Berbagai Karya Film Pendek akan Membanjiri HelloFest 10 Anima Expo

HelloFest 10 Anima Expo Dibanjiri Film Pendek 8 Detik!

Berbagai Karya Film Pendek akan Membanjiri HelloFest 10 Anima Expo

Berbagai Karya Film Pendek akan Membanjiri HelloFest 10 Anima Expo

HelloFest 10 memang telah dikabarkan akan kembali hadir di tahun ini, tepatnya pada tanggal 22-23 November 2014, di Tennis Indor & Plaza Barat Senayan, Jakarta. Pagelaran yang telah dilangsungkan selama 1 dekade ini, memang sangat dinanti-natikan oleh para pecinta festival pop culture. Para pelaku industri kreatif pun juga turut menantikan festival ini, selain dapat memperkenalkan karya mereka kepada publik, di festival ini juga bisa menjadi ajang tempat bertukarnya ilmu serta informasi seputar animasi dan pop culture lainnya.

Keantusiasanpun terlihat, banyaknya tumpukan amplop berwarna cokelat ukuran A4 yang membanjiri meja panitia penyelengara. Amplop tersebut berisikan kepingan DVD lengkap dengan formulir pendaftaran. Ada seribu lebih karya yang masuk di database panitia lomba film pendek dan animasi HelloFest 10 Anima Expo untuk tahun ini. "Kami sungguh kaget dengan antusias para sineas muda Indonesia, dan ajang kali ini mendapatkan jumlah pengirim film pendek terbanyak sepanjang event ini diadakan sejak tahun 2004," ujar festival director HelloFest, Arie Octaviani.

Gagasan awal HelloFest merupakan sebagai acara perayaan bagi alumni lulusan HelloMotion Academy untuk memamerkan karya tugas akhirnya, namun seiring waktu telah menjadi salah satu ajang bergengsi tingkat nasional yang mana partisipan tidak hanya berasal dari kota Jakarta, Bandung atau Jogjakarta saja namun sineas asal Lamongan, Ambarawa, Lampung, Padang, Palembang, Denpasar, Ungaran, Bengkulu hingga Pontianak turut berpartisipasi. –

Ide penyelenggaraan kompetisi film pendek sejak sepuluh tahun berjalan, memang diakui tidak mudah dan tidak murah. Belum banyak pihak sponsor maupun pemerintah yang mengerti pentingnya kegiatan ini, namun HelloFest tetap mempertahankan idealismenya untuk terus mengagendakannya dan dampaknya jumlah karya yang masuk terus menerus membludak. "Lewat tempat ini, kami ingin terus membakar semangat anak muda agar selalu berani mengekspresikan pemikiran dan pendapatnya lewat medium video dan animasi," tutur Arie.

Tahun ini, jumlah film pendek yang masuk untuk kategori non animasi berjumlah 220 (dua ratus dua puluh) karya, kategori animasi berjumlah 172 (seratus tujuh puluh dua) karya dan yang cukup mencengangkan adalah kategori Film 8 Detik Pas! yang berjumlah 631 (enam ratus tiga puluh satu) karya. Walaupun kategori Film 8 Detik Pas! baru diselenggarakan tahun lalu, namun tingkat antusiasmenya terbilang sangat tinggi. Hasil ini sejalan dengan pemikiran HelloFest bahwa era sekarang, publik sudah terbiasa dengan perangkat online seperti handphone atau tablet yang memuat konten dengan akses cepat; salah satunya konten visual berisi storytelling dengan durasi singkat.

Berbagai Karya Film Pendek akan Membanjiri HelloFest 10 Anima Expo

Berbagai film yang masuk tidak hanya berhenti di event HelloFest, namun panitia sudah berinisiatif memperkenalkan ke ajang festival film internasional. Sejak tahun 2008, HelloFest menjadi komite perwakilan Indonesia dalam event apresiasi seni visual tingkat asia yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang bernama Asiagraph. Lebih dari 12 penghargaan di Asiagraph telah diraih oleh partisipan HelloFest. September 2014, pihak HelloFest juga mendapatkan kesempatan untuk memutar koleksi terbaik dari Indonesia di festival film pendek terbesar di Inggris yaitu Encounters Festival. "Ini adalah komitmen kami untuk memperkenalkan budaya Indonesia agar kami juga turut diperbincangkan di komunitas film pendek dan animasi tingkat internasional," ujar Wahyu Aditya, penggagas dan chairman HelloFest.

Berbagai Karya Film Pendek akan Membanjiri HelloFest 10 Anima Expo

Salah satu karakteristik HelloFest adalah dalam mempertontonkan karya partisipan di hadapan publik. Umumnya sebuah festival film menayangkan di ruang bioskop dengan jumlah tempat duduk tidak lebih dari 500 orang. Konsep HelloFest adalah ingin menyajikannya dalam suasana seperti pertunjukan konser, dihadiri oleh banyak penonton. “Sineas selalu mendapatkan sensasi yang menyenangkan dan susah dilupakan ketika film mereka ditayangkan dihadapan ribuan mata," ujar founder HelloFest yang kerap disapa Waditya. "Tahun lalu ada 4.000 orang menonton dan merayakan film pendek di kolam renang Senayan, kali ini kami akan membuat lebih nyaman lagi dengan menggunakan Tennis Indoor Senayan," imbuhnya.

Berbagai Karya Film Pendek akan Membanjiri HelloFest 10 Anima Expo

HelloFest juga mengundang beberapa pakar dari luar negeri untuk duduk sebagai juri dalam kompetisi film pendek ini. Antara lain Bastien Dubois dari Perancis yang pernah masuk nominasi Piala Oscar untuk kategori film pendek dan Aki Isoyama, seorang programming manager dari Short Shorts Film Festival & Asia Tokyo Jepang, sebuah festival yang sudah menjadi salah satu qualifying festival untuk Academy Award.

Pemutaran finalis akan dilakukan pada tanggal 22 November 2014, sedangkan untuk seremoni dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 23 November 2014. Seluruh aktivitas HelloFest 10 Anima Expo diselenggarakan di Tennis Indoor dan Plaza Barat Senayan Jakarta. Bagi kamu yang mungkin bingung mau menghabiskan akhir pekan kemana, mungkin festifal Hellofest 10 ini bisa menjadi pilihan yang pantas untuk kalian kunjungi. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa melihatnya disini!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU