DICE Beberkan Detail Spectator Mode dalam Battlefield 4!

Setelah menggelar fase beta akhir pekan lalu, kali ini DICE memberikan detail mengenai Spectator Mode dalam Battlefield 4. Mode ini bisa kamu gunakan untuk terjun langsung dalam pertandingan tanpa harus ikut bertempur.

DICE Beberkan Detail Spectator Mode dalam Battlefield 4!

DICE Beberkan Detail Spectator Mode dalam Battlefield 4!

DICE kembali membeberkan detail satu mode baru, Spectator Mode dalam Battlefield 4. Seperti yang kita tahu, game ini sudah memasuki fase beta pada akhir pekan lalu, dan siap dirilis akhir bulan ini juga. Nah, seperti namanya, Spectator Mode dalam Battlefield 4 ini bisa digunakan pemain untuk ikut masuk dalam pertempuran multiplayer di Battlefield 4, tanpa harus ikut bertempur di salah satu tim yang tengah bertanding.

Bagaimana fitur ini bekerja? Saat kamu menemukan sebuah server Battlefield 4, kamu bisa langsung ikut bergabung menjadi Spectator. Jika fitur ini dinyalakan oleh host, maka akan tersedia empat slot spectator di setiap server-nya. Empat slot ini tidak termasuk pemain yang tengah bertempur dalam pertandingan tersebut, jadi misalnya kamu memainkan game ini di PC atau konsol next gen, maka maksimal akan ada 70 pemain dalam satu pertempuran, dengan rincian 64 pemain yang bertempur, ditambah dua Commander plus empat slot Spectator tadi. Saat berada dalam Spectator Mode, kamu bisa menikmati pertandingan dengan empat jenis sudut pandang, yaitu First Person, Third Person, Tabletop dan Freecam View. Kamu bisa dengan mudah berpindah dari satu sudut pandang ke sudut pandang lainnya dengan mudah, untuk menyesuaikan dengan aksi yang tengah terjadi sehingga kamu lebih leluasa untuk menikmatinya.

Spectator Mode dalam Battlefield 4 - Tabletop View Informasi yang lebih lengkap dalam Tabletop View[/caption]

Sekarang kita tengok satu persatu keempat sudut pandang tadi. Pertama ada Tabletop View, yang sekilas terlihat mirip dengan interface di Commander Mode lengkap dengan ikon-ikon yang menunjukkan pemain, kendaraan, dan lain sebagainya. Dari posisi ini, kamu bisa memilih segala sesuatu yang memiliki kamera seperti pemain dan kendaraan, dan kamu bisa melihat aksi mereka di layar yang lebih kecil. Jadi, dengan menggunakan sudut pandang ini kamu bisa melihat pertandingan dalam dua aspek, yaitu secara keseluruhan dan secara spesifik kamera yang kamu pilih tadi dalam satu layar.

Spectator Mode dalam Battlefield 4 - First Person View First Person View untuk melihat pertandingan dalam sudut pandang sang pemain[/caption]

Untuk sudut pandang First Person, kamu akan diajak untuk menikmati pertandingan seolah-olah kamu tengah memainkannya. Sedangkan untuk Third Person, kamera akan mengikuti satu pemain yang spesifik, namun dari perspektif orang ketiga layaknya game-game TPS. Dengan mengubah menjadi Third Person, kamu bisa juga melihat sekeliling dari pemain tersebut dengan mudah, sehingga terlihat lebih sinematik. Terakhir, terdapat Freecam View yang terdiri dari lima kamera yang bisa kamu ganti-ganti. Kamu bebas menentukan dimana kamu meletak lima kamera ini sebelum pertandingan dimulai plus kamu bisa memindah-mindahnya selama pertandingan berlangsung.

Spectator Mode dalam Battlefield 4 - Freecam View Navigasi antar sudut pandang dan pilihan kamera untuk Freecam View[/caption]

Kendali untuk memindah-mindah sudut pandang kamera ini bisa kamu temukan di bagian atas layar seperti terlihat dalam gambar di atas. Kamu juga bisa melihat letak dari lima kamera yang kamu letakkan (untuk Freecam), skor masing-masing tim, waktu yang tersisa, hingga objective yang tersedia dalam pertandingan tersebut. Terdapat pula sebuah bar yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol energi dan class pemain. Terakhir, terdapat juga Player Card yang memberikan informasi tentang senjata yang digunakan, gadget, hingga kustomisasi kendaraan jika kamu saat itu sedang menginspeksi sebuah kendaraan.

Spectator Mode dalam Battlefield 4 - Third Person View Third Person View untuk menikmati pertandingan yang lebih sinematik[/caption]

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan Spectator Mode dalam Battlefield 4 ini, seperti untuk juri dalam sebuah pertandingan kompetitif, merekam pertandingan sebagai dokumentasi, hingga membuat film Battlefield 4-mu sendiri. Tertarik? Tunggu perilisan Battlefield 4 yang menurut rencana akan hadir pada 29 Oktober 2013 yang akan datang untuk PS3, Xbox 360 dan PC, diikuti dengan versi PS4 dan Xbox One bersamaan dengan perilisan konsol tersebut.

[Sumber: Battlefield Blog]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU