Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya!

Sebagai salah satu event komik, cosplay, dan hobi terbesar di Surabaya, Chocodays sukses besar dalam perhelatan keempatnya!

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya!

Jakarta memang boleh lah menjadi salah satu pusat event-event popculture di Indonesia (baca: 3 Event Besar Ramaikan Minggu Ini! Pilih yang Mana, ya?) . Anime Festival Indonesia (AFA) (baca: Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014), HelloFest, STGCC, GDG (baca: Game Dev Gathering 2014, Bukan Sekedar Event Kumpul-kumpul Biasa!), hampir semuanya ada di Jakarta. Nah Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia tentunya juga bukan berarti tidak ramah dengan event-event serupa. Salah satu-nya adalah yang paling sukses di edisi keempatnya, yakni Chocodays 2014! (baca: Chocodays Siap Mengguncang Surabaya!)

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya!

Perhelatan yang sempat dikabarkan pula oleh jurnalisme masyarakat Surabaya E100 membuat macet Surabaya ini mengundang hingga ribuan pengunjung yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Balikpapan, hingga kota-kota di sekitar Surabaya semuanya membaur menjadi satu dalam event Chocodays ini. Mereka semua menikmati berbagai suguhan acara, mulai dari musik band, dance cover, cosplay, dan lomba-lomba seperti komik, fotografi, live drawing, dan karaoke. Setiap lomba tersebut memiliki juri-juri yang tidak kalah keren.

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya! Pemenang lomba cosplay bersama juri dari One OK Cosplay Team[/caption]

Misalnya saja di perlombaan cosplay mendatangkan juri Ryan dan Dharma. Keduanya merupakan jawara cosplay internasional (baca: Lagi-Lagi Indonesia Memperoleh Gelar Juara 3 Dunia !) Juri lainnya juga merupakan teman-teman cosplay di sekitar Surabaya yang kemampuannya meracik pakaian juga tidak kalah hebat. Teman-teman dari juara dunia cosplay lainnya (baca: Salute! Indonesia Sabet Juara III pada World Cosplay Summit 2012!) juga tampak datang menghadiri untuk sekedar menikmati kemeriahan Chocodays 2014.

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya! Para pemenang J-Dance Cover bersama Sara Tousa Bao[/caption]

Lomba J Dance Cover juga tidak kalah seru. Lomba yang mengundang banyak sorak-sorai penonton ini tidak hanya diikuti oleh para dancer penggemar Jepang. Bahkan tim-tim yang biasa mencoverkan tarian-tarian modern Korea juga ikut unjuk gigi menarikan tarian dengan musik-musik Jepang. Seperti yang terlihat di gambar atas, Sara Tousa Bao, salah satu cosplayer internasional dari Singapura yang juga menjadi daya tarik Chocodays ikut menyerahkan hadiah ke para pemenang J Dance Cover.

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya! Para pemenang lomba komik[/caption]

Lomba komik juga tidak kalah seru. Dengan tema safety riding, dua jari kenamaan yakni Is Yuniarto yang merupakan komikus terkenal Indonesia serta Agung Prasetyo yang berasal dari Stargazer Atelier Surabaya diharuskan menilai banyak hasil gambar peserta yang keren-keren. Teman-teman bisa membacanya disini.

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya! Para pemenang lomba karaoke dengan salah satu jurinya Hiroaki Kato[/caption]

Lomba karaoke lagu-lagu Jepang merupakan salah satu yang terkeren pula di Chocodays. Mengundang Hiroaki Kato, penyanyi asal Jepang yang menyukai lagu-lagu Indonesia seperti Laskar Pelangi dan Ruang Rindu, lalu Catch Sangadji, jawara karaoke internasional di Jepang, serta Rosana Sari dari Malang. Aksi mereka bertiga diatas panggung juga tidak kalah dengan para peserta, sorak sorai penonton memenuhi panggung acara.

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya! Bearguy Cosplay Competition oleh Arek Gundam Surabaya[/caption]

Selain dari lomba-lomba yang saya sebutkan diatas, masih ada lomba-lomba lain yang belum pernah ada sebelumnya. Misalnya lomba Henshin ala Kamen Rider yang bekerja sama dengan komunitas lokal. Lalu ada Bearguy Cosplay Competition, yakni mendandani gunpla Bearguy sekreatif mungkin. Lalu ada pula lomba fotografi cosplay yang terbagi dari tiga pemenang, yakni best angle, best lighting, dan best character.

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya! Foto pemenang Best Lighting[/caption]

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya! Foto pemenang Best Angle[/caption]

Chocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya! Foto pemenang Best Character Capture[/caption]

Chocodays akan dilaksanakan setiap tahunnya di kota pahlawan Surabaya. Jadi bersiap-siaplah teman-teman pecinta popculture Jepang dimanapun kalian berada, karena Chocodays nanti tidak akan kalah seru dengan event-event seperti HelloFest dan STGCC!

sumber: Chocodays

ARTIKEL TERBARU