Update Firmware PlayStation 3 Membuka Opsi Gunakan DualShock 4 Secara Wireless

Sejak DualShock 4 diperkenalkan, banyak penggemar PlayStation yang bertanya, apakah bisa digunakan secara wireless untuk PS3? Awalnya memang tidak bisa, namun kini Sony mewujudkannya.

Update Firmware PlayStation 3 Membuka Opsi Gunakan DualShock 4 Secara Wireless

Update Firmware PlayStation 3 Membuka Opsi Gunakan DualShock 4 Secara Wireless

Sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 1997 silam, kontroler DualShock-nya PlayStation tidak banyak mengalami perubahan desain. Sampai ketika PlayStation 4 hadir, dan Sony melakukan overhaul besar dengan memasukkan fitur touchpad. Sejak saat itulah, banyak penggemar PlayStation, terutama yang masih bertahan dengan PlayStation 3 bertanya, apakah bisa menggunakan DualShock 4-nya PS4 tersebut secara wireless untuk PS3.

Sebelumnya memang bisa, namun memerlukan kabel USB yang dihubungkan ke kontroler dan PS3 -- ya ya, kami yakin banyak yang berpendapat kabel yang diberikan Sony kurang panjang. Sedangkan saat ini, pasca Sony merilis update firmware 4.60 untuk PS3, kita bisa menggunakan kontroler tersebut ntuk konsol generasi tujuh tersebut secara nirkabel.

Update Firmware PlayStation 3 Membuka Opsi Gunakan DualShock 4 Secara Wireless

Namun jelas ada yang kurang, karena memang tidak semua fitur PS4 ada di PS3. Seperti sensor pendeteksi gerakan, tombol PlayStation, dan juga feedback getaran, yang ternyata tidak akan aktif ketika menghubungkan DualShock generasi baru dengan PS3. Itu dikarenakan PS3 menganggap DualShock 4 sebagai kontroler umum, sehingga juga tidak semua game bisa dikendalikan olehnya. Namun tidak bisa dipungkiri, meskipun ada yang kurang, revisi desain yang dilakukan Sony untuk kontroler PS4 tersebut merupakan yang paling nyaman dibandingkan semua DualShock sebelumnya.

Oh ya, kami juga sarankan kalian memiliki setidaknya satu DualShock 4 ini, meskipun belum ada PS4-nya. Karena kontroler keren ini begitu cepat dukungan kompatibilitasnya, dan saat ini bisa berhubungan dengan Android, Windows, serta Max OS X.

Untuk melakukan pairing dan koneksi DualShock 4 dengan PS3, kalian bisa melihat melalui video berikut:

[youtube id="96gBAJv0DvI"]

  1. Pilih "Manage Bluetooth Devices" dalam "Accessory Settings" di menu setting PS3.
  2. Pilih "Register New Device," kemudian mulai lakukan scan bluetooth PS3.
  3. Sembari memindai bluetooth, tekan dan tahan tombol share dan tombol PS pada DualShock 4 bersamaan, sampai light bar mulai berkedip.
  4. Kini PS3 seharusnya mendeteksi kontroler tersebut yang muncul sebagai "Wireless Controller.'
  5. Pilih kontroler dan selesaikan pairing.

Sumber: Reddit

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU