Jangan Main Versi Bajakan dari Game ini Kalau Gak Mau Keki!

Lampu merah buat kalian yang suka main game bajakan di PC...

Jangan Main Versi Bajakan dari Game ini Kalau Gak Mau Keki!

Jangan Main Versi Bajakan dari Game ini Kalau Gak Mau Keki!

Beberapa developer punya cara kreatif untuk "menghukum" gamer yang membeli versi bajakan dari game yang mereka kembangkan. Sebut saja seperti EA yang menghukum para gamer bajakan dengan membuat layar game menjadi pixelated, bukan hanya di bagian pribadi Sims mereka seperti biasanya melainkan di seluruh bagian layar sehingga mengganggu permainan (baca: Jangan Beli Versi Bajakan dari The Sims 4 Kalau Kamu Tidak Mau Mengalami Hal Ini). Atau seperti Game Dev Tycoon, dimana jika kamu memainkan versi bajakan dari game ini, maka game yang kamu buat dalam game ini juga akan dibajak juga (baca: Download Versi Bajakan dari Game Dev Tycoon dan Game Buatan Kamu Akan Dibajak Juga!). Kali ini, giliran Croteam yang menerapkan cara kreatif untuk menghukum gamer yang memainkan game besutan mereka, The Talos Principle.

Jangan Main Versi Bajakan dari Game ini Kalau Gak Mau Keki!

Cara yang diimplementasikan oleh Croteam ini pasti akan membuat gamer bajakan "keki" dan akhirnya terpaksa untuk membeli versi originalnya agar bisa terus main. Betapa tidak, jika kamu memainkan versi bajakan dari game ini, maka di awal game kamu akan terjebak dalam sebuah elevator dengan dinding bertuliskan QR Code. Kamu tidak bisa keluar dari elevator ini selamanya, dengan artian kamu tidak bisa melanjutkan permainanmu lagi! Bagi yang membeli versi originalnya, tentu saja tidak mengalami masalah, dan bisa keluar dari elevator dengan selamat untuk melanjutkan petualangan dengan memecahkan misteri dari QR Code tersebut...

Jangan Main Versi Bajakan dari Game ini Kalau Gak Mau Keki!

Sistem anti piracy dari Croteam ini pertama kali ditemukan oleh seorang user di NeoGAF bernama Ryo Hazuki, dan publisher dari The Talos Principle pun mem-posting keluhan tersebut di akun Twitter mereka, yang menandakan sepertinya memang benar bahwa Croteam mengimplementasikan anti piracy tersebut.

https://twitter.com/devolverdigital/status/549281267406348288

Croteam sendiri bukan pertama kali ini saja mengimplementasikan anti piracy yang kreatif. Sebelumnya saat mengembangkan Serious Sam 3, mereka menghukum para gamer bajakan dengan menghadirkan musuh-musuh yang bergerak dengan sangat cepat dan kebal dari serangan. Menyebalkan bukan?

Jadi, jangan lupa untuk selalu main versi original ya!

[Sumber: Kotaku/NeoGAF]

ARTIKEL TERBARU