#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret

Dalam Fatal Frame V... demonya saja serem, bagaimana gamenya nanti ya...

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret

Pertengahan Juli 2014 lalu Tecmo Koei mengkonfirmasiman Fatal Frame baru yang berjudul Fatal Frame V: The Black Haired Shrine Maiden, atau Zero: Nuregarasu no Miku. Kini selama TGS 2014 kami mendapatkan detail lainnya karena game ini menjadi salah satu yang didemokan selama TGS 2014, termasuk juga sebuah trailer bari yang dibawa Nintendo selama event. Mengingat gamenya bakal munul minggu depan di Jepang, yaitu tanggal 27 September, maka ini adalah kesempatan terakhir untuk mencobanya sebelum memutuskan untuk membeli game tersebut. Pertama, lihat saja dulu trailer terbarunya berikut ini:

[youtube id="LBrpN8v82O0"]

Sedikit mengenai trailer: Ren Houjou, mengunjungi gunung Hikami untuk mencari tambahan materi untuk buku barunya, justru tertarik pada ritual yang terjadi di sana. Trailer menunjukkan ketika Shiragiku menyambutnya, seakan sudah menanti kehadiran Ren.

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret Wanita berambut hitam ini sepertinya sangat penting di tengah cerita, dan menyimpan misteri besar.[/caption]

Trailer tersebut juga menunjukkan bagaimana gunung tersebut sepertinya menyembunyikan banyak misteri, mulai wanita berambut hitam yang kami ungkapkan dalam tulisan sebelumnya, dan dia menjadi pusat cerita, kemudian hubungan dengan game sebelumnya adalah ternyata gadis yang dianggap hilang dalam tulisan kami sebelumnya, tidak lain juga adalah putri dari karakter utama Fatal Frame sebelumnya. Makin menarik, dan membuat kami bertanya-tanya, di akhir trailer, Miu melihat seorang wanita berkostum tradisional seperti wanita beambut hitam, dan memanggilnya sebagai ibu.

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret Cocok untuk Wii U, karena dengan layar keduanya, kalian tidak perlu ribet buka-buka menu atau map untuk melihat peta. *memangnya Dora, harus berhenti dan buka peta*[/caption]

Seperti seri sebelumnya, untuk menghadapi para hantu dalam game ini kalian akan menggunakan senjata ikonik Camera Obscura, peralatan utama yang akan digunakan oleh protagonis Yuuri Kozukata untuk melawan roh-roh yang ingin mengganggumu. Dia mendapatkan Camera Obscura dari Hisoka Kurosawa (disuarakan oleh Atsuko Tanaka), pemilik Kurosawa Antiques Shop, dan memiliki keahlian kagemi. Keahlian yang sama yang juga dimiliki Yuuri, dan memungkinkannya untuk melihat rahasia sebuah obyek ketika mengendalikannya, namun juga diperlukan usaha mengikuti bayangan masa lalu, dari benda atau makhluk hidup hilang yang ingin dicari.

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret Hantu jahat dalam game ini memang nakal, mereka tetap saja bisa menarik karaktermu. Untuk menyerangnya, gunakan kamera. Tepat mengenai sasaran bisa berujung pada jepretan combo.[/caption]

Sedangkan untuk Yuuri, dia (atau kita yang mengendalikannya) perlu memegang kamera tersebut dan memotret pada timing yang tepat dibutuhkan untuk melukai musuh, terutama kalian membutuhkan timing yang tepat untuk menyerang dan melukai mereka, agar menghasilkan kesempatan melakukan serangan kombinasi. Ditambah lagi kini kamera tersebut akan kalian gunakan lebih banyak selama penjelajahan karakter, seperti untuk mengetahui keberadaan obyek yang tidak bisa dilihat dengan lensa mata manusia.

Semua aktivitas menggunakan Camera Obscura tersebut akan dibantu sepenuhnya oleh GamePad Wii U. Ketika kalian mengangkatnya (menempatkan kontroler seakan berhadapan dengan televisi, atau sejajar dengan mata kalian), akan memunculkan viewfinder di atas interface permainan. Untuk mencapai sudut pengambilan foto yang pas, kalian tinggal memiringkan GamePad. Berikut beberapa screenshot yang menunjukkan ketika kalian mencoba menangkap foto para hantu.

[gallery columns="4" link="file" ids="163539,163540,163541,163542"]

Selama demo TGS 2014 kami juga mendapati satu fitur yang disebut "Wetness Meter." Selama permainan, terkadang ada kondisi hujan yang akan membasahi karaktermu. Saat itulah Wetness Meter terisi, dan bakal memberi efek positif dan negatif. Makin basah karakter, daya serang Camera Obscura makin besar. Namun kondisi basah juga memicu meningkatnya rasio encounter dengan roh jahat, sekaligus juga meningkatkan damage serangan mereka. Sisi baiknya jika serangan musuh mengenai karakter, juga akan mengisi meter tadi. Kondisi basah tersebut akan berangsur-angsur mengering. Ingin cepat kering, gunakan Purification Fire.

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret Menggunakan Camera Obscura, kalian bisa melihat lebih jelas ada apa dibalik banyak obyek menyeramkan yang tersebar di sepanjang game ini.[/caption]

Kemudian karakter juga bisa menderita status merugikan yang disebut Yominure, dan didapatkan ketika diserang musuh yang sudah berubah menghitam, atau ketika karakter mendapatkan serangan-serangan khusus lainnya. Ketika menderita Yominure, maka pertahanan karakter menurun, dan daya pandangnya juga berkurang, bahkan health-nya pun makin cepat terkuras. Kondisi tersebut hanya bisa dipulihkan dengan mengalahkan semua musuh di sekitar area atau menggunakan item Purification Fire.

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret Shirazu Forest (unknown forest), salah satu lokasi di Mount Hikami. Menjadi terkenal sejak sering menjadi lokasi bunuh diri. Walaupun dikelilingi pagar yang tinggi, namun tetap saja banyak yang diam-diam memasukinya. Rumor juga menyebutkan hutan ini menjadi lokasi bersembunyi para pembunuh.[/caption]

Karakter juga memiliki kemampuan untuk melihat lebih dalam ke kehidupan sebelumnya para arwah penasaran dan mengetahui bagaimana mereka bisa meninggal, dengan cara melakukan kontak fisik dengan mereka. Hal itu kalian lakukan dengan cara, setelah makhluk halus itu kalian serang menggunakan Obscura, dan mereka nyaris "tewas" untuk kedua kalinya sebagai arwah. Atau kalian bisa menyentuhnya selama melakukan serangan spesial. Jika kalian sukses, kalian bisa mengalahkan hantu tersebut, tidak peduli seberapa besar health-mereka (ya, hantu pun punya health!). Sebagian besar hantu memiliki masa lalu sendiri, dan kalian bisa mengumpulkan scebe yang berisi kisah hidup bagaimana mereka tewas. Dan berikut trailer sebelumnya, dan juga TV Spot game ini.

[youtube id="djXseay5FFM"]

[youtube id="vp8vufaYCD0"]

[youtube id="WcZPUKbGIMQ"]

Karakter yang Sudah Dikonfirmasikan

[gallery link="file" ids="163546,163547,163548,163549,163550,163551"]

Informasi terbaru yang kami dapatkan adalah mengenai karakter game ini. Selain Yuuri yang sudah kami ulas sebelunnya, ada Miu Hinasaki (disuarakan Riku Wakusawa), gadis yang sebelumnya dinyatakan hilang dan dicari oleh karakter, serta Ren Houjou (disuarakan oleh Tatsuhisa Suzuki), seorang pria yang menyelidiki karya ilmiah seorang ahli etnolog (ilmu mengenai hubungan antara ras-ras manusia). Ren adalah seorang penulis yang sedang mengalami kesulitan, dan teman lama Hisoka serta Yuuri.

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret

Karakter lainnya adalah Haruka Momose (disurarakan Haruka Tomatsu), teman sekolah Fuyuhi Himino (seiyuu-nya Asaka Imai) yang pergi ke Kurosawa Antiques Shop untuk diramal oleh Hisoka. Ada suatu rahasia antara dia dengan Fuyuhi, dan karena itulah dia berangkat ke Mount Hikami, dan Fuyuhi pun harus mencarinya. Namun Fuyuhi pun juga berakhir sama seperti yang lainnya, menghilang secara misterius di Mount Hikami.

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret

Ada seorang Hinasaki sebagai karakter, tidak heran kita juga mendapati Miku Hinasaki (disuarakan Riku Wakusawa) akan kembali dalam gam ini. Karakter utama Fatal Frame, dan salah satu karakter Fatal Frame III ini hamil setelah game ketiganya, dan berhenti menjadi asisten Rei (karakter utama Fatal Frame III), kemudian memutuskan membesarkan putrinya, Miu, sendirian. Namun Miku juga menghilang saat Miu berusia tiga tahun, dan putrinya itu yang kini sudah dewasa berusaha mencarinya. Tujuannya jelas, Hikami, yang dianggap menjadi lokasi terbaik yang dituju oleh manusia yang memilih untuk mati, dan bisa menyeberang ke dunia roh dengan mudah melalui Hikami.

#TGS2014 Ternyata Berhantu! Berikut Sebagian Arwah Gentayangan yang Kami Jepret

Dan karakter terakhir yang kami ketahui adalah Shiragiku (seiyuu-nya Natsumi Takamori), gadis kecil berambut putih yang muncul di sekitar shrine dengan banyak boneka, Katashiro Shrine, yang berada di Shirazu Forest, salah satu lokasi di Mount Hikami. Dia memiliki boneka tanpa wajah bernama hitogatami, yang sepertinya mampu membaca pikiran manusia. Seperti terlihat pada trailer terbarunya, dia melakukan semacam ritual dan melempatkan dirinya ke dalam kotak yang dipenuhi air.

Yuuri Kozukata bekerja di Kurosawa Antiques Shop Yuuri Kozukata bekerja di Kurosawa Antiques Shop. Kafe sekaligus toko barang antik, sekaligus juga tempat tinggal Yuuri. Dimiliki Hisoka Kurosawa. Para tamu yang datang kebanyakan ingin diramal, atau meminta bantuan untuk menemukan item (sampai manusia) yang hilang.[/caption]

Kami juga mengetahui theme song game ini berjudul Hi​ganbana, yang juga akan kalian dapati dalam original soundtrack-nya. Lagu tersebut dinyanyikan AnJu. Sedangkan theme song lainnya adalah In This Cage yang dinyanyikan oleh Tsukiko Amano. Preview Higanbana bisa kalian dengarkan melalui tautan di bawah:

[youtube id="gZWM-QiKzYg"]

[gallery columns="4" link="file" ids="163553,163554,163555,163556,163557,163558,163559,163560,163561,163562"]

Duniaku Network adalah media partner #TokyoGameShow untuk Indonesia

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU