Nintendo Akan Cabut Region Lock dari Wii U dan 3DS?

Akhirnya, Nintendo pertimbangkan untuk hapus region lock!

Nintendo Akan Cabut Region Lock dari Wii U dan 3DS?

Dewasa ini hanya Wii U dan 3DS yang masih menggunakan region lock. Para kompetitor, seperti Xbox One, PlayStation 4, dan PlayStation Vita pun sudah meninggalkan sistem usang ini. Ini berbanding terbalik dengan konsol-konsol Nintendo sebelumnya yang tidak pernah terkunci region.

Region lock sendiri adalah suatu sistem yang mengunci sebuah konsol dengan software dari region tertentu. Konsumen yang memiliki konsol region Jepang hanya dapat memainkan game-game dari region Jepang. Tentu saja ini adalah hal yang sangat menjengkelkan bagi mereka yang suka membeli game impor.

Berbagai protes dan kampanye dari pengguna konsol Nintendo sudah dilakukan. Salah satunya adalah lewat change.org, di mana para fans Nintendo ini telah mengumpulkan 19,000 tanda tangan agar Nintendo menghapus region lock. Petisi serupa juga dilakukan di jejaring sosial Nintendo sendiri, yaitu MiiVerse, berupa gambar-gambar dari fans.

Nintendo Akan Cabut Region Lock dari Wii U dan 3DS?

Sepertinya Nintendo mulai berubah pikiran, karena begitu banyak fans yang tidak setuju akan fitur proteksi ini.

Zelda Informer mengungkapkan pada sesi tanya jawab dengan para investor, Satoru Iwata selaku Presiden Direktur Nintendo mengatakan bahwa salah satu alasan Nintendo memasang fitur region lock adalah berdasarkan permintaan dari publisher. Region lock diciptakan untuk menanggulangi berbagai urusan, seperti masalah konten di satu region yang mungkin saja bermasalah di region lainnya, konten yang terkait dengan rating di satu region, atau juga karena ada berbagai kendala di bagian marketing. Namun apapun alasannya, jika region lock ini memang tidak menguntungkan bagi konsumen, tentunya hal ini juga bisa berdampak bagi produsen. Pencabutan region lock sudah dipertimbangkan oleh Nintendo, dan tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti Nintendo akan meninggalkan sistem proteksi ini.

Nintendo Akan Cabut Region Lock dari Wii U dan 3DS? Sotaru Iwata[/caption]

Hal ini tentu saja merupakan kabar baik, mengingat banyak game berkualitas yang hanya dirilis untuk region tertentu. Ditambah lagi alasan-alasan yang dikemukakan Nintendo bisa dibilang bukan merupakan hal yang memuaskan. Apalagi kompetitor mereka, yaitu Sony dan Microsoft, sudah tidak lagi memberlakukan region lock di konsolnya. Hal ini diyakini juga bisa meningkatkan sales Nintendo Wii U (baca: Penjualan Wii U Jauh Dari Ekspetasi, Nintendo Pangkas Target Hingga 70%).

Yap, semoga saja dalam waktu dekat Nintendo menghapuskan region lock untuk Wii U dan 3DS.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU