Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

E3 2013 disebut sebagai salah satu E3 paling ramai sepanjang sejarah dengan berbagai kejutannya. Simak sepuluh kejutan paling "mengejutkan" selama perhelatan E3 2013 versi Duniaku!

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

Sebelum E3 2013 bergulir, banyak pihak yang memprediksikan bahwa E3 2013 akan menjadi salah satu E3 terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Penyebabnya tentu saja, publik memprediksikan bahwa dalam E3 2013 ini peperangan konsol generasi delapan yang melibatkan Sony dengan PS4-nya dan Microsoft dengan Xbox One-nya akan semakin memanas dan mencapai puncaknya.Dan benar saja, panggung E3 2013 pun seolah "mendidih" dengan tensi persaingan antara kedua raksasa konsol tersebut, setidaknya hampir sulit untuk mencari berita apa yang paling heboh dalam E3 2013 ini selain persaingan tersebut.

Namun kejutan-kejutan dalam E3 2013 ini tidak hanya terpaku pada persaingan dua raksasa konsol ini saja. Masih banyak kejutan lain yang diberikan dari segi software, alias game-nya itu sendiri. Nah, dalam Ultralist kali ini, kami memilih sepuluh kejutan yang paling "mengejutkan" selama perhelatan E3 2013 kemarin. Mengejutkan disini dalam banyak arti, mulai dari yang tidak disangka-sangka sebelumnya, hingga kejutan yang membuat banyak penggemar kecewa. Untuk mulai menyimak kejutan pertama, langsung saja buka halaman selanjutnya! (Febrizio + Reyner)

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

10. Konfirmasi Tanggal Rilis Pokemon X & Y dan Hadirnya Beragam Fitur Baru

Nintendo dalam acara E3 2013 ini membuka dengan trailer petualangan terbaru serial Pokemon yang banyak dinantikan penggemar setianya, Pokemon X & Y, dan dikonfirmasikan akan dirilis tanggal 12 Oktober 2013 untuk 3DS secara simultan di seluruh belahan dunia. Apa yang menarik dalam trailer terbaru ini adalah mereka mengenalkan banyak fitur baru.

Tipe Pokemon baru, Fairy, yang sangat efektif melawan para Pokemon bertipe naga. Beberapa Pokemon lama seperti Jigglypuff dan Mariill akan memiliki tipe ini. Setelah sekian lama menanti tipe Pokemon baru, akhirnya Nintendo pun mengkonfirmasikannya. Kemudian fitur baru, Pokemon-Amie, bisa dikatakan gabungan serial Pokemon bertemu dengan Nintendogs. Dengan fitur ini, untuk pertama kalinya kamu bisa berinteraksi langsung dengan Pokemon-mu, mulai dari mengajaknya bermain, hingga mengelus-elusnya.

Tidak ketinggalan dari sisi pertempuran. Nintendo memperkenalkan Horde Battle, di mana kamu akan bertemu dengan segerombol Pokemon liar dan bertarung dengan mereka semua. Dan juga Sky Battle, Pokemon tipe Flying akan bertarung di udara dengan sudut pandang yang berbeda dibanding dengan Pokemon yang bertarung di darat. Serta konfirmasi beberapa Pokemon baru yang siap kamu tangkap dan koleksi di Pokemon X & Y ini. Benar-benar kejutan wah dari Nintendo!

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

9. Kejutan dari EA Kepada Penggemar Star Wars dengan Star Wars: Battlefront

Saat mendapatkan hak pengembangan game-game Star Wars dari tangan Disney, banyak yang meragukan kapasitas dan kapabilitas EA. Banyak penggemar Star Wars ataupun gamer secara umum takut bahwa EA akan "mengobrak-abrik" Star Wars dan tidak ditangani dengan baik. Namun, dalam E3 2013 ini mereka menunjukkan keseriusannya dengan mengkonfirmasikan pengembangan Star Wars: Battlefront!

Keseriusan mereka bukan hanya ditunjukkan dengan gerak cepat setelah mendapatkan hak tersebut. EA bahkan menugaskan salah satu studio terbaiknya, DICE yang selama ini dikenal sukses membesut serial Battlefield untuk kembali membangkitkan salah satu game terbaik Star Wars ini. Yah, meskipun hanya menampilkan trailer kurang dari satu menit dan belum menunjukkan apa-apa, kami sebagai gamer tentu sangat antusias menyambut kembalinya salah satu franchise fiksi ilmiah terbesar ini ke dalam dunia game.

Apalagi bisa dibilang EA berhasil "mengambil" hati para penggemar Star Wars dengan menampilkan teaser yang sangat familiar di mata para penggemar Star Wars, peperangan di planet Hoth. Belum lagi jaminan kualitas dari segi teknis dengan penggunaan Frostbite 3 yang benar-benar mendominasi game yang dibawa EA dalam E3 2013 kali ini. Baru teaser beberapa detik saja, gamer dan fans Star Wars sudah sangat antusisas menanti game ini...

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

8. Kejutan Plants vs Zombies yang Berubah Genre dengan Garden Warfare

Kejutan lain datang dari PopCap dan EA, yang berani mengubah genre tower defense kasual yang selama ini sudah melekat di dalam Plants vs Zombies menjadi action shooter dalam Garden Warfare. Bukan hanya itu, kami juga memuji langkah PopCap yang berani menggunakan Frostbite 3 sebagai tulang punggung dari game ini. Hasilnya memang masih belum terlihat, namun sekilas dari konsep yang ditawarkan, kami sangat antusias untuk menyambut game ini.

Shooter antar tumbuhan dengan zombie, serunya bermain secara multiplayer ala Battlefield atau Call of Duty, hingga grafis PvZ yang berubah menjadi 3D karena Frostbite 3 tampak sangat menjanjikan. Menurut rencana, Garden Warfare untuk sementara eksklusif untuk Xbox One dan Xbox 360, serta dirilis pada kuartal awal tahun 2014 mendatang. Setelah itu, PopCap dan EA juga mengkonfirmasikan bahwa Garden Warfare juga akan dirilis untuk PC dan platform lainnya.

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

7. FF XV dan KH III Juga Akan Dirilis untuk Xbox One

Mungkin ini mengejutkan sekaligus, hmm, bisa jadi memantik kemarahan para fanboy salah satu konsol. Dikonfrimasikan belakangan setelah konfirmasi mengenai FF XV dan KH III yang akan dirilis Square Enix di PlayStation 4, ternyata mereka memutuskan untuk merilis kedua game tersebut di Xbox One juga. Lho kok bisa? Dan memang begitulah keputusan mereka.

Ini dikarenakan adanya teknologi DirectX 11 dalam kedua konsol tersebut, sehingga proses port menjadi lebih mudah sehingga akhirnya diputuskan hal tersebut. Padahal awalnya banyak yang mengira kedua game tersebut akan eksklusif untuk PlayStation 4, tapi nyatanya tidaklah demikian. Dengan ini, KH III adalah judul KH pertama sepanjang sejarah yang akan memulai debutnya untuk konsol Microsoft. Kalau untuk FF, sebelumnya sudah ada FF XIII, XIII-2, dan rencananya LR: FF XIII yang juga akan dirilis untuk Xbox 360.

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

6. Tabir pun Terbuka, dan Inilah Wujud Asli PlayStation 4!

Saat memperkenalkan PS4 dalam PlayStation Meeting 2013 bulan Februari lalu, banyak pihak yang kecewa kepada Sony. Penyebabnya tentu saja, pada saat itu Sony hanya menampilkan Dual Shock 4 dan PS Eye saja, dan memilih untuk "menyembunyikan" wujud asli dari konsolnya sendiri. Pada saat itu, para petinggi Sony juga sempat berkilah, bahwa mereka pun masih belum tahu bagaimana wujud asli dari PS4 tersebut.

Entah karena mendapat motivasi dari konfirmasi Xbox One, akhirnya Sony pun mulai merilis teaser PS4 pada akhir Mei lalu. Gong akhirnya ditabuh dalam konferensi pers E3 2013 mereka, dimana untuk pertama kalinya mereka menunjukkan desain konsol PS4 kepada publik. Desainnya sih tidak istimewa, hanya berbentuk jajaran genjang saja namun berukuran lebih kecil dari Xbox One. Namun, penampilan ini menjadi istimewa karena terdorong oleh rasa penasaran yang sangat tinggi setelah konfirmasi pertamanya bulan Februari lalu.

Dan penampilan perdana PS4 ini menjadi lebih istimewa lagi dengan pernyataan Sony yang "memberondong" Microsoft dengan senjata fitur-fitur PS4 yang bertolak belakang dengan Xbox One. Ada pembaca yang setuju dengan kami?

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

5. Akhirnya, Kingdom Hearts III Resmi Dikembangkan

Dan tentu saja tidak ketinggalan adalah.. Konfirmasi Kingdom Hearts III (KH III)! Hal ini dikonfirmasikan oleh Tetsuya Nomura sendiri selaku kreator serial KH dalam trailer teaser setelah mengkonfirmasikan perubahan nama FF Versus XIII menjadi FF XV. Oh wow, ternyata penantian kita para penggemar setia serial KH terjawab sudah dalam E3 2013 ini. Sekuel langsung dari KH II yang dulu dirilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2005, dan KH III dikonfirmasikan akan dirilis oleh Square Enix untuk PlayStation 4.

Meski hanya sebentar, tapi kita bisa melihat seperti apa nantinya KH III ini. Dalam demo terlihat segerombol Heartless yang mengejar Sora di Twilight Town, dan kemudian terlihat Sora yang memutuskan untuk melawan balik para Heartless tersebut. Singkat, tapi mengena, dan di akhir trailer terlihat tulisan ”Saat ini sedang dalam pengembangan”. Benar-benar mengejutkan, dan ini nyata. Akhinya, mimpi kita menjadi nyata.

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

4. Bungie Tampil di Panggung Sony, Hideo Kojima di Microsoft

Ketika kami menyebutkan Bungie, maka pikiranmu pasti tertuju dengan Microsoft. Ya, sudah sekian lama Bungie memang identik dengan Microsoft, apalagi kalau bukan karena franchise Halo. Developer eksklusif Halo (dan Microsoft) pun melekat pada diri Bungie, karena sejak mendapatkan hak pengembangannya pada 2001 lewat Halo: Combat Evolved, Bungie hampir tidak pernah mengembangkan game lain selain franchise Halo. Namun, keadaan berubah 180 derajat dalam E3 2013 ini dimana Bungie "membelot" kepada Sony dan memilih untuk menampilkan demo Destiny dalam konferensi pers Sony. Bahkan, Bungie dan Activision pun menjalin kesepakatan eksklusif dengan Sony untuk pengembangan Destiny ke depannya.

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

Begitu pula dengan Hideo Kojima. Sekian lama kita mengenal serial Metal Gear Solid (MGS) identik dengan konsol milik Sony, mulai dari PlayStation hingga PlayStation 3. Bahkan hingga Kojima Productions merilis MGS: Legacy Collection pun dirilis eksklusif untuk Sony. E3 2013 ini juga mengubah segalanya, dimana untuk mendemokan MGS V: The Phantom Pain, Kojima ternyata lebih memilih konferensi pers Microsoft, bukan Sony sebagai panggungnya. Untuk saling tukar-menukar ikon ini, skor satu sama baik untuk Microsoft maupun Sony.

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

3. Cueknya Sikap Microsoft Terhadap Kritikan

Saat pertama kali diperkenalkan kepada publik Mei lalu, banyak yang tidak setuju dengan segala batasan yang diberikan oleh Microsoft kepada Xbox One, entah itu harus online sekali dalam 24 jam, ataukah kemampuan untuk menggunakan game bekas. Dalam E3 2013 ini kami dan mungkin sebagian dari kamu mengira bahwa Microsoft akan sedikit "melunak" dan mengurangi satu dari sekian banyak batasan tersebut. Apalagi melihat bagaimana Sony dengan "pede" menyerang Microsoft dengan serangan bertubi-tubi, yang memamerkan PS4 dan juga fiturnya yang bertolak belakang dengan Xbox One.

Lalu apa kenyataannya? Alih-alih mau sedikit melunak atau mengurangi beberapa batasan dalam Xbox One, Microsoft pun seolah mengambil langkah "cuek" untuk menanggapi segala kritik yang diberikan kepada mereka. "Gamer tidak bisa online? Kami punya solusinya, Xbox 360," adalah satu diantara pernyataan "cuek" Microsoft terhadap kritikannya. Selain itu, Microsoft juga mengungkapkan bahwa apa yang mereka tanamkan pada Xbox One ini adalah keputusan terbaik yang mereka ambil berdasarkan pengamatan dan riset yang sudah mereka lakukan.

Apakah langkah "cuek" dan seperti tidak mau tahu ini adalah "jawaban" terbaik Microsoft atas semua kritik yang dialamatkan kepada Xbox One? Kita tunggu saja hingga Xbox One dirilis bulan November mendatang.

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

2. Jack Tretton Harus Menunggu Karena Riuhnya Keramaian yang Berteriak “Sony”

Microsoft mengkonfirmasikan pada publik berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan satu unit Xbox One, lebih awal dari Sony di hari pertama E3 2013. Tapi Sony berhasil membalikkan keadaan dengan memainkan semua kartu as yang mereka punya. Tidak perlu DRM game bekas untuk game-game first party (dan Jack Tretton menyatakan bahwa game-game third party bisa menentukannya sendiri), mampu meminjamkan game-game ke teman, tidak adanya sistem check-in online, tanpa perlu membutuhkan selalu terhubung secara online...

Sepertinya Sony berhasil melihat semua “kekurangan” dari Xbox One dan menjadikannya sebagai kelebihan PlayStation 4. Dan satu berita lagi yang mampu menghebohkan keramaian khalayak di acara E3 2013, yakni konfirmasi harga yang jauh lebih murah dari Xbox One, yakni sebesar 399 US$, selisih 100 US$. Ini benar-benar pukulan telak bagi Microsoft dan Xbox One.

Ultralist: 10 Kejutan Terbaik Selama E3 2013!

1. Final Fantasy Versus XIII yang Berubah Menjadi Final Fantasy XV

Final Fantasy XV (FF XV) benar-benar mengejutkan banyak pihak dan menghebohkan para penggemar serial FF di seluruh dunia saat tampil di konferensi pers Sony. Proyek yang dinanti selama 7 tahun (dari tahun 2006) dalam naungan proyek Fabula Nova Crystallis, akhirnya FF Versus XIII pun dikonfirmasikan telah resmi berubah nama menjadi FF XV, dan akan dirilis oleh Square Enix untuk PlayStation 4.

Dan juga Tetsuya Nomura selaku sutradara game ini memberikan trailer terbaru yang memperlihatkan sedikit cerita dan juga gameplay-nya. Lebih terfokus pada aksi yang intens dan tetap menjaga nuansa serial FF dengan sihir-sihir khas dan juga monster khasnya (Behemoth, Leviathan), serta dipadu dengan kualitas grafis menawan, membuat seolah game ini memang benar-benar diperuntukkan bagi konsol generasi berikutnya. Banyak penggemar yang marah dengan keputusan Square Enix ini, tapi masih jauh lebih banyak penggemar yang mendukung positif dengan FF XV. Bahkan kabarnya, Tetsuya Nomura akan membuat game ini menjadi sebuah kompilasi, karena diprediksi bakal menjadi sebuah epik yang luar biasa. Jadi, FF XV barulah awal dari semuanya.

Itulah sepuluh kejutan terbaik selama E3 2013 versi kami. Bagaimana dengan kamu? Apa saja kejutan terbaik selama E3 2013 versimu? Tulis pendapat di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU