Kei Masuda, Creative Director dari PES Productions Berbicara Mengenai Inovasi dalam PES 2014!

PES Productions memberikan update baru untuk Pro Evolution Soccer (PES) 2014. Kali ini, sang Creative Director game tersebut, Kei Masuda sendirilah yang membicarakan beberapa inovasi yang mereka berikan dalam game ini. Penasaran apa kata Kei? Yuk simak di dalam!

Kei Masuda, Creative Director dari PES Productions Berbicara Mengenai Inovasi dalam PES 2014!

Kei Masuda, Creative Director dari PES Productions Berbicara Mengenai Inovasi dalam PES 2014!

Konami dan PES Productions terus memberikan update baru untuk Pro Evolution Soccer (PES) 2014. Setelah awal minggu ini memberikan trailer baru sekaligus membeberkan enam fitur baru yang ditanamkan dalam PES 2014, kali ini PES Productions menghadirkan sang Creative Director, Kei Masuda untuk berbicara lebih jauh mengenai inovasi-inovasi yang mereka berikan dalam game tersebut. Kei berbicara dalam empat video interview yang dirilis PES Productions dalam kurun waktu seminggu terakhir, dan semalam mereka sudah merilis bagian terakhir dari video ini.

Dalam video pertama, Kei berbicara mengenai grafis dan juga elemen-elemen fisika yang digunakan dalam PES 2014 memanfaatkan FOX Engine buatan Kojima Productions yang sudah dimodifikasi. Kei menjanjikan, bahwa dengan menggunakan inti dari engine tersebut, mereka bisa membawa game sepak bola, terutama PES ke level yang lebih tinggi dalam PES 2014. Selain itu, Kei juga menjelaskan bahwa penggunaan engine baru ini berdampak juga pada elemen-elemen fisika yang ada dalam game, salah satunya adalah dalam hal benturan antar pemain. Dalam PES 2014 ini, Kei menjanjikan bahwa benturan-benturan tersebut akan terlihat lebih realistis dari sebelumnya. Penggunaan engine baru ini juga berpengaruh terhadap area kontrol bola yang lebih lebar dari sebelumnya. Selengkapnya, kamu bisa menyimak video bagian pertama berikut ini.

Di video kedua, Kei banyak berbicara mengenai Player dan Team ID . Dalam PES 2014 ini, pihak pengembang bukan hanya memfokuskan untuk membangun Player ID dari pemain superstar seperti Messi, Ronaldo, atau Robben saja, melainkan juga pemain-pemain lain yang notabene bukan superstar, namun memiliki ciri khas tersendiri dalam bermain bola atau selebrasi unik setelah mencetak gol. Untuk itu, Kei mengungkapkan bahwa timnya sudah menerima banyak feedback dari komunitas mengenai siapa-siapa saja yang layak untuk mendapatkan Player ID dalam PES 2014 ini. Selain Player ID, PES Productions dalam tahun ini juga memperkenalkan Team ID plus fitur Squad Emulator. Dengan menggunakan fitur ini, nantinya pemain bisa mengkustomisasi bagaimana pergerakan dan AI rekan setimnya saat dalam pertandingan, seperti mengatur pemain B untuk lari ke depan dan siap menerima bola saat pemain A membawa bola. Terdengar sangat menarik bukan? Di bagian lain video, Kei juga membeberkan beberapa upgrade untuk Edit Mode dalam PES 2014 ini, seperti penambahan layer untuk meng-edit Kit, hingga kemampuan user untuk meng-import gambar mereka sendiri ke dalam game! Kamu bisa menyimak video kedua di bawah ini.

Lanjut ke video ketiga. Dalam video ini Kei menjelaskan fitur Heart yang membuat PES 2014 lebih terasa emosional dibanding pendahulunya. Kei menjelaskan bahwa fitur ini terdiri dari dua bagian, yaitu level emosi tim dan motivasi masing-masing pemain yang ada di tim tersebut. Sebagai contoh, level emosi tim akan berubah-ubah menyesuaikan kondisinya saat itu, apakah bermain di kandang sendiri atau bertanding di kandang lawan. Level emosi tim ini juga akan sangat berpengaruh kepada individu masing-masing pemain dan bagaimana mereka bereaksi, serta bisa berubah tergantung performamu di lapangan. Teriakan suporter di stadion juga akan mengambil peranan penting di sini yang bisa mempengaruhi level emosi tim yang mereka dukung. Sebagai contoh, mereka akan terus mendukung tim kesayangan mereka saat memainkan gaya sepakbola seperti yang mereka suka. Lewat fitur ini, PES Productions juga ingin menunjukkan perbedaan gaya permainan setiap tim sesuai dengan ciri khas masing-masing. Lebih lengkapnya simak video ketiganya berikut ini.

Di video terakhir, Kei banyak berbicara mengenai fitur online, Master League dan juga Become A Legend. Kei mengungkapkan bahwa akan banyak fitur online yang ditambahkan dalam game ini, namun dirinya enggan untuk membeberkannya saat ini. Kei lebih banyak mendiskusikan improvisasi dari fitur anti cheat, yang bisa meminimalisir penggunaan cheat dalam bermain secara online. Kei juga sedikit memberikan teaser untuk pertandingan 11 lawan 11 secara online, dan menyebutkan bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Master League dan Become A Legend juga tidak luput dari revisi mereka yang disebut Kei bakal menjadi yang paling rumit sepanjang sejarah PES. Contohnya dalam Master League nantinya kamu bisa menjadi manager dari sebuah timnas atau dua klub secara bersamaan, membawa pemain yang dibuat dalam Become A Legend untuk bermain secara online (mungkin nantinya dalam fitur 11 lawan 11?), serta beberapa improvisasi untuk Master League Online. Simak video-nya berikut ini.

Dari sekian banyak fitur yang diungkapkan oleh Kei ini, saya sendiri tertarik untuk menunggu bagaimana implementasi dari 11 lawan 11 secara online nantinya. Seperti kata Kei, sampai saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan, jadi harap bersabar dulu ya! Selain menunggu bagaimana implementasi 11 lawan 11, dari fanpage resmi PES di Facebook terlihat banyak penggemar PES yang juga tidak sabar menunggu versi demo yang biasanya dirilis oleh PES Productions menjelang perilisan game-nya. PES 2014 sendiri menurut rencana akan dirilis pada 20 September 2013 mendatang untuk PS3, Xbox 360, PC, dan PSP.

[Sumber: Official PES Youtube Channel]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU