Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Setelah suksesnya Puzzle & Dragons, kita seakan hanya terpaku dengan gamenya GungHo tersebut. Hingga baru-baru ini muncul game sosial lainnya yang juga tidak kalah menarik dari Alim dan Gumi, yaitu Brave Frontier.

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Grand Gaia, a land hidden away by the gods

Legends speak of a great power hidden there...

Lucius' Gate, doorway to Grand Gaia

And what awaits beyond...

Setelah suksesnya Puzzle & Dragons, kita seakan terpaku dengan gamenya GungHo tersebut karena mampu menarik puluhan juta pemain dan pendapatan harian yang masuk kata fantastis untuk ukuran sebuah game mobile. Dan di tengah semarak Puzzle & Dragons yang sebenarnya mencampur adukkan konsep gameplay banyak game mobile yang sudah ada dengan elemen collectible ala Pokémon, pertengahan Juli 2013 lalu di Jepang sebuah studio baru bernama Alim muncul ke permukaan mengkonfirmasikan Brave Frontier, game yang juga sama ditawarkan sebagai RPG berbasis game sosial (harus online, terkoneksi dengan akun jejaring sosial, dalam hal ini Facebook) dengan gaya visual karakternya (ada lebih dari 200 pilihan) yang digambarkan sangat imut, serta menjual mekanis pertarungannya yang berbeda dibandingkan tipikal game sosial di Jepang.

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Studio yang berbasis di Tokyo tersebut sebenarnya juga nama baru. Terdaftar mulai Maret 2013 lalu, dan mereka mendapatkan pendanaan dari gumi, B-Dash, serta Fuji Startup. Yang menarik dari beberapa perusahaan pendukung Alim adalah Fuji Startup yang dioperasikan oleh Fuji TV, jaringan televisi terbesar di Jepang. Meskipun Alim belum terlihat memanfaatkan kekuatan para penyandang dananya, namun Brave Frontier yang ditawarkan secara gratis (free-to-play), serta kamu bebas memainkannya bergantian melalui satu akun dengan platform yang berbeda baik di iOS atau Android (platform-free), sudah membuktikan bahwa konsep gameplay yang seakan mengembalikan gamer pada masa keemasan RPG klasik melalui mekanis pertarungan turn-based serta banyaknya unsur RPG yang disisipkan ke dalamnya.

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Di iOS dan Android, Brave Frontier mendapatkan rata-rata rating 4.5, dan pada 14 Januari 2014 lalu, Gumi, tim berbasis di Singapura yang membawa game tersebut ke versi internasional, menyebutkan jika sejak dirilis pada awal Desember 2013, Brave Frontier sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali.

Apa yang membuat Brave Frontier terasa berbeda dari tipikal game sosial Jepang lainnya yang juga terus bermunculan akhir-akhir ini adalah gameplay, yang mengingatkan kami pada Valkyrie Profile. Ya, meskipun banyak yang menyebutkannya mirip dengan Puzzle & Dragons, namun di sini kamu tidak perlu berhadapan dengan kotak yang dipenuhi dengan permata, dan mengamati mana yang cocok untuk disamakan warnanya sehingga karakter bisa menyerang musuh.

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Sekilas konsepnya memang sama dengan game sosial mobile yang hingga saat ini menjadi benchmark tersebut, karena kamu juga bisa menangkap serta evolusikan lebih dari 200 karakter atau monster-monster imut. Pertarungannya pun juga melibatkan elemen alam yang cocok menjadi basis serangan pada musuh yang elemennya bertolak belakang, untuk menghasilkan damage yang lebih besar. Kamu mengendalikan summoner yang bertugas menyelamatkan Grand Gaia dari ancaman kekuatan jahat. Dengan kemampuan summon, kamu bisa memanggil banyak karakter (sejauh ini disebutkan hingga 200, meskipun penulis sendiri baru mampu men-summon di angka puluhan) legendaris tersebut, atau bisa juga mengevolusikan mereka. Setidaknya beberapa elemen game ini sama dengan game benchmark-nya.

Lanjut ke halaman 2....

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Apa yang membedakan Brave Frontier berbeda adalah, di sini kamu bebas mengarahkan karakter (total enam dalam satu tim, dengan satu summoner sebagai karakter utama) untuk menyerang musuh sesuai dengan pilihanmu. Entah itu satu 1 vs 1, atau semua karaktermu bisa diarahkan menyerang pada 1 musuh. Cukup sentuh satu karater untuk membuat mereka menyerang musuh secara random. Atau untuk menyerang pada target khusus, tinggal sentuh/pilih musuh untuk menempatkan kursor target, kemudian sentuh karakter (satu, atau semua karakter) menyerang target tersebut.

Seiring karakter menyerang musuh dan mereka menjatuhkan Brave Crystal, maka kristal tersebut akan membangun meter “Brave Gauge” yag bisa digunakan untuk melancarkan serangan Brave Burst ketika meter tersebut penuh. Untuk mengaktifkan serangan spesial karakter tersebut, kamu perlu menyentuh dan menahan karakter dengan meter Brave Burst-nya penuh, dan kemudian menggeser jarimu ke atas setelah menahannya sekitar 1 detik. Brave Burst bisa menarget satu musuh, banyak musuh sekaligus, semua musuh, atau bahkan memulihkan karakter, bergantung pada karakter yang melancarkan Brave Burst (setiap karakter berbeda). Karena itulah lebih baik kamu menyusun tim dengan Brave Burst yang lengkap, ada yang untuk menyerang, dan ada yang bisa memulihkan HP karakter.

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Elemen alam juga berperang menentukan kemanangan. Kamu perlu menghapalkan elemen apa yang lebih kuat melawan yang lain. Seperti Fire (merah) yang kuat melawan earth (hijau), earth mengalahkan electric (kuning), electric mengatasi water (biru) dan water jelas lawan dari fire. Selain itu ada tipe karakter light dan dark, yang masing-masing kuat melawan unsur yang bertolak belakang, namun lemah ketika diserang oleh tipe yang sama.

Dengan menenangkan pertarungan, kamu akan mendapatkan Zel, Karma dan poin experience. Zel dan Karma menjadi dua mata uang utama game ini yang bisa didapatkan dengan mudah dari bertarung. Kamu juga berkesempatan mendapatkan unit baru dan material untuk crafting. Unit baru bisa ditambahkan ke dalam tim aktif yang kamu gunakan saat ini, sedangkan material crafting bisa kamu gunakan nantinya untuk membuat item baru di kota. Selain Zel dan Karma, setelah kamu berhasil menyelesaikan keseluruhan quest (menjadi salah satu pembeda game sosial ini, ada sedikit skenario cerita sebagai background semua aksi dalam game), kamu bakal mednapatkan bonus Gem (yang merupakan mata uang premium game ini, serta disediakan sebagai in-app purchase).

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Seperti tipikal RPG, poin experience yang cukup terkumpul akan meningkatkan level karakter. Ketika itu terjadi, maka semua energy karakter akan dipulihkan. Energy digunakan setiap kali kamu melakukan quest. Jadi sangat penting untuk menaikkan level karakter, agar kamu bisa terus bermain tanpa perlu menggunakan Gem untuk mengisi energy, atau menunggu lama sampai energy tersebut putih sebelum kamu bisa melanjutkan quest.

Aspek familiar lainnya dalam game ini adalah adanya kota, dimana kamu bisa melakukan aktivitas crafting dan memanfaatkan semua material yang sudah terkumpul sebelumnya. Material lainnya yang lebih baik bisa kamu dapatkan di kota dari tanah pertanian, hutan, sungai atau daerah pegunungan (terlihat ada bagian yang bersinar, dimana kamu bisa memungut material tambahan). Untuk mendapatkan material yang lebih baik (atau lebih langka), kamu perlu meng-upgrade Facility yang mewakili lokasi tersebut terlebih dahulu menggunakan Karma. Di kota kamu juga bisa membuat gear seperti Cure untuk memulihkan HP, Revive untuk memulihkan karakter yang tewas, dan yang mampu meningkatkan kekuatan serangan dan pertahanan. Sama seperti lokasi di kota, gear tersebut bisa kamu upgrade menggunakan Karma.

Lanjut ke halaman 3....

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Juga sama seperti game lain sejenisnya, dalam hal ini Puzzle & Dragons, dalam Brave Frontier kamu bisa menggabungkan (fusing) dan evolusikan (evolution) unit. Namun ada sedikit perbedaan. Di sini Alim membuat proses fusion (satu-satunya cara menaikkan level unit, karena mereka tidak mendapatkan exp dari pertarungan seperti karakter) Brave Frontier lebih "berat." Terutama ketika mau mengevolusikannya, karena kamu perlu memiliki unit yang levelnya max dan material fusion. Makin tinggi materialnya, makin susah mendapatkannya, dan membuat proses fusion ini pun bisa menuntut kesabaran bermain yang lebih besar. Untuk memaksimalkan level unit, kamu perlu menentukan unit utama, dan hingga 5 unit lainnya yang akan dikorbankan untuk menaikkan levelnya. Jika kamu mengorbankan unit yang memiliki Brave Burst sama, maka unit utamamu juga berkesempatan mendapat upgrade Brave Burst. Begitu unit mencapai level max, maka kamu bisa mengevolusikannya.

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Karena memang dikembangkan sebagai game sosial yang terkoneksi langsung melalui akun sosialmu, developer pun menyediakan mode khusus yang memungkinkan karaktermu dengan tim unitnya bisa diadu dengan pemain lain. Untuk itu disediakan mode Arena untuk bertarung dengan pemain lain dalam pertarungan team PvP. Untuk yang satu ini, mekanis pertarungannya dibuat berbeda, karena berjalan otomatis -- yah, seperti tipikal game sosial lainnya yang memiliki fitur mode Arena. Pertarungan yang berlangsung di sini memperebutkan ABP, atau Arena Battle Points. Makin banyak ABP yang terkumpul, makin tinggi rank karakter di arena. Dan dengan setiap peningkatan rank di Arena, akan ada hadiah khusus seperti Gem.

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Nantinya developer juga akan mengimplementasikan fitur Raid Battle, yang pada dasarnya sama seperti Arena, kecuali di sini kamu akan bekerjasama dengan pemain lain untuk mengalahkan boss. Siapa yang berhasil memberikan damage terbesar pada boss tersebut, maka dialah yang mendapatkan hadiah terbaik. Hanya saja jika memang Raid ini melibatkan beberapa pemain bekerjasama, maka seharusnya developer lebih dahulu menyiapkan fasilitas komunikasi yang baik bagi pemain untuk saling berhubungan, dan saat ini fitur tersebut (ada dalam menu Social) juga masih belum dibuka.

Keseluruhan, selain gratisan, Brave Frontier juga termasuk game sosial yang fun dimainkan. Grafisnya penuh warna, artwork bergaya anime, skill-nya dihiasi dengan efek-efek  kilatan yang eye-catching, skenario yang mudah dicerna, memang generik, namun setidaknya game ini tidak berjalan secara kosong, serta kami merasa tidak terlihat kesan seriusnya, yang artinya game ini cocok untuk segala usia.

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Memang konsepnya mirip dengan beberaspa game sosial lainnya, terutama menunjuk pada kesuksesan Puzzle & Dragons. Jika GungHo menawarkan mekanis Bejeweled yang sudah terbukti adiktif (atau bisa juga disebut membosankan, karena begitu banyaknya game mobile lain yang menuntut kita mengatur posisi gem dengan jenis / warna sama), maka Brave Frontier mencoba dengan cara yang berbeda. Mereka memasukan aspek RPG klasik, pertarungan turn-based, kamu bebas menentukan karakter untuk menyerang, dan mana musuh yang harus diserang, plus sedikit unsur interaktif untuk melancarkan gerakan spesial, sehingga membuat jari kita ini tidak lepas dari layar selama adegan pertarungan. Dan meskipun gratis, developer juga tidak pelit memberikan Gem sebagai item yang sangat penting untuk memberimu akses melakukan quest.

Lanjut ke halaman 4...

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Namun kembali pada aspek collectible-nya, tipikal game semacam ini jika sudah membuat gamer terikat, maka mereka akan melakukan apa pun demi melengkapi koleksi 200 karakternya melalui proses summon. Mau instan? Yah, tidak ada jalan selain membeli in-app purchase-nya yang berisi paket Gem dengan harga mulai Rp. 12 ribuan hingga Rp. 750 ribuan! Syukurlah, Alim (namanya saja alim ya... hehe!) bukanlah developer serakah, kami bisa memainkannya tanpa perlu mengeluarkan sepeser uang pun untuk membeli Gem. Kuncinya sama seperti Puzzle & Dragons, sabar grinding, dan menguasai dasar-dasar mekanis permainannya agar bisa mendapatkan material dan hasil terbaik dari hasil bertarung. Keluhan kami selama memainkannya hanya sebatas masalah koneksi saja, yang memang game ini menuntut akses data selalu online. Selain itu, akhir-akhir ini servernya sangat sering penuh, dan mengalami maintenance, dan itu pun bisa terjadi beberapa kali dalam sehari. Semoga saja pasca maintenance ini, Alim mau ya memberikan kompensasi, misalnya 100 Gem gratis... hehe!

Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Sepertinya kami akan terus memainkan Brave Frontier dalam waktu yang cukup lama, dan membuat panduan dalam memainkannya, jadi pastikan untuk terus pantau Duniaku.net ya!

  • Dapatkan Brave Frontier versi iOS melalui Apple iTunes / App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.1 dan storage 36.4 MB, dan update data hingga 300 MB.
  • Dapatkan Brave Frontier versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3.3, 1 GB RAM, storage 25 MB, dan update data hingga 300 MB.

BraveFrontier Trailer

Sumber: Facebook

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU