Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Sesuai dengan janjinya, semalam Rockstar membeberkan banyak detail lain mengenai Grand Theft Auto (GTA) Online, fitur multiplayer online yang siap diimplementasikan dalam GTA V. Simak preview lengkapnya di artikel ini!

Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Hari yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar Grand Theft Auto (GTA) akhirnya tiba. Semalam, Rockstar sudah menepati janjinya dengan merilis video dan preview dari GTA Online, fitur ambisius yang akan mereka implementasikan dalam GTA V nantinya. Mengapa saya katakan ambisius? Karena kabarnya Rockstar sudah mengembangkan fitur ini sudah bertahun-tahun dan "perjudian" waktu mereka untuk mengembangkan fitur ini akan segera menampakkan hasilnya beberapa minggu lagi. Poin kedua adalah, Rockstar rupanya masih berambisi untuk terus "menyedot" waktu para pemain GTA V nantinya dengan sebuah gameplay online yang memacu kreatifitas dan interaksi dengan pemain lainnya. Pertama-tama, simak dahulu video preview dari Rockstar berikut ini.

Ada beberapa hal awal yang harus kamu ketahui mengenai GTA Online ini. Yang pertama, fitur ini tidak akan hadir bersamaan dengan perilisan GTA V, dan Rockstar mengungkapkan bahwa mereka akan merilis fitur ini kurang lebih dua minggu setelah game-nya dirilis atau pada 1 Oktober 2013. Artinya, kamu masih memiliki waktu dua minggu untuk "memuaskan diri" dengan memainkan campaign single player dan menjelajah Los Santos seorang diri sebelum kamu menjelajahinya dengan para pemain lain. Kedua, seperti judulnya, GTA Online bukanlah fitur multiplayer yang bisa dimainkan dalam satu konsol. GTA Online adalah sebuah dunia online yang bisa menampung hingga 16 pemain secara bersamaan, dimana dalam dunia tersebut kamu masih bisa memainkan SEMUA campaign, mini game, dan kesenangan yang kamu dapatkan dalam gameplay single player-nya. Bedanya, dalam GTA Online ini kamu akan menjalani semua gameplay tersebut dengan pemain lain! Bayangkan saja, dalam GTA Online nantinya kamu bisa merampok bank bersama beberapa pemain lain, atau mengadakan pertarungan deathmatch ala game-game TPS yang bisa menampung hingga 16 pemain! Ketiga, fitur ini gratis yang artinya kamu yang membeli game ini bisa langsung ikut bergabung tanpa harus menambah biaya!

Saat kamu online, maka kamu akan bertemu dengan 15 pemain lainnya yang saat itu sedang online bersamaan. Satu kelompok pemain ini hanyalah bagian dari ratusan atau bahkan ribuan pemain lain yang saat itu sedang online, semuanya berkompetisi untuk mendapatkan berbagai macam reward di dalam game, mulai dari Reputation Points, uang ataupun item-item lainnya. Kegunaan uang dalam fitur online ini sangatlah banyak. Jika kamu memperhatikan video di atas dengan seksama, Rockstar menampilkan sebuah apartemen yang bisa kamu beli lengkap dengan interiornya. Apartemen ini tentunya bisa kamu "pamerkan" kepada pemain lain, dan bisa meningkatkan reputasimu di mata mereka. Bukan hanya itu, apartemen milikmu nantinya juga bisa kamu gunakan sebagai tempat pertemuan dengan teman-temanmu! Itu hanya salah satu contohnya, dan masih banyak kegunaan uang lainnya seperti mengisi garasi apartemen dengan mobil-mobil eksklusif!

Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Saat memasuki dunia online, kamu bisa memanfaatkan smartphone milik karaktermu untuk mencari list pemain yang online dan mengundangnya ke permainanmu. Temanmu sedang tidak online? Maka kamu bisa "menelepon" mereka untuk memberitahukan bahwa kamu sedang online dan mengajak mereka untuk ikut serta. Kamu bisa masuk ke dunia GTA Online kapanpun dari campaign GTA V yang saat ini tengah kamu mainkan, dan memilih salah satu avatar dan karakter yang akan kamu gunakan. Seperti campaign single player-nya, kamu bisa meletakkan marker di peta sebagai penanda tempat berkumpul bersama teman-temanmu. Oiya, selain bersama teman-temanmu, kamu juga bisa berinteraksi dengan beberapa AI yang ada di GTA Online lho. AI dalam game juga akan merespon apa saja yang kamu lakukan, seperti saat kamu berteriak kepada mereka untuk lebih cepat dalam melakukan sesuatu, maka mereka akan menuruti perintahmu.

Kejar mengejar dengan polisi juga akan mewarnai petualanganmu dalam GTA Online. Status pengejaran akan disimbolkan dengan bintang, dan semakin banyak simbolnya, maka tandanya polisi benar-benar sangat "menginginkan" dirimu. Kamu bisa menyimak radar dan jauh-jauh dari jangkauan pandang mobil polisi agar kamu bisa mengurangi simbol tersebut hingga menghilang dari kejaran mereka. Setelah terbebas dari kejaran polisi, jika kamu sudah memiliki cukup poin reputasi dan uang, kamu bisa langsung menuju apartemen dan meletakkan mobil di garasi. Sama seperti campaign single player-nya, modifikasi mobil dalam GTA Online adalah salah satu hal yang mahal. Mungkin kamu sayang untuk memodifikasi mobil dengan alasan karena takut mobilmu rusak atau bahkan hilang. Tenang saja, di sini kamu bisa mengikutkan mobilmu dalam asuransi, sehingga kamu bisa mendapatkan mobil pengganti jika mobilmu rusak atau hilang! Jika uangmu masih "berlebih", kamu bisa menyewa seorang mekanik pribadi untuk memperbaiki mobil-mobil mewahmu, sehingga jika mobilmu rusak di suatu tempat yang jauh dari bengkel, kamu tinggal memanggil mereka untuk memperbaikinya.

Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Lanjut ke halaman selanjutnya ya!

Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Masih kurang puas dengan fitur dan misi yang disediakan Rockstar dalam GTA Online? Rockstar menjanjikan di masa yang akan datang mereka akan menambahkan misi-misi baru secara berkala. Plus, kamu juga bisa membuat sendiri misi dan gameplay sesukamu dengan menggunakan Creator Tools. Kamu bisa membuat misi dengan beberapa genre dengan menggunakan alat ini, seperti membuat sebuah perlombaan balap ATV dengan trek yang sudah kamu tentukan, atau jika kamu menemukan sebuah lahan kosong yang tidak terpakai, kamu bisa menyulap lahan tersebut menjadi arena deathmatch yang bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu. Seru bukan?

Mengenai rekan yang bisa kamu ajak untuk menjalankan misi, kamu bisa membentuk satu tim yang terdiri dari teman-teman yang memang sudah ada dalam friend list-mu, atau merekrut pemain lain yang memiliki kemampuan yang kamu butuhkan. Beberapa pemain mungkin lebih suka memainkan elemen driving dalam GTA V, namun ada beberapa pemain lagi yang mahir dalam memanggul senjata. Oleh karena itu, kamu bisa merekrut mereka sesuai dengan kebutuhan, untuk melancarkan misi yang tengah kamu jalani. Uang dan Reputation Points yang kamu miliki bisa kamu bagi-bagikan ke temanmu juga, termasuk beberapa item lain seperti senjata dan ammo. Begitu pula sebaliknya, jika kamu merasa kekurangan uang, kamu juga bisa mencuri uang milik pemain lain seperti di kehidupan nyata. Kehidupan sosial memang merupakan salah satu yang menjadi fokus Rockstar dalam game ini.

Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Interaksi juga menjadi salah satu titik penting dalam GTA Online. Kamu bisa meminta bantuan kepada pemain lain dengan berteriak di depan mic dan mengatur strategi saat berada di dalam pertempuran. Tetapi hati-hati, karena game ini bisa mendeteksi seberapa gaduh suaramu dan teman-temanmu, sehingga jika kamu terlalu sering berteriak dan gaduh, maka musuh akan menyadari keberadaanmu! Termasuk juga saat setelah selesai pertempuran, kamu bisa meminta bantuan pemain yang sudah siap dengan kendaraannya untuk membawa kamu keluar dari arena menuju apartemenmu.

Jejaring sosial juga memegang peranan penting dalam GTA Online, dimana di sini kamu akan diperkenalkan jejaring sosial mirip Twitter yang diberi nama dengan The Feed. The Feed akan menampilkan semua email, sms dan chat yang kamu dapatkan dari Social Club. Sayangnya, Rockstar masih belum mengungkapkan integrasi game ini dengan media sosial di dunia nyata seperti Twitter atau Facebook, katakanlah untuk sharing foto yang kamu ambil di dalam game ke dua jejaring sosial laris tersebut.

Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Bank juga memegang peranan penting dalam game ini. Saat berpetualang, dianjurkan untuk membawa uang tunai secukupnya saja, dan menyimpan sisanya di bank, karena saat kamu membawa banyak uang dan tiba-tiba tertembak di jalanan, maka uangmu akan berhamburan dan bisa diambil oleh pemain lainnya. Atau dengan opsi lain, menghabiskan sebagian kekayaan yang kamu miliki untuk investasi seperti membeli rumah, apartemen, bahkan menginvestasikannya dalam bursa saham. Harga saham perusahaan juga akan naik turun tergantung dari beberapa hal, dan kamu bisa "berpartisipasi" untuk menentukan harga saham tersebut. Ingin harga saham turun? Serang saja perusahaan tersebut! Kamu juga bisa menyewa seorang bodyguard untuk memberikan rasa aman saat kamu mengambil uang atau berkunjung ke bank.

Masih kurang? Lanjut ke halaman terakhir ya!

Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Mengenai tempat tinggal, kamu bisa membeli apartemen atau properti lain dengan harga beragam sesuai dengan lokasi dan juga fasilitas yang ditawarkan. Kamu bisa memasang CCTV untuk keamanan tempat tinggal dan melakukan banyak kegiatan sehari-hari di dalam rumah tersebut seperti mandi, berganti pakaian, hingga menonton berbagai macam tayangan televisi yang disediakan. Di dalam rumah, kamu juga bisa beristirahat sambil menonton aksi pemain lain yang sedang berpetualang di GTA Online. Fitur kustomisasi bukan hanya kamu temui di properti, karena layaknya game MMO lain, kamu bisa mengkustomisasi karakter, senjata, mobil dan masih banyak lagi!

Terpesona dengan GTA Online? Ternyata apa yang dibeberkan Rockstar semalam untuk GTA Online baru permulaannya saja! Rockstar mengungkapkan bahwa mereka masih memiliki banyak ruang untuk mengimprovisasi beberapa hal, mulai dari Creator Tools, misi hingga item-itemnya. Mereka juga masih memiliki opsi untuk memperluas area yang bisa kamu jelajahi, bukan hanya Los Santos saja! Rockstar juga masih membuka peluang untuk GTA Online ini diimplementasikan di beberapa platform lainnya, termasuk untuk PC dan next gen. Jadi bukan hanya untuk PS3 dan Xbox 360 saja seperti saat pertama kali diluncurkan bulan depan. Untuk lebih mengenal GTA Online, simak video preview dari CVG yang berdurasi hampir satu jam berikut ini!

Fitur GTA Online ini terlihat sangat menjanjikan, dan sekali lagi sepertinya akan menghabiskan banyak waktumu untuk menjelajahi game ini. Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, GTA Online menurut rencana akan meluncur dua minggu setelah perilisan GTA V pada 17 September 2013 yang sementara masih dikonfirmasikan untuk Xbox 360 dan PS3.

[Sumber: Rockstar/CVG]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU