GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Serial terbaru game racing Grid sudah dirilis 25 Juni 2014 kemarin untuk X360, PS3 dan PC Windows. GRID Autosport memang berbeda, namun gameplay dan fiturnya masih membawa banyak elemen dari prekuelnya,

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Serial game racing Grid mendapatkan seri barunya dan sudah dirilis 25 Juni 2014 kemarin untuk X360, PS3 dan PC Windows. GRID Autosport memang berbeda, dalam hal judul, seperti Grid-grid sebelumnya, yang biasanya sekadar memberi identitas angka. Namun gameplay dan fiturnya masih membawa banyak elemen dari prekuelnya, yaitu Grid 2 yang dirilis pada pertengahan tahun 2013 silam.

Masih seperti seri pendahulunya juga, game balapan ini juga dibangun menggunakan EGO (Ego Game Tech-nology) Engine yang dikembangkan oleh Codemaster untuk gam racing mereka hingga saat ini. Dengan EGO engine, Grid Autosport mampu mengembalikan sudut pandang dalam mobil seperti yang dikenalkan pada seri sebelumnya, mode single-player career, dukungan RaceNet untuk multiplayer (reguler menawarkan challenge baru, dan juga memungkinkan untuk membentuk online club, melacak kinerja kita, hingga memberi reward yang pantas untuk pembalap kita), dan juga pengendalian yang realistis melalui 100 rute yang membentang di 22 lokasi.

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Pilihan mobilnya juga disebutkan akan bervariasi, mulai open-wheel car seperti F3 hingga IndyCar, GT dan juga kembalinya mobil khusus drift dan supercar. Codemasters membagi mobil yang bisa kalian gunakan dalam game ini ke dalam lima kelompok utama, yang mewakili tiap style (kami jelaskan di bawah). Dalam setiap kelompok tersebut, mereka akan kembali dibagi dalam beberapa tier, dengan Tier 1 berisi mobil yang paling lambat dipacu, dan Tier 3 berisi mobil-mobil terkencang. Keseluruhan ada 78 mobil yang bisa kalian gunakan, dengan daftarnya kami berikan di bagian bawah. Kemudian untuk lintasannya, selain lintasan racing nyata, developer juga memasukkan lintasan jalanan yang fiktif. Total ada 22 track, dengan setiap track juga mendapatkan beberapa variasi, dan sebagian memiliki efek pergantian siang dan malam.

Campaign yang disediakan tersusun berdasarkan kita dalam menjalankan sebuah team, dan bisa mendapatkan dukungan sponsor sekaligus rekan untuk balapan. Dan meskipun judul game ini juga mendompleng salah satu majalah otomotif terkenal Autosport, sejauh ini tidak disebutkan adanya kerjasama resmi.

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Berbeda dengan seri Grid pertamanya yang diawali dengan judul Race Driver, seri Autosport kali ini akan lebih dekat ke arah mekanisme simulasi dimana disediakan lima gaya permainan (style) yang berbeda (Touring, Endurance, Open-wheel, Tuner Competitions dan Street Racing) dengan feedback kontrol yang bisa dipilih sesuai yang kita kuasai.

Tiap style pengendalian tersebut bisa dimainkan kapan saja, kamu bisa memilih salah satu diantara style tersebut ataupun mengkombinasikan beberapa style bermain dalam race yang berbeda. Kamu juga bisa bermain dengan pemain lainnya dalam mode online yang tidak kalah seru dengan mode campaign-nya. Sebuah lonjakan baru dalam dunia racing game yang sepertinya, akan membawa racing ke tingkat yang lebih tinggi.

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Lebih Detail Mengenal Tiap Style Permainannya

Pada Grid Autosport kali ini memang memper-kenalkan lima style permainan yang berbeda. Dari tiap style permainan tersebut bisa kamu pilih salah satu untuk kamu pelajari dan kembangkan hingga ahli. Nah, berikut ini merupakan detil (dan juga preview videonya) dari masing-masing style yang dikenalkan pada seri ini:

Endurance

Mode ini menuntutmu balapan brutal dalam waktu yang lama dan tidak hanya asal balapan saja, kamu juga harus mempertimbangkan keasusan ban kendaraan yang kamu gunakan. Dan disinilah game ini memerlukan strategi, jika diawal permainan kamu sudah melakukan tancap gas tentu ban-mu akan cepat aus dan waktumu akan habis di pit stop untuk mengganti mereka. Beberapa cara yang mengun-tungkanmu, kamu bisa berjalan santai sambil menunggu musuhmu terlihat, baru kamu bergerak cepat menyalip mereka.

Discipline Focus // Endurance // GRID Autosport

[youtube id="QZ35QKDMxWk"]

Open-Wheel

Bisa dibilang merupakan balapan yang sama seperti racing Formula 1 dimana banyak lintasan yang memiliki belokan tajam, dan menuntut pemain untuk melakukan drift agar memperoleh momen untuk memper-cepat laju kendaraan. Style ini rawan kecelakaan, karena mungkin saja terjadi kontak fisik dengan peserta lain.

Discipline Focus // Open Wheel // GRID Autosport

[youtube id="l0XJF_Vcn98"]

Street Racing

Sesuai namanya mengambil setting di tengah kota, dimana kamu akan melakukan balapan yang dibatasi oleh benda-benda perkotaan yang tersebar di jalurmu. Lintasan balap akan ditentukan dari rambu lalu lintas dan juga jangan lupa untuk waspada terhadap tikungan tajam. Balapan ini juga memungkinkanmu untuk mengendarai pilihan mobil full modifikasi.

Discipline Focus // Street // GRID Autosport

[youtube id="0vcej03eyoA"]

Touring

Pada balapan Touring, disini kamu akan diberikan pilihan banyak mobil modern dari berbagai negara yang beberapa diantaranya pasti familier denganmu. Mobil yang tersedia masih standar, belum ada upgrade yang membuat mobil tersebut beraksi secara maximal. Setelah memilih mobil yang kamu sukai, kamu akan bertanding di sebuah lintasan balap profesional.

Discipline Focus // Touring // GRID Autosport

[youtube id="-N4a4-PtJVk"]

Tuner Competitions

Pada awal permainan kamu akan memilih satu dari berbagai pilihan mobil yang diantaranya juga disediakan di style Touring. Bedanya adalah pada tantangan yang harus kamu selesaikan.

Ada tiga tantangan yang siap mengujimu: Drifting, Time Attack, dan balapan tradisional menggunakan mobil yang sudah kamu tuned up sebelumnya.

Discipline Focus // Tuner // GRID Autosport

[youtube id="Rf0OtaDhUMk"]

Kembalinya Sudut Pandang Cocktpit

Codemaster nampaknya mengemba-likan mode sudut pandang cockpit dan dash-board (yang dibuang dalam Grid 2), selain sudut pandang orang ketiganya. Dengan mode cockpit, kita mendapatkan simulasi dua kamera (satu menunjukkan tangan pengemudi, dan satunya sudut yang lebih dekat ke lintasan) dalam mobile selama racing. Mode ini bisa kamu gunakan untuk semua jenis kendaraan. Sudut pandang mana yang lebih nyaman menurut para pembaca?

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Pilih dan Kembangkan Team

Sebelumnya saya telah menjelaskan bahwa dalam Grid Autopsort kali ini memungkinkanmu untuk bergabung dalam sebuah team. Ketika kamu bergabung dengan suatu team tertentu, maka kamu akan diberikan rekan kerja yang dikendalikan oleh AI, yang bisa kamu berikan perintah sederhana. Kamu bisa membuat mereka lebih agresif dan selalu memberikan jalan untukmu selama kamu berada di lintasan balap. Tentunya kamu membutuhkan posisi mereka di tempat yang lebih baik, dan untuk melakukan itu kamu memerlukan team point. Atau kamu juga bisa mengatur mereka agar selalu bertahan selama racing, memper-tahankan posisi sehingga akan tetap berkon-tribusi dalam menambah total team point.

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Jika kalian bergabung dengan sebuah team, akan ada tujuan selama racing serta pilihan mobil tertentu. Kontrak dengan team tersebut berjalan selama setahun, dan selama itu akan ada tujuan yang harus dicapai. Saat kontrak usai, kamu bisa memperpanjang kembali kontrakmu dengan tim yang sebelumnya kamu pilih atau mencoba untuk bergabung dengan team yang berbeda. Bisa saja kamu memilih untuk bekerja dengan team yang lebih baik (dari pilihan mobil dan rekannya), atau kamu tertantang untuk memperbesar nama team-mu.

Bosan Bermain Campaign? Coba Saja Mode Lainnya!

Ketika kamu bosan atau sudah mena-matkan single-play campaign yang menam-pilkan lima style berkendara yang berbeda, kini saatnya kamu mencoba memainkan mode lainnya. Terdapat dua mode yang menarik untuk kamu coba, yaitu mode Online Racing dan juga mode Grid Legend Series. Berikut ini lebih detil mengenali dua mode tersebut:

Online Racing

Mode ini menawarkan balap Online de-ngan pemain lain hingga 12 pembalap dalam racing tradisional, hingga custom race yang memasukkan event yang dibuat sendiri oleh gamer. Juga ada time trial untuk membandingkan kemampuan kita dengan gamer lain di seluruh dunia. Menurut pemaparan Community Manager Codemaster, Ben Walke, kali ini mereka mengembangkan GRID Autosport berdasar masukan komunitas Grid 2, yang banyak berharap mendapatkan atmosfer racing yang lebih otentik dan mendekati nyata.

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Grid Legend Series

Dalam mode ini, kamu bisa menggabungkan semua style permainan menjadi satu seri. Untuk memasuki atau mengakses Grid Legends Series, kamu perlu membuktikan diri terlebih dulu dengan sukses dalam setiap race, sampai mendapatkan undangan untuk masuk dalam Grid Legends. Setiap style ber-kendara memiliki kontrol berbeda, sekaligus juga tujuan selama menggunakan style tersebut yang juga berbeda cara untuk mencapainya. Tentunya mode ini lebih menantang karena menggabungkan seluruh kemampuanmu dalam bermain Grid.

Daftar Mobil GRID Autosport

Touring

  • Honda Civic Touring Car
  • Ford Focus ST Touring Car
  • Chevrolet Cruze Touring Car
  • BMW 320 Touring Car
  • MINI Miglia
  • Mercedes-Benz C63 AMG (Cat B Special)
  • Audi RS5 (Cat B Special)
  • Ford Racing Ute
  • Holden VE Commodore Ute
  • Mini John Cooper Works Challenge
  • Peugeot 408 SCB
  • ADC Presteza-14
  • Ford Falcon FG
  • Holden VF Commodore
  • Ford Sierra RS500 Cosworth Group A
  • Nissan Skyline GT-R (R32) Group A

Endurance

  • Audi R8 LMS Ultra
  • Mercedes-Benz SLS AMG GT3
  • McLaren MP4-12C GT3
  • Aston Martin N24 V12 Zagato
  • Shelby Cobra Daytona Coupe
  • Nissan Nismo GT-R (R35) GT500
  • Honda HSV-010 GT
  • Ford GT40 Mk1
  • Lola B12/80
  • Mazda 787B

Open Wheel

  • Dallara F312
  • Ariel Atom 3.5
  • Caterham SP/300.R
  • Lola B05/52
  • Ariel Atom 500 V8
  • Dallara IndyCar
  • Caparo T1

Tuner

  • Ford Mustang Boss 302
  • Chevrolet Camaro SS
  • Dodge Challenger SRT8 392
  • Nissan Silvia (S15) spec-R Aero
  • Honda S2000
  • Mazda RX-7 Type RZ (FD3S)
  • Dodge Charger R/T
  • Plymouth AAR Cuda
  • Ford Mustang Boss 302 Modified
  • Chevrolet Camaro SS Modified
  • Honda S2000 Modified
  • Nissan 2003 (S15) Silvia Drift Tuned
  • Nissan 2004 (Z34) 350 Nismo Drift Tuned
  • Mazda RX-7 (FD3S) Drift Tuned
  • Nissan 2005 (R34) nismo GT-R Z-Tune
  • Mazda Panspeed RX-7 (FD3S)
  • Honda 5zigen Civic
  • Mitsubishi Lancer Evolution X Team Orange
  • Nissan 2011 (Z34) Chris Forsberg Racing 370Z
  • Nissan 1993 (S13) Daijiro Yoshihara 240SX
  • Honda NSX R

Street

  • Mini John Cooper Works GP
  • Ford Focus ST
  • Volkswagen Golf R
  • Honda Integria Type R DC5
  • BMW 1 Series M Coupe
  • Lancia Delta HF Integrale Evo 2
  • BMW M3 Coupe
  • Audi RS 5 Coupe
  • Mercedes-Benz C63 AMG
  • Aston Martin Vanquish
  • Mercedes-Benz SL65 AMG Black Series
  • Alfa Romeo 8C Competizione
  • BMW E30 Sport Evo
  • Alfa Romeo 4C
  • Pagani Huayra
  • SRT Viper GTS
  • Mazda Furai
  • McLaren MP4-12C
  • Aston Martin One-77
  • McLaren P1
  • Pagani Zonda Revolución
  • Bugatti Veyron 16.4 Super Sport
  • Koenigsegg Agera R
  • McLaren F1 GT

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Daftar Lintasan GRID Autosport

Racing Circuit

  • Autódromo Internacional do Algarve, Portugal
  • Autosport Speedway, Japan
  • Brands Hatch, United Kingdom
  • Circuit de Spa-Francorchamps, Belgium
  • Circuit del Jarama, Spain
  • Circuit Mont-Tremblant, Canada
  • Circuit of the Americas, USA
  • Hockenheimring, Germany
  • Indianapolis Motor Speedway, Indiana, USA
  • Istanbul Park, Turkey
  • Mount Panorama Bathurst, Australia
  • Okutama, Japan
  • Red Bull Ring, Austria
  • Sepang International Circuit, Malaysia
  • Yas Marina Circuit, United Arab Emirates

Street circuits

  • Barcelona, Spain
  • Chicago, Illinois, USA
  • Detroit, Michigan, USA
  • Dubai, United Arab Emirates
  • Paris, France
  • San Francisco, California, USA
  • Washington, D.C., USA

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

Tambah Mobil Melalui DLC 

Melalui post di blog Codemasters, yang mengiringi peluncuran game ini ke pasaran, pihak developer ingin menambah daftar mobil yang bisa kalian gunakan melalui post-launch DLC. Garasi virtualmu bakal bertambah dengan adanya car pack yang dirilis secara berkala. Sejauh ini belum disebutkan ada berapa banyak mobil yang akan mereka masukkan di dalam paket DLC tersebut, namun Codemasters mengaku sudah menyiapkan tiga DLC. Kemudian sebagai ganti merilis lintasan tambahan sebagai DLC, Codemasters memilih menyediakan "mini-expansion." Juga ada tiga yang mereka sediakan, dan masing-masing terbagi berdasarkan temanya. Di dalam mini-expansion tersebut, bakal dimasukkan pilihan lokasi baru, yang termasuk diantaranya beberapa mobil dan bahkan mode permainan baru. Studio tersebut juga belum mengungkapkan mengenai nilai DLC tersebut, berapa mereka bakal menawarkannya ke gamer. Hanya disebutkan jika gamer PC dan PS3 memberi kesempatan membeli lebih awal keseluruhan paket DLC lebih murah melalui diskon Season Pass.

GRID Autosport Ingin Membawa Genre Racing ke Tingkat yang Lebih Tinggi

PC System Requirements

Minimum: 

  • OS: Windows Vista, Windows 7 or Windows 8
  • Processor: Intel Core 2 Duo @ 2.4Ghz or AMD Athlon X2 5400+
  • Memory: 2GB RAM
  • Graphics: Intel HD3000 or AMD HD2000 Series or NVIDIA Geforce 8000 Series
  • Network: Broadband Internet connection
  • Hard Drive: 15GB available space
  • Sound Card: Direct X compatible soundcard

Recommended:

  • OS: Windows Vista 64 bit, Windows 7 64 bit or Windows 8 64 bit
  • Processor: Intel Core i7 or AMD FX Series
  • Memory: 4GB RAM
  • Graphics: Intel HD5200 or AMD HD7000 Series or NVIDIA GTX600 Series minimum 1GB RAM
  • Network: Broadband Internet connection
  • Hard Drive: 20GB available space
  • Sound Card: Direct X compatible soundcard

Supported Graphics Cards

  • Intel HD3000 Series, HD4000 Series, HD5000 Series
  • AMD Radeon HD2000 Series, HD3000 Series, HD4000 Series, HD5000 Series, HD6000 Series, HD7000 Series, R7 Series, R9 Series
  • NVIDIA GeForce 8000 Series, 9000 Series, GTX200 Series, GTX400 Series, GTX500 Series, GTX600 Series, GTX700 Series
  • AMD Fusion A8 or higher

GRID Autosport // This is Racing

[youtube id="4J4-z2UeitE"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU