirundung dengan keredupan.

Okto dan Matto

Keduanya merupakan komikus yang berkarir di Makko. Mereka bercerita bahwa komik mereka “5 Menit Sebelum Tayang” mendapatkan banyak pujian dari berbagai orang di Jepang. Salah satunya adalah Machiko Satanaka, ketua dewan juri ajang tersebut, yang memuji cara penceritaan komik yang dinilai bisa membuat pembaca merasakan penderitaan sang tokoh utama. Okto juga diberitahu bahwa penderitaan sang tokoh utama tersebut juga sering dirasakan oleh para mangaka di Jepang.

Chairman Studio Animasi Pierrot juga memuji karya komik mereka tersebut. Petinggi dari studio yang dikenal sebagai yang melahirkan anime Bleach dan Naruto tersebut mengatakan bahwa pembagian chapter di komik mereka sangatlah bagus.

Okto yang juga bekerja di salah satu stasiun televisi di Indonesia berpesan bahwa untuk menciptakan komik tidak harus terus membaca komik terus menerus. Inspirasi bisa datang dari pengetahuan lain atau kita bisa ikut berbagai kegiatan komunitas yang bisa menambah wawasan kita, tidak melulu ceritanya begitu-begitu saja.

Berikut adalah video pidato dari kedua komikus Indonesia kita.

Kibarkan semangatmu hingga ke luar negeri, komikus Indonesia!

sumber: Makko, 108Jakarta.

53 keseluruhan 1 dilihat hari ini