Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Gust menyiapkan Ar no Surge sebagai salah satu RPG baru mereka, dan menjadi prekuel dari keseluruhan serial Ar tonelico. Berikut detail mekanis gamenya yang ditampilkan melalui video 11 menit.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

UPDATE: Video baru animasi opening game ini kami tempatkan di bagian terbawah artikel.

Menyambut hari jadinya yang ke-20 tahun, pertengahan November 2013 lalu Gust mengkonfirmasikan salah satu game terbaru mereka, Ar no Surge. Game RPG yang di Jepang disebut Surge Concerto: Ar nosurge ini akan dirilis 6 Maret 2014 mendatang untuk PlayStation 3, dan menjadi kelanjutan dari game simulasi Surge Concerto: Ciel Nosurge yang sudah dirilis pada 2012 lalu, sekaligus menjadi prekuel dari keseluruhan serial Ar tonelico.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Meskipun genrenya berubah, Gust tidak mengalihkan tema game ini. Masih sama mengenai "ikatan antara manusia" dan juga "bagian terdalam dari hati". Setting utamanya diambil di sebuah planet fiksi bernama Ra Ciela, dimana Manusia dan makhluk spirityal yang disebut Genoms sebelumnya hidup berdampingan. Namun seiring planet tersebut mulai melemah dan kurang cocok untuk mereka, manusia mulai mencari planet lain untuk ditinggali.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Pasca manusia berkonfrontasi dengan makhluk lain yang dikenal sebagai Sharl, penduduk Orei banyak yang diculik. Secara teknologi, manuska tidak mampu melawan Sharl, yang menggunakan kekuatan yang disebut "song magic". Namun ribuan tahun kemudian, Felion Wall terbuka, dan dari dalam muncul Ancient Ones, manusia dengan kekuatan yang sama seperti Sharl, mereka mampu menggunakan song magic.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Selama permainan, gameplay terbagi menjadi bagian kota, lingkungan sekitar dan pertarungan. Di dalam kota, kamu bisa melakukan sintesis item dan meningkatkan kemampuan karakter menggunakan Genometric. Sedangkan selama pertarungan, karakter wanita yang kamu gunakan bisa melancarkan song magic yang kuat, sembari dilindungi oleh karakter lainnya yang bertarung di barisan depan.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit Salah satu bagian Sharanoia. Tempat yang indah, meskipun kini menjadi tidak stabil karena munculnya banyak daratan baru, sedangkan daratan lainnya menghilang.[/caption]

Mekanis pertarungannya sendiri berbeda dari tipikal RPG Jepang lainnya. Bukanya turn-based, antar muka pertarungannya menjadi perpaduan dari elemen game action. Seperti bagaimana kamu melancarkan song magic, yang menuntut kita untuk menekan tombol secara tepat waktu, dan akan menghasilkan serangan yang sangat kuat jika sukses dilakukan. Musuh sendiri akan menyerang secara bergelombang, dan begitu sekelompok musuh berhasil dikalahkan, maka gelombang serangan berikutnya akan terlihat lebih awal melalui antar muka HUD karakter.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Karena awalnya merupakan game simulasi dengan banyak karakter cewek cantik, meskipun sudah berubah genre, tidak mengherankan jika unsur simulasinya masih terbawa di sini. Seperti melalui sistem “Purification” yang sudah kami ulas dalam beberapa artikel sebelumnya. Mereka juga memasukkan Talk Matter, yang pasti familiar di telinga para pemain Ar Tonelico.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Sistem lainnya yang dibawa dari Ciel NoSurge adalah memungkinkan karakter untuk menyelami hati dan pikiran karakter, dan membantu mereka memecahkan masalah yang sedang dialami. Di Sharanoia, setting utama game ini, salah satu kotanya disebtu Tenryoshara. Di sana kamu bisa menemukan Bios Shop, dimana protagonis dan karakter lainnya bisa melakukan “Dive” ke dunia spiritual Genometrics. Begitu di dalam Genometrics, kamu perlu memecahkan masalah yang saat itu berkecamuk di dalam hati karakter, yang akan menghasilkan “Genometrica Crystal,” hasil dari perasaan terdalam para karakter. Kristal tersebut bisa digunakan untuk memperkuat karakter utamamu, Delta dan juga para heroine yang berperan melantunkan song magic melalui sistem Purification yang sudah kami jelaskan sebelumnya, dimana kamu akan menginstall kristal tersebut ke beberapa bagian tubuh karakter untuk menghasilkan tambahan kekuatan.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit Awalnya, kamu hanya bisa men-Dive Cas dan Ion saja, namun nantinya juga karakter lain, meskipun kamu membutuhkan lebih banyak uang dan “Dive Points”, yang bisa didapatkan dengan memenangkan pertarungan.[/caption]

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit Ada lingkungan khusus selama kami Dive, dan tidak bisa langsung mencapai hati karakter selama Dive ke dalam Genometric. Kamu perlu memecahkan beberapa masalah dulu, dan nantinya kamu bisa makin dekat ke hati karakter.[/caption]

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit Selama melakukan Dive ke dalam Genometric, kamu akan disuguhi beragam event, dimana karakter yang kamu selami akan mengungkapkan beberapa hal yang tidak mereka ungkapkan di dunia nyata.[/caption]

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit Gambar di atas menunjukkan Geno Map, menandakan kecenderungan mental karakter, dan garis diantara mereka menggambarkan kedekatan diantara keduanya.[/caption]

Kemudian untuk update terbaru game ini, kami mendapatkan detail karakter Ciel NoSurge lainnya yang kembali terlibat, yaitu Kanon dan Tottoria.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Kanon sebelumnya muncul dalam Ciel NoSurge sebagai rival politik Ion, dan sebelumnya dikenal sebagai bocah dengan kemampuan luar biasa. Nama lengkapnya adalah Kanoile Kukururu Priciel. Orang yang luar biasa, karena meskipun masih muda, namun sudah memiliki kontrak dengan raja. Meskipun memiliki bakat yang tinggi, Kanon tetap rendah hati dan tidak terlalu percaya diri, terus mendengarkan suara orang lain untuk mendapatkan dukungan dalam pemilihan kandidat archbishop. Kemudian untuk Tattoria, dia merupakan anak dari bangsa Sharl yang menjalankan chemist shop di desa Honokano. Terkadang dia terlihat bersama Genome tipe binatang yang disebut called Vio. Tattoria juga terlihat memiliki ketertarikan pada reruntuhan Kurth Hinmel di Honokano.

Detail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit

Kemudian kamu juga mengetahui beberapa makhluk yang berperan dalam song magic. Mulai dengan Toy Installer (ilustrasi oleh JohnHathway), yang digambarkan muncul dari dalam kotak mainan lalu berubah menjadi seperti naga dengan menggabungkan beragam mainan bersamaan. Kemudian Sizoidrophia (ilustrasi oleh Izumi Posuka) digambarkan dengan penampilan wanita, namun mampu melancarkan serangan “Burst Value” untuk merubah kekuatan song magic-nya untuk berubah bentuk. Dan makhluk song magic ketiga adalah Kikotsuyahime (ilustrasi oleh Nagiryo), yang tampil sebagai wanita yang bersenjatakan pedang. Wajahnya tertutup topeng, dan tidak ada seorang pun yang pernah melihat seperti apa penampilan di balik topengnya.

Dan untuk lebih jelas melihat seperti apa animasi game ini yang begitu cantik, kami bisa melihat trailer barunya berikut ini.

Jika kurang puas, bagaimana dengan melihat langsung mekanis permainan, eksplorasi dan pertarungan game ini. Di bawah adalah trailer sepanjang 11 menit, mereka pemain Ar Tonelico Qoga pasti langsung teringat dengan sistem R.A.H dalam game tersebut, yang juga mengajukan Song Magic yang dinyanyikan para Reyvateil.

[gallery columns="4" ids="136907,136908,136909,136910,136911,136912,136913"]

Sumber: Dengeki

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU