Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

Banyak game dengan konsep menarik yang berjuang untuk mendapatkan pendanaan lewat jalur Crowdfunding. Berikut ini adalah sepuluh diantaranya, yang sukses mendapatkan pendanaan dari website crowdfunding terbesar, Kickstarter.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

Double Fine Adventure, salah satu game yang cukup fenomenal di Kickstarter[/caption]

Ada banyak jalan bagi developer game yang ingin memasarkan game-nya kepada publik, mulai dari menggandeng publisher dengan beberapa restriksi dan ketentuan yang diberikan, hingga self publishing (mempublikasikannya sendiri tanpa publisher) yang lebih bebas namun mengandung banyak resiko dan juga biaya yang tidak sedikit. Selain itu, banyak pula developer game independen dewasa ini yang mengambil jalan lain: melalui jalur crowdfunding.

Crowdfunding sendiri gampangannya adalah seperti patungan, dimana banyak orang yang tertarik dengan ide dari developer dan ingin mewujudkannya, ramai-ramai memberikan bantuan dana dengan imbalan tertentu dari pihak developer. Salah satu situs crowdfunding yang paling tenar tentu adalah Kickstarter, dimana para backer (sebutan para penyandang dana) bisa membantu developer dengan dana segar, dan developer memberikan reward yang setimpal dengan bantuan tersebut. Salah satu syarat sebuah proyek bisa didanai lewat Kickstarter adalah proyek tersebut minimal bisa mencapai target awal yang dicanangkan. Jika tidak mencapai target? Dana akan kembali kepada para penyandang dana masing-masing, dan tidak diberikan kepada developer yang memiliki ide.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

Salah satu contoh sukses Kickstarter adalah OUYA, dimana dengan hanya menargetkan dana US $950.000 saja, mereka bisa mendapatkan atensi dari total 63.416 backer dan berhasil mengumpulkan US $8.5 juta! Bagaimana dari segi game-nya sendiri? Berikut ini penulis ingin memberikan daftar sepuluh game dengan konsep yang menarik, entah dari gameplay, kisah, maupun cara memainkannya yang sudah berhasil menembus target kampanye di Kickstarter dan mendapatkan pendanaan. Selamat menyimak dan silahkan lanjut ke halaman dua ya!

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

10. Cloudberry Kingdom

- Target: US $20.000

- Hasil: US $23.582

Apa game yang paling "menyiksa" menurutmu? Mungkin banyak dari kamu yang menjawab dengan Dark Souls. Tetapi, saya yakin jawaban itu akan berubah jika kamu sudah memainkan Cloudberry Kingdom. Dari namanya mungkin tidak menyiratkan bahwa game ini akan menjadi sesusah Dark Souls. Tetapi game yang dikembangkan oleh studio independen Pwnee ini menjanjikan lebih dari sekedar susah dalam gameplay-nya.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter Ada yang tahu bagaimana caranya melewati level ini?[/caption]

Gameplay game ini memang 2D platformer, namun jangan bayangkan game ini akan bisa "dinikmati" seperti kamu memainkan game 2D platformer lain seperti Super Mario Bros. atau Megaman. Bayangkan sebuah platformer dengan musuh dan halangan sebanyak sebuah game shoot 'em up. Ditambah lagi kamu bisa menciptakan stage-mu sendiri lewat fungsi editor. Dijamin akan ada banyak stage dengan tingkat kesulitan tidak masuk akal yang dibuat oleh komunitas-komunitas game ini nantinya!

Oh iya, nantinya kamu juga bisa membuat stage secara otomatis, karena game ini menyediakan sebuah AI yang bisa mengkreasikan stage dengan masukan variabel yang kamu inginkan seperti tingkat kesulitannya. Selain membuat level, kamu juga bisa membuat karaktermu sendiri di dalam game ini. Game ini sendiri sudah bisa didapatkan dalam format download untuk X360, PS3, PC dan Wii U.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

9. Faster Than Light

- Target: US $10.000

- Hasil: US $200.542

Banyak game bertema luar angkasa yang dikembangkan. Namun, apa yang ditawarkan oleh Faster Than Light ini benar-benar unik dan mungkin tidak kamu temui di game bertema luar angkasa lainnya. Dalam game ini, pertempuran antar pesawat luar angkasa menjadi fokus utama, namun ada banyak elemen lain yang membuat game ini menarik. Salah satunya adalah kendali penuh atas semua aktivitas yang dilakukan oleh seluruh kru pesawatmu.

Dalam game ini kamu bisa melihat bagaimana reaksi para pesawatmu saat ada event-event tertentu terjadi, misal pesawatmu terkena misil dengan damage yang besar namun pembangkit tenaga untuk shield sudah mati. Hal ini memaksamu untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, karena semua kru menggantungkan "hidupnya" kepadamu!

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

Tidak heran jika game ini sudah mendapatkan banyak gelar bahkan sebelum dirilis pada 14 September 2012 lalu untuk PC, Mac dan Linux, antara lain dua gelar Honorable Mention saat Independent Game Festival 2012 lalu.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

8. Cryamore

- Target: US $60.000

- Hasil: US $242.309

Pernah membayangkan apa jadinya kalau elemen-elemen terbaik dalam action RPG semacam Legend of ZeldaSecret of ManaBrave Fencer Musashi, digabungkan menjadi satu dengan elemen steampunk? Konsep menarik itulah yang ditawarkan oleh Cryamore yang dikembangkan oleh NostalgiCO yang berbasis di Chicago, US.

Bayangkan unsur petualangan ala serial Legend of Zelda, digabung dengan atmosfer khas serial Metroid, unsur aksi dalam Secret of Mana, penggunaan elemen apa yang cocok untuk mengalahkan boss tertentu seperti di serial Megaman, background khas Legend of Mana, dengan dialog-dialog kocak dan sistem perubahan waktu seperti Brave Fencer Musashi menjadi satu dan bernuansa steampunkSepertinya Cryamore bisa menjadi "gado-gado" genre yang menarik. Rencananya, game yang baru saja mendapatkan pendanaan pada bulan Februari ini akan dirilis untuk PC, Mac, Linux, iOS, Android dan kabarnya juga akan menjajal Wii U.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

7. Among The Sleep

- Target: US $200.000

- Hasil: US $225.430 (Tinggal beberapa jam lagi)

Bosan dengan horror yang menghadirkan Zombie atau monster menakutkan lainnya? Among The Sleep akan mengajakmu untuk menjelajahi ketakutan masa kecilmu, saat kamu belum memiliki kekuatan apa-apa bahkan untuk sekedar berdiri saja. Dalam game ini, kamu akan mengeksplorasi gameplay horror dari sudut pandang anak kecil berusia dua tahun. Tidak ada adegan berdarah-darah ataupun monster yang menakutkan, melainkan pihak pengembang ingin memberikan sebuah atmosfer yang benar-benar unik dan mengajak kita untuk bernostalgia dengan ketakutan masa kecil kita. Apalagi dengan update baru dari pengembang, dimana mereka kini tengah bereksperimen untuk mengimplementasikan Oculus Rift kedalam game, yang akan membuat pengalaman bermain game ini semakin realistis.

Game ini sendiri sudah meluncurkan demo alpha-nya beberapa hari lalu yang bisa kamu dapatkan secara gratis melalui halaman Kickstarter mereka di sini. Memang, keran untuk pendanaan game ini belum ditutup dan Krillbite Studios selaku pengembang belum mendapatkan dananya. Namun, melihat dana yang masuk sudah melampaui target dan kampanye akan ditutup beberapa jam lagi, sudah pasti Krillbite akan merealisasikan game ini dengan jadwal rilis akhir tahun ini juga untuk PC, Mac dan Linux.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

6. Planetary Annihilation

- Target: US $900.000

- Hasil: US $2,229,344

Ingin RTS yang lebih masif dibandingkan Total Annihilation atau Supreme Commander? Maka game ini akan hadir untukmu. Ya, dengan mengusung tema peperangan antar planet, kamu akan dihadapkan dengan perebutan antar planet, bukan lagi antar basis ataupun antar negara!

Banyak fitur menarik lain yang ditawarkan oleh game ini, mulai membangun planet (ya, rupanya membangun kota atau negara sudah terlalu mainstream. hehe), hingga ribuan unit berbeda yang siap kamu mainkan. Tidak heran game ini bisa mendulang jutaan dolar dari target semula yang "hanya" US $900.000, dan siap direalisasikan oleh Uber Entertainment selaku pengembang pada kuartal kedua tahun ini juga. Oiya, hampir sama dengan proyek game-game Kickstarter lainnya, game ini nantinya akan dirilis untuk PC, Mac dan Linux.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

5. Camelot Unchained

- Target: US $2.000.000

- Hasil: US $2.232.933

Suka dengan game bertema fantasi? Bagaimana jika tema fantasi tersebut dipadu dengan horor dengan setting kegelapan bumi pasca kiamat? Tema itulah yang coba ditawarkan oleh Camelot Unchained yang dikembangkan oleh City State Entertainment dan baru saja menyelesaikan kampanye-nya pada 2 Mei lalu ini. Dunia buatan  H.P. Lovecraft, H.R. Giger dan J.R.R. Tolkien digabungkan menjadi satu. Terdengar seperti "surga" bagi para penggemar game fantasi bukan?

Tetapi nilai menarik dari game ini bukan hanya itu saja. Bisa dibilang, pihak pengembang dari game ini adalah salah satu yang paling "serius" dengan mengembangkan sendiri Camelot Engine yang mereka gunakan untuk mengembangkan game ini! Engine ini diklaim bisa mempertahankan FPS di angka 30 meskipun terjadi peperangan dalam skala besar yang melibatkan hingga 500 pemain sekalipun! Game MMORPG ini sendiri masih dalam tahap pengembangan, dan akan didistribusikan secara digital untuk PC, Mac dan Linux.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

4. Wasteland 2

- Target: US $900.000

- Hasil: US $2,933,252

Kickstarter pun juga bisa menjadi medium bagi franchise yang sudah lama "tertidur" untuk mendapatkan sekuelnya. Salah satunya adalah Wasteland 2 ini. Bagi yang belum tahu, Wasteland pertama kali dirilis pada tahun 1988 dan diklaim merupakan game pertama yang mengambil tema post apocalyptic atau dunia pasca kiamat. Wasteland sendiri juga merupakan sumber inspirasi dari Fallout, yang kemudian meneruskan kejayaannya di ranah tersebut.

Nah, lewat Kickstarter, Obsidian Entertainment dan Inxile Entertainment pun ingin kembali menghidupkan Wasteland dalam sekuelnya kali ini. Bertahan hidup dari dunia yang sudah hancur, hadapi semua rintangan yang ada sembari menaikkan level dan kemampuan, serta pemilihan keputusan yang bisa mengubah jalan cerita. Wasteland 2 tentunya bisa menjadi penawar rindu yang pas bagi para penggemar Fallout yang sampai saat ini belum mendapatkan kepastian sekuel dari Bethesda. Rencananya, Wasteland 2 akan segera dirilis pada bulan Oktober tahun ini juga untuk PC, Mac dan Linux.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

3. Double Fine Adventure

- Target: US $400.000

- Hasil: US $3.336.371

Siapa tidak kenal dengan Tim Schaefer? Dari Monkey Island, Grim Fandango hingga Brutal Legend, tidak ada yang ragu dengan kapasitasnya untuk mendesain sebuah game. Mungkin hal itulah yang membuat banyak orang langsung ramai-ramai memberikan dananya untuk Double Fine Adventure, yang dikembangkan olehnya dan tim Double Fine-nya bekerja sama dengan 2 Player Productions.

Seperti apa gameplay-nya? Double Fine Adventure menawarkan sebuah game point and click yang mengajakmu untuk menjadi dua pribadi yang berbeda yang masing-masing ingin mendobrak tradisi kehidupannya, yaitu seorang pria muda yang hidup sendirian di sebuah pesawat luar angkasa, dan seorang gadis yang akan dikorbankan kepada seekor monster oleh rakyat di desanya. Kamu bisa berganti-ganti dari satu karakter ke karakter lainnya di dalam game ini.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

Seiring dengan pertambahan waktu, Double Fine Adventure pun berubah judulnya menjadi Broken Age dengan target rilis bulan September 2013 yang akan datang. Menurut rencana, game ini nantinya dirilis untuk multiplatform, meliputi PC, Mac, Linux, iOS dan Android.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

2. Project Eternity

- Target: US $1.100.000

- Hasil: US $ $3.986.929

Obsidian bukan hanya bekerja sama dengan Inxile saja untuk merealisasikan Wasteland 2. Obsidian dengan beberapa legendanya seperti Chris Avellone, Tim Cain, dan Josh Sawyer juga memiliki proyek sendiri yang mendapatkan dana jutaan dalam Project Eternity. Game ini menggabungkan beberapa elemen penting dari game-game RPG fantasi yang sudah ada, seperti eksplorasi ala Baldur's Gate, penjelajahan dungeon dan pertarungan skala besar ala Icewind Dale, dan diramu dengan kisah dan tema dewasa yang menguras emosi seperti Planescape: Torment.

Gameplay dalam game ini juga menggunakan konsep yang menarik. Kamu harus membuat satu karakter dan mengumpulkan kawan sepanjang permainan, dan membawanya untuk terus membantumu selama perjalanan. Banyaknya pilihan keputusan dalam setiap dialog juga dijanjikan tim pengembang dalam game ini. Dibandingkan game lain, memang konsep game ini masih kalah menarik. Namun melihat jumlah uang yang didapatkan dalam kampanye Kickstarter-nya, sepertinya game ini akan menjadi salah satu game yang menjanjikan saat dirilis pada kuartal kedua tahun depan untuk PC, Mac dan Linux.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

1. Torment: Tide of Numenera 

- Target: US $900.000

- Hasil: US $4.188.927

Satu hal yang membuat game ini menarik adalah Torment: Tide of Numenera merupakan game dengan pendapatan paling besar sampai saat ini di Kickstarter dengan raihan lebih dari US $ 4 juta. Hanya itu? Tentu saja tidak. Game ini sendiri terinspirasi dari Numenera, sebuah game tabletop yang juga sukses mendapatkan pendanaan di Kickstarter. Selain itu, Pihak pengembang menjanjikan sebuah RPG isometris yang lebih personal dalam game ini.

Bagaimana caranya? Pihak pengembang menjanjikan bahwa kamu nantinya akan memerankan seorang karakter yang sangat spesifik. Selama perjalanan, kamu akan bertemu dengan NPC yang yang bisa kamu rekrut atau tidak, tergantung keputusanmu. Semua pilihan keputusan akan sangat berpengaruh terhadap perjalananmu, dan pihak pengembang mengungkapkan bahwa game ini memiliki replay value yang sangat tinggi, lebih dibandingkan game-game lain yang pernah ada.

Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

Benarkah? Kita tunggu saja realisasi dari pengembang setelah menyelesaikan kampanyenya pada tanggal 6 April lalu ini. Rencananya, game ini akan dirilis pada Desember 2014 untuk PC, Mac dan Linux.

Itulah sepuluh proyek game dengan konsep menarik yang mendapatkan pendanaan dari Kickstarter. Kamu memiliki nominasi lainnya? Silahkan share pendapatmu di kolom komentar ya!

[Sumber: Kickstarter]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU