Ngakak! Situs Daily Mail Salah Nyebutin Indonesia Jadi Filipina!

Waduh, ini pasti ulah Gorgom :v

Ngakak! Situs Daily Mail Salah Nyebutin Indonesia Jadi Filipina!

Entah karena kurang pengawasan atau dibiarkan begitu saja, Daily Mail sebagai salah satu situs berita ternama dari Inggris ini melakukan blunder dengan menggambarkan wilayah Indonesia dengan nama Filipina! Coba teman-teman perhatikan gambar berikut yang terdapat dalam salah satu artikel di bagian sains.

Ngakak! Situs Daily Mail Salah Nyebutin Indonesia Jadi Filipina!

Sejak kapan kepulauan Indonesia kita ini berubah nama menjadi Filipina. Sebenarnya maksud dari artikelnya sendiri sudah sangat bagus. Di dalam isinya, artikel ini menceritakan mengenai penemuan salah satu kumbang di Bali yang selanjutnya diberi nama pemerhati lingkungan dari Inggris. Tetapi ternyata kumbang jenis baru lainnya ini tidak hanya satu, sebanyak 98 jenis spesies serangga baru ini ditemukan oleh gabungan ilmuwan dari luar negeri dan Indonesia. Sayangnya kenapa gambarnya bisa salah seperti itu. Bahkan beberapa komentar-pun mengiringi kesalahan gambar tersebut.

Ngakak! Situs Daily Mail Salah Nyebutin Indonesia Jadi Filipina!

Komentar pertama menyebutkan bahwa geografer yang bekerja di DailyMail tampaknya sedang keluar. Makanya bisa terjadi kesalahan. Tapi komentar tersebut lebih terdengar seperti sindiran ringan. Komentar kedua cukup menyenangkan, ada pengunjung yang selalu ingin untuk melakukan perjalanan ke pulau Sulawesi. Nah yang ketiga ini langsung 'menonjok' langsung DailyMail. Tampaknya salah satu situs berita populer ini dianggap hanya mementingkan yang mengklik halaman mereka. Mereka tidak peduli isinya, bahkan menurut komentator terakhir ini DailyMail seringkali memajang berita-berita tidak penting. Ia menganggap bahwa hanya kolom komentar yang didesain cukup baik sehingga membuat orang kembali ke berita tersebut.

Sayang sekali memang situs sebesar DailyMail yang menjadi rujukan banyak media lainnya bisa seperti ini. Hal ini bisa menjadi bahan pembelajaran juga bahwa media perlu untuk melakukan editing secara rutin untuk menghindari ataupun memperbaiki berita-berita yang dituliskan sehingga informasi yang masuk tidak salah dan sesuai.

sumber: [outbound_link text="DailyMail" link="http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2885114/Indonesian-beetle-named-Sir-David-Attenborough-Insect-latest-creature-dedicated-broadcaster.html"]

ARTIKEL TERBARU