Ternyata Benar Playstation 4 Menjalankan Orbis OS Berbasis FreeBSD

Sony baru saja merilis PlayStation 4 akhir pekan lalu, dan hari ini kita mendapat kejelasan apa sistem operasi yang digunakan Sony untuk konsol barunya itu. Sistem operasi PS4 memang benar dikembangkan berdasarkan salah satu distro Linux, yaitu FreeBSD.

Ternyata Benar Playstation 4 Menjalankan Orbis OS Berbasis FreeBSD

Ternyata Benar Playstation 4 Menjalankan Orbis OS Berbasis FreeBSD

Sony baru saja merilis PlayStation 4 akhir pekan lalu, dan selain rekor baru menjadi konsol game pertama yang mampu terjual 1 juta unit dalam sehari, serta juga banyaknya dilema yang menyelimuti beberapa masalah yang mengiringinya, hari ini kita mendapat kejelasan apa sistem operasi yang digunakan Sony untuk konsol barunya itu. Seperti rumor yang mulai terangkat akhir Juni lalu, sistem operasi PS4 memang benar dikembangkan berdasarkan salah satu distro Linux, yaitu FreeBSD.

Pertengahan Juni 2013 lalu, rumor yang menyebutkan jika PS4 menjalankan software yang sepertinya menjadi versi modifikasi dari FreeBSD 9.0 mulai bermunculan. Sumber rumor tersebut tidak jelas, meskipun Sony seperti langkah mereka yang juga lebih suka mendekati developer indie, juga bukan perusahaan asing di tengah komunitas open source. Seperti PS3 dengan opsi OtherOS, yang memungkinkan user menjalankan OS Linux atau Windows. Namun Sony sengaja membuang fitur tersebut dengan merilis System Software 3.21 dengan alasan keamanan.

Ternyata Benar Playstation 4 Menjalankan Orbis OS Berbasis FreeBSD

Kemudian untuk PS4, kamu bisa masuk ke sumber dari rumor ini di VGLeaks, yang menunjukkan ketika user yang memposting foto tersebut menunjukkan dia mem-boot up development kit PS4, akan ada beberapa opsi seperti foto di atas. Lebih jauh dalam opsi tersebut memungkinkan user menggali lebih dalam melalui development kits PS4, seperti memiluh antara console mode (yang terlihat dalam foti di atas) atau graphic mode (ini tampilan interface yang akan terlihat di semua PS4 yang dijual di retail). Foto tersebut juga mengangkat rumor, bahwa PS4 menjalankan OS yang disebut Orbis OS, yang sebenarnya berbasis FreeBSD 9.0.

Ternyata Benar Playstation 4 Menjalankan Orbis OS Berbasis FreeBSD

Kabar terakhir, satu screenshot yang diunggah seorang user di Reddit menunjukkan jika ternyata benar OS yang pada PS4 menggunakan kernel FreeBSD. Walaupun kabar mengenai Orbis OS di atas awalnya dianggap sekadar rumor, namun temuan baru ini sekaligus menjelaskan seperti apa software di balik antar muka PS4. Sony sebelumnya juga menggunakan model yang sama untuk PS3, jadi fakta saat ini dengan PS4 memiliki kernal FreeBSD sebenarnya juga tidak terlalu mengejutkan. Sony pun juga mengupdate halaman lisensi dalam situs PlayStation Jepang, dan menyebutkan kernal FreeBSD di sana. Dengan kernel FreeBSD berbasis open source, yang dirilis di bawah lisensi BSD, maka setiap pabrikan atau developer bisa menggunakannya dan merubahnya sesuai kebutuhan mereka.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU