Oleh-oleh Perjalanan Own Games dari MWC 2014 Barcelona, Spanyol

Developer asal Bandung yang hadir di MWC 2014 bersama game-nya Eyes on Dragon ini membagikan pengalamannya selama berada di Barcelona. Apa saja agenda mereka di sana? Seperti apa suasana MWC 2014? Simak kisahnya di dalam!

Oleh-oleh Perjalanan Own Games dari MWC 2014 Barcelona, Spanyol

Oleh-oleh Perjalanan Own Games dari MWC 2014 Barcelona, Spanyol

Seperti yang pernah kami beritakan sebelumnya, dalam pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2014 yang sudah diselenggarkan akhir Februari lalu terdapat beberapa nama developer Indonesia yang ikut serta. Selain Kidalang yang berhasil menyabet gelar di Tizen App Challenge yang diadakan Samsung, terdapat nama Own Games yang membawa game buatan mereka, Own Pet Dragon untuk ikut dipamerkan dalam ajang tersebut.

Nah, dalam kesempatan kali ini Duniaku mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Eldwin Viriya, CEO dari Own Games. Eldwin yang baru pulang dari Barcelona, Spanyol ini menceritakan pengalamannya selama menghadiri perhelatan tersebut, dan apa saja agenda kegiatan yang dilakukan selama di sana. Berikut ini kutipan wawancaranya!

Duniaku (D): Dalam rangka apa nih Own Games diundang ke MWC 2014?

Eldwin (E): Jadi Nokia punya program recognition buat developer-developer Nokia yang aktif di ekosistem. Seperti aktif di forum, bikin tutorial, aktif develop app/game, dan juga aktif di komunitas. Nama programnya itu adalah Nokia Developer Champion. Nah, saya pergi ke MWC itu sebagai salah satu Nokia Developer Champion yang diundang untuk hadir di Nokia Developer Day 2014.

D: Menurut Eldwin, bagaimana pendapatnya mengenai MWC?

E: MWC keren. Banyak banget vendor-vendor besar dari seluruh dunia hadir di sana. Kesempatan yang bagus banget buat networking sama banyak orang dan melihat macam-macam teknologi terkini secara langsung. :)

D: Dalam acara tersebut, Nokia mengkonfirmasikan Nokia X yang menggunakan Android. Suasana di sana seperti apa ya?

E: Wah, stand Nokia waktu announcement penuh bangetttt.. Haha. Heboh kemana-mana.. Di MWC ini juga ada Nokia X Porting Bus. Jadi buat developer-developer yang punya apps/game dan bawa laptop, bisa langsung porting di sana sambil didampingi sama tim dari Nokia. Buat yang selesai porting di tempat, bakal langsung dikasih HP Nokia X. Nah, busnya itu penuh tiap hari... haha

Oleh-oleh Perjalanan Own Games dari MWC 2014 Barcelona, Spanyol Nokia X Porting Bus[/caption]

D: Dari mata developer, keuntungan apa sih yang bisa diambil dengan hadirnya Nokia X ini?

E: Nokia X ini kan target usernya diantara Asha dan Lumia, jadi volumenya bakal besar banget... Jadi ngebuka pangsa pasar baru buat developer Apps/Game untuk masarin produknya di Nokia X ini. Apalagi portingnya mudah banget, tinggal ganti Google Service-nya(kalau ada) sama servisnya Microsoft atau Nokia. hehe..

Untuk developer Indonesia, secara khusus, ini adalah kesempatan yang benar-benar bagus sih... Menurut pandangan saya, Nokia adalah satu-satunya perusahaan internasional yang benar-benar memiliki tekad untuk membangun ekosistem development di Indonesia. Ditambah kemampuan Nokia untuk nyediain operator billing.. Jadi, tunggu apa lagi? :D

D: Apa saja sih agenda Own Games yang dilakukan di sana?

E: Agenda aslinya sih cuma Nokia Developer Day aja. :D Tapi dengan dukungan tim Nokia Indonesia, saya nambah agenda buat meeting sama VP Nokia dan petinggi-petinggi lain dari Nokia juga, yang sangat membantu banget buat pertumbuhan Own Games.

Di luar acara Nokia, sempat juga mampir ke booth-booth lain seperti NEC, Firefox, Sony, Intel, Ford, dkk, untuk melihat-lihat teknologi lain dan membuka wawasan juga. :D

Oleh-oleh Perjalanan Own Games dari MWC 2014 Barcelona, Spanyol

D: Bagaimana suasana showcase Own Games di sana?

E: Jadi gamenya itu dipamerin di booth games & apps buat HP Nokia.. Disana ada macam-macam game seperti Plant vs Zombie 2, dkk. Tidak disebutkan secara spesifik bahwa ini adalah game dari Indonesia dkk. Pengunjung bisa langsung coba game yang mereka inginkan. :)

D: Pendapat pengunjung mengenai Eyes on Dragon sendiri?

E: Waktu saya demo, sempat ada beberapa pengunjung yang nyoba-nyoba gamenya, cengar cengir sana sini.. Jujur, tidak sempat nanya pendapat mereka.. Saya lebih fokus merhatiin orang-orang yang cobain maeninnya, gimana ekspresi mereka waktu maenin gamenya, soalnya itu respon yang paling jujur menurut saya. haha.. Dan saya dapat banyak input dari sana. :D

D: Selain ke MWC, sepertinya Own Games juga mengunjungi beberapa event lain di Eropa ya? Apa aja? 

E: Awal Februari emang sempat ke Casual Connect Europe di Amsterdam, soalnya waktunya pas banget sama Nyenrode MBA Campus Weekend. Tapi udah gitu pulang dulu, baru balik lagi ke MWC. hehe..

Casual Connect itu selain networking, dapat kesempatan buat diskusi sama developer-developer dari benua Eropa. Disana juga sempat hadir di sesi-sesi yang keren-keren.. Ngedengerin ceramah orang-orang yang bener-bener punya passion bikin game, bener-bener bikin inget lagi kenapa dulu pengen bikin game. hehe..

Oleh-oleh Perjalanan Own Games dari MWC 2014 Barcelona, Spanyol

D: Apa saja pelajaran yang diambil Own Games dari jalan-jalan ke Eropanya kali ini?

E: Banyak opportunity kebuka dari jalan-jalan ke Eropa ini. :) Dapat banyak banget new point of view dari meeting-meeting sama orang-orang dari berbagai macam latar belakang...

In the end jadi bener-bener punya langkah nyata buat nentuin dimana Own Games bisa diimprove lagi. hehe.

D: Terima kasih untuk waktunya, sukses terus untuk Own Games!

E: Terima kasih juga!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU