Card Game Combo: Karya Lokal Dengan Universe Yang Luas!

Masih ingat dengan Combo, card game asli ciptaan anak bangsa yang pernah saya review sebelumnya? Nah, saya mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang dengan game designernya, simak hasil percakapan saya di artikel berikut ini!

Card Game Combo: Karya Lokal Dengan Universe Yang Luas!

Card Game Combo: Karya Lokal Dengan Universe Yang Luas!

Hai Citizen! Saya pernah menulis review tentang Combo yang dapat dibaca disiniCombo adalah sebuah card game asli Indonesia garapan Stormidea Games. Combo memang masih berada di tahap awal perilisan, dimana sampai saat ini jika ada yang ingin membelinya hanya dapat dilakukan dengan memesan ke secara langsung ke sales@comboarena.com. Ternyata, Combo tidak lah sesederhana desain kartu-kartunya loh! Hal ini saya ketahui setelah berbincang-bincang dengan Buntono Sidik, Game Designer dari Combo.

Saya sempat mengomentari desain dari Combo yang terkesan sangat minimalis, dimana tidak ada teks ataupun gambar karakter-karakter tertentu. Ternyata, hal ini sengaja didesain oleh tim Combo loh! Abun, panggilan akrab Buntono mengatakan bahwa Combo didesain menjadi sebuah card game yang fleksibel. "Kami tidak ingin membatasi pengalaman bermain dari player. Jika kami memasukkan teks atau gambar-gambar karakter, hal tersebut akan membatasi kreatifitas player. Dengan hanya memberikan unsur-unsur magic pada kartu, peraturan yang ada pun dapat disesuaikan dengan keinginan player. Semacam house rule lah," terang Abun panjang lebar.

Card Game Combo: Karya Lokal Dengan Universe Yang Luas!

Saya pun kemudian mempermasalahkan universe dari Combo dimana tidak ada penjelasan mengenai siapa player serta apa yang sebenarnya terjadi. Abun menjelaskan bahwa universe di Combo memang belum final. "Pada dasarnya, player adalah penyihir-penyihir muda yang bersekolah di Consortium for Magic Battle Ordination atau COMBO. Nah pertarungan yang player mainkan adalah pertarungan antar penyihir-penyihir tersebut. Ke depannya, kami ingin memperluas universe Combo dan membuat produk dalam bentuk lainnya. Produk tersebut bisa saja berupa videogames, novel, komik atau apa saja. Jadi, untuk urusan cerita, kita memang tidak mau sembarangan. Universe di Combo sangat lah masif."

Sampai saat ini, Abun mengatakan bahwa Combo sudah terjual 200 set lebih. "Stok kita saat ini sudah hampir habis, namun jangan khawatir karena kita sudah melakukan order kembali. Kali ini dengan vendor yang berbeda, tentunya agar kualitas kartunya lebih baik. Sejauh ini kebanyakan pembeli rata-rata baru berasal dari daerah Jakarta dan Bandung saja," lanjut Abun. Kedepannya, Abun berharap Combo dapat menembus pasar internasional. "Tentu saja kami ingin go international. Kami yakin Combo dapat diterima pasar global karena temanya yang universal serta kemudahan dalam memainkannya."

Card Game Combo: Karya Lokal Dengan Universe Yang Luas! Buntono bersama Chuppuru dari Faunia Paw[/caption]

Bagi kalian yang tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya, Combo akan hadir di event Toys & Games Republic yang bertempat di Bemall dari tanggal 4-6 Oktober 2013 mendatang. Kalian yang penasaran ingin mencoba seperti apa card game yang satu ini dapat langsung mencobanya loh!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU