Computex 2013: ASUS Menantang Galaxy Note dengan FonePad Note FHD 6

Selain tiga tablet Android, selama Computex 2013 ASUS juga mengenalkan phablet pertama mereka, FonePad Note. Langsung dengan stylush terintegrasi, jelas FonePad baru ini ingin menantang kedigjayaan keluarga Galaxy Note-nya Samsung.

Computex 2013: ASUS Menantang Galaxy Note dengan FonePad Note FHD 6

Computex 2013: ASUS Menantang Galaxy Note dengan FonePad Note FHD 6

Mulai besok 4 – 8 Juni di Taiwan berlangsung Computex 2013. Ajang tahunan yang digelar mulai tahun 2000 lalu ini menjadi salah satu pameran komputer dan teknologi terbesar. Sesuai namanya, fokus dari Computex adalah teknologi baru komputer, seperti Intel yang mengkonfirmasikan penerus Ivy Bridge, yaitu Haswell, hingga perangkat mobile seperti tablet yang juga selalu meramaikan pameran tersebut. Berikut beberapa produk menarik yang muncul selama Computex 2013.

Computex 2013: ASUS Menantang Galaxy Note dengan FonePad Note FHD 6

Kami mengenal nama Fonepad, tablet yang disisipi fungsi telepon ketika ASUS pertama kali mengenalkan ASUS Fonepad (gambar di atas) selama event Mobile World Congress 2o13 bulan Februari lalu. Tablet dengan ukuran 7-inchi memang sudah biasa. Namun di sini ASUS membuat tablet tersebut juga begitu nyaman digunakan untuk bertelepon, dan terbukti cukup sukses. ASUS Fonepad juga sudah dirilis resmi di Indonesia awal Mei 2013 lalu dengan harga sekitar Rp. 2,9 jutaan, meskipun mungkin ketersediaan tablet tersebut belum merata. Dan kini melalui Computex 2013, ASUS sudah mengenalkan varian barunya, FonePad Note.

Computex 2013: ASUS Menantang Galaxy Note dengan FonePad Note FHD 6

Ada kata "note" di sana, menandakan tablet (atau smartphone) ini lebih kecil dari FonePad 7-inchi yang sudah dijual di Indonesia. Layarnya 6-inchi dengan resolusi full HD 1080p bermaterial Super IPS+, ada chipset Intel Atom Z2560, atau Clover Trail+ sebagai motor utama, dengan dua inti yang kecepatannya 1.6GHz (mendukung HyperThreading, sehingga dengan dua core logic membuatnya setara dengan quad-core), GPU PowerVR SGX544 MP2, RAM 2GB,  dan mode 3G dengan support koneksi DC-HSPA+ yang maksimal kecepatannya mencapai 42Mbps. Dan juga karena ada kata "note" di sana, ASUS pun membekali FonePad 6-inchi ini dengan stylush. Siaplah dia akan berhadapan dengan jajaran Samsung Galaxy Note.

Dengan dukungan stylush, FonePad Note ini layak disebut phablet sejati. Resolusi layar tinggi 1080x1920-pixel dengan kerapatan 367ppi (bandingkan dengan resolusi WXGA dan kerapatan 216-ppi pada arian tabletnya). Layarnya pun dibuat dengan penerangan maksimal, dengan ASUS menyematkan kemampuan pencahayaan hingga 450nits. Stylush-nya itu pun khusus disediakan untuk banyak aplikasi ala S-Pen-nya Samsung.

Computex 2013: ASUS Menantang Galaxy Note dengan FonePad Note FHD 6

Pendukung sarana multimedianya diserahkan pada kamera utama 8-megapixel, plus kamera sekunder 1.2-megapixel di depan, dan yang kami sukai, dua corong speaker stereonya diposisikan di depan, atau sama seperti penempatan speaker HTC One. Speaker itu pun masih didukung pemrosesan audio SonicMaster dari ASUS untuk output yang lebih baik.

Masih belum ada keterangan tambahan dari ASUS mengenai kapan phablet ini akan dirilis dan berapa harganya.

ASUS Fonepad Note FHD 6 Spec

  • 6-inch (1920 x 1080) Full HD Super IPS+ 10-point multi-touch display
  • 1.6 GHz dual-core Intel Atom Z2560 processor with SGX544 MP2 GPU
  • Android 4.2 (Jelly Bean)
  • 8MP auto focus rear camera
  • 1.2MP front-facing camera
  • 2GB RAM, 16GB / 32GB internal memory
  • 3G, WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, Bluetooth 3.0, GPS, E-Compass
  • 3200 mAh battery.

[cb type="company"]Asus[/cb]

Sumber: ASUS

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU