7 Mecha Super Besar Ini Akan Membuatmu Terlihat Sangat Kecil dan Menyedihkan!

Manusia ternyata benar-benar kecil!

7 Mecha Super Besar Ini Akan Membuatmu Terlihat Sangat Kecil dan Menyedihkan!

Setelah saya sebelumnya menemukan perbandingan ukuran Gundam (Baca: Membandingkan Tinggi Gundam, Gundam Apakah Yang Terbesar?), saya mulai berpikir apakah Gundam adalah mecha terbesar yang pernah dibuat?

Saya pun tergelitik untuk mencari informasi lebih jauh lagi mengenai hal ini. Dan berikut ini adalah 7 Mecha terbesar dari berbagai anime yang pernah ada.


[page_break no="7" title="ELS (Mobile Suit Gundam 00: Awakening of Trailblazer)"]


7 Mecha Super Besar Ini Akan Membuatmu Terlihat Sangat Kecil dan Menyedihkan!ELS atau singkatan dari Extraterrestrial Living-Metal Shape-Shifters adalah sebuah lifeform yang muncul dalam anime Mobile Suit Gundam 00 The Movie – Awakening of the Trailblazer-. Alien robot hidup ini sebenarnya bukanlah sebuah individu, melainkan sekumpulan alien yang bergabung menjadi satu. Ukurannya mencapai 3.000.000m.


[page_break no="6" title="Liber Legis (Deus Machina Demonbane)"]


7 Mecha Super Besar Ini Akan Membuatmu Terlihat Sangat Kecil dan Menyedihkan!

Muncul dalam anime Deus Machina Demonbane atau dalam versi Jepang berjudul Kishin Houkou Demonbane yang tayang pada 18 Mei 2006 hingga 17 Agustus 2006 lalu. Liber Legis adalah sebuah Deus Machina dalam Pnakotic Manusripts dan juga Outer God Zs-a Wia (semacam dewa) yang memiliki tinggi 5.550.000m.


[page_break no="5" title="Diebuster (Diebuster)"]


7 Mecha Super Besar Ini Akan Membuatmu Terlihat Sangat Kecil dan Menyedihkan!Diebuster berasal dari anime Diebuster, known in Japan as Aim for the Top 2 yang merupakan sekuel dari Gunbuster.  Dikendarai oleh seorang cewek ceroboh bernama Nono, Diebuster memiliki tinggi hingga 10.000.000m. Untungnya, cewek ini tidak terlalu ceroboh hingga sampai tidak sengaja menghancurkan sebuah planet -termasuk bumi.


[page_break no="4" title="Z-Master (GaoGaiGar)"]


7 Mecha Super Besar Ini Akan Membuatmu Terlihat Sangat Kecil dan Menyedihkan!Muncul dalam anime The King of Braves GaoGaiGar (Yūsha Ō GaoGaiGā atau disingkat GaoGaigar) yang rilis pada tahun 1997. Z-Master adalah form kombinasi dari Zonder Master Program yang diciptakan orang-orang Purple Planet (Murasaki no Hoshi). Ukurannya mencapai 40.000.000 meter!


[page_break no="3" title="Unicron (Transformer)"]


7 Mecha Super Besar Ini Akan Membuatmu Terlihat Sangat Kecil dan Menyedihkan!Transformer terbesar yang pernah ada. Memiliki tinggi hingga 90.000.000m (sembilan puluh juta meter). Unicron bisa dibilang adalah Galactus-nya Transformers Universe, berkelana dari satu tempat ke tempat lain dan memakan setiap plante yang dia lewati.  Dalam Transformers, Unicron digambarkan sebagai dewa kekacauan dan terkadang sering menggunakan Decepticon untuk membantunya dalam melakukan sesuatu.


[page_break no="2" title="Getter Emperor (Getter Robo Saga)"]


Getter-Robo-Bible-005_EmperorGetter Emperor adalah sebuah makhluk (sebagian mengatakan mesin, sebagian monster, dll) berukuran raksasa yang dideskripsikan sebagai evolusi terakhir dari Getter. Dengan kekuatannya yang luar biasa, dia menyerap matter dari seluruh universe secara perlahan. Untungnya, dalam anime Getter Robo Saga, makhluk ini bisa dibilang netral. Tingginya saat ini mencapai 12.000.000.000.000m dan masih tumbuh lebih besar lagi.


[page_break no="1" title="Super Tengen Toppa Gurren Laggan (Tengen Toppa Gurren Laggan)"]


7 Mecha Super Besar Ini Akan Membuatmu Terlihat Sangat Kecil dan Menyedihkan!Yep, tidak salah lagi, Super Tengen Toppa Gurren Laggan adalah mecha terbesar yang pernah diciptakan. Bersiaplah, tarik nafas dalam-dalam sebelum kamu membaca ukuran yang super-duper tidak masuk akal dari mecha ini. Siap?

1.500.000.000.000.000.000.000.000.000m atau 150 Miliar tahun cahaya!

Yep, seribu lima ratus triliun triliun meter!

Dan jika kamu berpikir itu sudah paling besar, nyatanya senjata dari Super Tengen Toppa Gurren Laggan yang bernama Super Tengan Toppa Giga Drill memiliki ukuran lebih besar lagi: 1.5 triliun tahun cahaya atau 15.000.000.000.000.000.000.000.000.000 meter! (Lima ribu triliun triliun meter).

Wew, tak pernah saya kebingungan membaca banyak sekali angka nol setelah dulu pernah membaca angka nol pada total berat palu Thor. (Baca: Seberapa Beratkah Palu Thor?)

Bingung membandingkan ukurannya? Tenang saja, berikut ini ada sebuah video milik akun MetroidSuperFan"> yang membandingkan ukuran-ukuran tersebut:

[youtube_embed id="7CXNa_m52r0"]

Manusia ternyata benar-benar kecil ya?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU