IFA 2013: HMZ-T3 Head Mounted Display, "Mainan" Mewah Sony yang Membuat Kita Bergaya ala Oculus Rift

Selama IFA 2013 Sony membawa banyak "mainan" baru. Seperti yang satu ini, HMZ-T3 merupakan head-mounted display, generasi ketiga dari gadget "egois" yang hanya menampilkan kesenangan untuk seseorang saja melalui layar mungil tepat di depan kedua bola matanya.

IFA 2013: HMZ-T3 Head Mounted Display, "Mainan" Mewah Sony yang Membuat Kita Bergaya ala Oculus Rift

IFA 2013: HMZ-T3 Head Mounted Display, Mainan Mewah Sony yang Membuat Kita Bergaya ala Oculus Rift

Selama IFA 2013 Sony membawa banyak "mainan" baru. Seperti yang satu ini, HMZ-T3 merupakan head-mounted display, generasi ketiga dari gadget "egois" yang hanya menampilkan kesenangan untuk seseorang saja melalui layar mungil tepat di depan kedua bola matanya. HMZ-T2 sendiri sempat didemokan selama Tokyo Game Show tahun lalu, dan mendapat apresiasi sebagai media permainan game masa depan yang menuntut aspek realistis menjadikan gamer seakan masuk ke dalam permainan. Contoh lainnya yang akhir-akhir ini juga banyak dibicarakan, Oculus Rift.

IFA 2013: HMZ-T3 Head Mounted Display, Mainan Mewah Sony yang Membuat Kita Bergaya ala Oculus Rift

Sony HMZ-T3 memang masih belum menerapkan fungsi augmented reality atau kamera, namun kini ditawarkan dengan varian tanpa kabel. Kedua layarnya yang menjadi fokus kedua mata kita juga masih sama, bermaterial OLED dengan resolusi HD 720p, namun dengan beberapa penyesuaian pada lensa dan software untuk menghasilkan sudut penglihatan yang lebih lebar dan memberikan beberapa opsi layar khusus untuk menonton film dan bermain game. Kamu juga bisa menghubungkan Android Xperia melalui keneksi micro-HDMI / MHL, untuk menampilkan konten dalam smartphone tersebut melalui HMZ-T3,

IFA 2013: HMZ-T3 Head Mounted Display, Mainan Mewah Sony yang Membuat Kita Bergaya ala Oculus Rift

Menggunakannya sebagai layar khusus bermain game, kini dengan fitur seperti "Picture Control for Dark Adaptation" kamu bisa lebih jelas melihat area yang gelap dalam game (karena ketika mengenakan display ini, sekelilingmu jelas akan menjadi gelap), namun tanpa membuat bagian yang terang menjadi terlalu terang. Sony juga memasukkan mode 24p True Cinema untuk konten 2D, yang menampilkan film dalam tampilan melengkung, seperti layaknya kita melihat layar bioskop. Sony juga menambahkan unit pemrosesan (menjadi 3 input HDMI) yang diperlukan ketika kita mengaktifkan HMZ-T3 secara wireless (maksimal hingga 7 meter untuk dapat terus menerima sinyalnya), dan berhubungan dengan PlayStation 3 atau Blu-ray.

IFA 2013: HMZ-T3 Head Mounted Display, Mainan Mewah Sony yang Membuat Kita Bergaya ala Oculus Rift

Kedua versi, baik yang berkabel maupun yang wireless akan mulai dijual di Jepang Oktober mendatang, sedangkan di Eropa akan mulai dijual November 2013, dengan harga £1,300, atau sekitar Rp. 22 jutaan! Yup, selain akan membawamu ke dalam dunia pribadi dengan hanya kedua mata saja yang menikmatinya, head-mounted display-nya Sony ini sepertinya juga langsung membuat penggunanya menjadi individualis, karena pasti akan berpikir dua kali meminjamkan "kacamata" puluhan juta ini ke orang lain. Kami yakin gadget keren ini akan kembali didemokan selama Tokyo Game Show 2013 yang berlangsung 19 September mendatang. Dan tentu saja Duniaku berada di sana untuk melaporkan langsung event tersebut.

[nggallery id=778]

Technical Specification

[cb type="company"]Sony[/cb]

Sumber: Sony

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU

Display deviceOLED panel x2 (1280x720 resolution)
Virtual image size750 inches at 20m distance
3D readyYes
Field of view45 degrees
Headphone driver16mm
Headphone frequency response4-27000 Hz
Headphone sensitivity106dB/mW
Picture ModesVivid, Standard, Cinema, Game 1/2/3/4, Custom 1/2
Picture SettingsClear Black, Picture, Brightness, Colour Temperature, Sharpness
24p True CinemaYes
Picture Control for Dark AdaptationYes
Preset Audio ModesStandard, Cinema, Game, Music, Off
HDMI/MHL Input(s) and Output(s)Processor Unit: 3 inputs (HDMI) / 1 through-output(HDMI) / Battery Unit: 1 input (MHL/HDMI)
HMD Output(s)1 output (HDMI)
HDMI CEC ControlPlay, Pause, Next, Previous, Fast forward, Fast rewind
Other featuresVideo through-out, Auto power off, Wearing sensor, Prolonged viewing warning, password function
Dimensions (WxHxD)Approx.189 x148 x270mm (Head Mounted Unit - with bands) /80 x26 x119 (Battery Unit) / 150 x 31 x 107mm (Processor Unit)
WeightApprox. 320g (Head Mounted Unit – cable not included) / 210g (Battery Unit - cable not included) / 250g (Processor Unit)
Battery life (with in-built lithium battery)3h (wireless connection) / 7h(HDMI connection) / 3h (MHL connection)
Supplied accessoriesIn-ear headphones, headphones attachments (S/M/L), 2x AC adaptors, AC cable, 1.5m HDMI cable, ambient light shield, carrying case