Seno Haryo: Hobi Star Wars Yang Menghasilkan Uang

Dari sekedar hobinya memotret mainan Star Wars, Seno Haryo saat ini bekerja di salah satu perusahaan mainan di California. Simak profilnya di dalam!

Seno Haryo: Hobi Star Wars Yang Menghasilkan Uang

Seno Haryo: Hobi Star Wars Yang Menghasilkan Uang

Alangkah menyenangkan apabila sebuah hobi bisa menjadi profesi, bisa kalian bayangkan apabila sebuah pekerjaan didasari dari hobi kita, pekerjaan akan terasa menyenangkan dan tidak akan menimbulkan kejenuhan ataupun bosan. Seperti yang dirasakan oleh Seno Haryo (33), seorang Toys Fotografi dari Indonesia yang bekerja di salah satu perusahaan mainan di California.

Berawal dari kecintaan terhadap mainan Star Wars, Seno menuangkan karya-karyanya dengan memfoto setiap mainan Star Wars yang dia miliki. Kecintaan Seno dimulai ketika dia dibawakan film Star Wars oleh orang tuanya. Dia terpukau dengan efek visualisasi yang diciptakan dari film tersebut, menurutnya tidak ada film dengan efek visual sekeren dan sehebat itu dijamannya.

Seno mencoba untuk memulai koleksi setiap mainan Star Wars dengan skala 1:18. Hingga akhirnya Seno mempunyai ide untuk memfoto mainan-mainan Star Wars-nya. Ketika awal mencoba foto mainan, dia masih belum merasa puas terhadap foto yang dia hasilkan, karena masih belum terlihat nyata. Akhirnya pada tahun 2011 awal, secara tidak disengaja dia menemukan mainan Star Wars dengan skala 1:6, yang dia lihat di toko mainan, dan yang dia beli adalah Anakin  dengan Obi-Wan.

Tidak terasa, koleksi Action figure Star Wars Seno yang berskala 1:6 sudah sekitar 80 mainan, rate harga untuk mainan yang dia punya sekitar 800 ribu hingga 5 juta rupiah, namun rata-rata kebanyakan rate mainannya  sekitar 1,2 juta sampai 1,5 juta rupiah. Untuk ukuran mainan Star Wars ada yang berskala 1:18, 1:12 dan juga 1:6, kebetulan yang Seno fokuskan, hanya skala 1:6.

Seno Haryo: Hobi Star Wars Yang Menghasilkan Uang

“Gue pikir ukuran yang kayak gini lebih nendang buat difoto, soalnya ngak terlalu kecil dan ngak terlalu gede, untuk artikulasinya juga lebih mirip sama manusia karena bisa digerakin semuanya.” Mengutip pernyataan Seno ketika diwawancarai di Studio fotonya.

“Gue suka foto-foto mainan Star Wars, sampe akhirnya ngak terasa mainan-mainan yang udah gue potret banyak banget, trus gue ikut masuk ke forum-forum fotografi mainan, forum Star Wars, sampai akhirnya ada orang dari Sideshow Collectibles perusahaan mainan California lihat hasil karya gue, abis itu gue dikontak dan di-email mereka, untuk ditawarin kerjasama sama  Sideshow Collectibles.” Ungkapnya.

“Brief yang mereka kasih ke gue, tergolong nggak ngerepotin dan nggak ribet soalnya pada dasarnya mereka lebih kasih kebebasan ke gue. Sideshow Collectibles tau passion gue lebih ke Star Wars, makanya khusus buat Star Wars, Sideshow Collectibles lebih memepercayakan ke gue,” kata Seno Haryo.

Seno Haryo: Hobi Star Wars Yang Menghasilkan Uang

Dalam karyanya Seno mencampurkan foto yang asli dengan CGI (Computer-generated imagery) agar foto yang dihasilkan bisa lebih terlihat halus dan nyata. Seno juga memberikan beberapa tips untuk para pemula yang mau memfoto mainannya, yang pertama sebelum mulai memfoto, kita harus memiliki konsep terlebih dahulu, agar memiliki gambaran, foto apa yang akan  dihasilkan. Yang kedua, kita harus menjalin kerjasama dengan orang-orang yang terlibat, seperti orang yang ahli membuat latar setting yang akan dipakai sebagai property pendukung supaya terlihat lebih nyata, mainan yang akan difoto juga bisa di make up terlebih dahulu seperti contoh kita bisa mengecat mainannya agar lebih terlihat hidup. Dan yang ketiga, setelah proses pemotretan selesai kita lanjutan ke proses editing, agar hasil gambarnya bisa terlihat lebih keren dan bagus.

So, Bagi kalian yang memiliki hobi sebaiknya jangan pernah berhenti dengan apa yang kalian hobikan, Seno Haryo telah membuktikannya, seorang lulusan teknik industry yang berhasil menjadi seorang “Toys Fotografi”, yang pada dasarnya tidak memiliki keterkaitan dengan bidang yang dia ambil sewaktu kuliah dulu. Namun kunci kesuksesan yang dia miliki adalah ide yang kreatif dan berhasil melihat peluang, sehingga dapat menghasilkan uang dari hobinya sendiri.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU