Bertambah Satu Pilihan Online Shopping, eBay Akan Segera Membuka Tokonya di Indonesia

Setahun lalu salah satu BUMN Indonesia, Telkom memang diketahui sedang memulai kerjasama dengan eBay untuk menyiapkan toko online eBay cabang Indonesia. Tampaknya kini rencana tersebut akan segera terwujud, karena eBay Indonesia akan dirilis dalam dua bulan ke depan.

Bertambah Satu Pilihan Online Shopping, eBay Akan Segera Membuka Tokonya di Indonesia

Bertambah Satu Pilihan Online Shopping, eBay Akan Segera Membuka Tokonya di Indonesia

Baru saja beberapa hari lalu kami mendengar kepastian kapan Kaskus akan merubah Forum Jual Beli-nya menjadi Marketplace, dan bakal menjadi pilihan e-commerce (perdagangan melalui media elektronik) baru di Indonesia, kini muncul kabar lain yang tak kalah mengagetkan. eBay ternyata juga bersiap masuk Indonesia dan bersaing dengan beberapa e-commerce lainnya yang sudah eksis di Indonesia seperti Tokopedia, Rakuten, BliBli dan juga Kaskus, yang sudah memastikan akan segera beroperai akhir tahun ini.

Kabar ini didapatkan dari Widi Nugroho, CEO portal berita PlasaMSN (sebuah proyek kerjasama antara Telkom Indonesia dan Microsoft), yang mengungkapkan kepada Tech In Asia, jika pasar online terbesar di dunia, eBay akan segera membuka cabang di Indonesia, serta menjadi pengembangan usaha patungan Telkom - eBay, situs e-commerce Plasa.com, yang akan menjadi tempat dimana eBay Indonesia ini berdiam. Menurut Widi, eBay Plasa tersebut akan mulai beroparaso do Indonesia dalam 1 atau 2 bulan ke depan, dengan target menjadi toko elektronik consumer-to-consumer (C2C) dan business-to-consumer (B2C) terbesar di Indonesia.

Namun tidak semua fitur eBay yang kita kenal akan langsung diterapkan melalui eBay Plasa tersebut. Setidaknya marketplase baru ini bisa menjadi rujukan konsumen dan perusahaan menjual produk secara online. Hanya saja fitur lelang seperti yang jamak ditemui melalui eBay luar tidak akan diterapkan di sini, dengan alasan kurang cocok dengan para pengguna Indonesia. Tentu saja hal itu berlawanan dengan keputusan Kaskus yang justru memasukkan fitur lelang pada Marketplace baru mereka yang akan dirilis akhir tahun ini.

Dengan masuknya eBay ke Indonsia, pasti akan membuat persaingan e-commerce makin memanas. Saat ini saja sudah ada banyak perusahaan, baik yang asli Indonesia, atau patungan dengan induk luar, yang menggarap pasar lokal. Seperti Tokopedia, Rakuten, BliBli, Toko Bagus, Lazada, hingga Bhineka. Bagi yang sudah familiar dengan eBay di luar akan menyambut hadirnya e-commerce baru ini (meskipun mungkin penasaran bagaimana wujud perkawinan eBay dengan Plasa.com), dan semoga juga lebih banyak "hot deal" ditawarkan, sehingga bisa menjadi alternatif dalam belanja online yang mudah dan hemat.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU