15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Kamu bisa langsung mainkan game-game-nya gratis!

15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Penyelenggaraan Global Game Jam (GGJ) 2015 di Surabaya menjadi penyelenggaraan dengan jumlah jammer (peserta) terbanyak diantara jam site (tempat penyelenggaraan) lain di seluruh Indonesia. Tercatat, ada sekitar 66 peserta yang hadir dalam GGJ 2015 Surabaya, yang menghasilkan 15 game. Yang menarik, satu diantara 15 game ini bertipe board game dan juga ada dua game yang dikembangkan oleh panitia.

Nah, seperti apa kelima belas game buatan para jammer Surabaya ini? Simak di bawah ini! Oiya, kalian juga bisa memainkan game-game ini gratis lho!


[page_break no="1" title="Ball of Duty: Ghostly Survival"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Melihat judulnya mungkin kamu teringat akan Call of Duty. Bukan, game ini bukan menyajikan peperangan ala game tersebut, melainkan menyajikan petualangan sebuah bola pinball di sebuah area yang gelap. Mekanisme gameplay-nya mirip pinball, dan yang menarik adalah karena arenanya gelap, maka terkadang kamu tidak bisa melihat rintangan apa yang ada di hadapanmu.

URL Game: [outbound_link text="Ball of Duty: Ghostly Survival" link="http://globalgamejam.org/2015/games/ball-duty-ghostly-survival"]


[page_break no="2" title="BURU-BURUsh"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Karena mengusung tema What Do We Do Now, maka ada beberapa tim yang mengembangkan game dengan tema game jam. Salah satunya adalah BURU-BURUsh yang menggunakan gaya grafis pixel art ini. Dalam game ini, dua pemain bisa beradu saling cepat untuk menyelesaikan game jam dengan cara estafet ke rekan setimnya, sekaligus menghindari rintangan yang ada.

Play Now: [outbound_link text="BURU-BURUsh" link="http://gamejolt.com/games/arcade/buru-burush/46170/"]


[page_break no="3" title="Crackhead Bros!"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Sebuah game endless runner yang mengisahkan petualangan ekstrim dua kakak beradik. Dalam game ini, kamu harus membantu mereka untuk menuruni bukit menggunakan sepeda sembari menghindari rintangan-rintangan yang ada. Semakin lama, kecepatan mereka akan semakin bertambah dan tentunya jika jatuh atau terkena rintangan juga akan semakin "sakit". Namun semakin sakit, maka semakin terkenal pula aksi kedua bersaudara ini!

Play Now: [outbound_link text="Crackhead Bros!" link="https://db.tt/6cyl7kc3"]


[page_break no="4" title="Focus Jammers!"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Satu lagi tim yang mengembangkan game dengan tema game jam. Di game ini tujuanmu cukup simpel, kamu hanya perlu menjaga para jammer yang tengah nge-jam agar tidak ketiduran agar game jam yang mereka lakukan sukses dengan cara mengekliknya. Jika ada yang tertidur, maka dia sudah tidak bisa dibangunkan, dan game jam-mu akan gagal!

URL Game (Executable): [outbound_link text="Focus Jammers!" link="http://ggj.s3.amazonaws.com/games/2015/01/25/1640/FocusJammers.zip"]


[page_break no="5" title="Jam Blob"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Salah satu game yang dikembangkan oleh tim panitia. Dalam game ber-genre tower defense ini, kamu harus mencegah musuh untuk mencapai tower di tengah dengan cara menembakinya sesuai dengan warna musuh tersebut. Jika kamu menembak dengan warna yang salah, maka monster tersebut akan semakin besar dan tentu bisa menghasilkan damage lebih banyak untuk tower-mu!

URL Game (Executable): [outbound_link text="Jam Blob" link="http://globalgamejam.org/2015/games/jam-traffic-jam-blob"]


[page_break no="6" title="KaliBoat"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Sebuah game yang memerlukan dua orang untuk bermain. Dalam game ini, kamu akan memerankan dua bersaudara yang harus memungut sampah di sungai menggunakan sebuah perahu. Tapi awas, karena kamu harus menghindari bahaya-bahaya yang ada seperti buaya. Untuk memainkan game ini diperlukan harmonisasi gerakan antara dua pemain agar perahu bisa berjalan dengan baik. Bisa coba kamu mainkan bersama pasangan untuk mengetahui tingkat kecocokan kalian berdua. Hehe..

URL Game (Executable): [outbound_link text="KaliBoat" link="http://ggj.s3.amazonaws.com/games/2015/01/26/2342/Kaliboat_Play.zip"]


[page_break no="7" title="Little Town Hero"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Menjadi pahlawan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Beberapa diantaranya bisa kamu simak dalam Little Town Hero ini. Dalam game ini, kamu akan memerankan seorang pahlawan jalanan dengan berbagai macam tugas, mulai dari membantu nenek-nenek menyeberang, menunjukkan arah kepada turis, hingga melawan penjahat. Yang menarik, saat membantu kamu akan disuguhi dengan berbagai mini game sesuai dengan tugasmu.

URL Game (Source): [outbound_link text="Little Town Hero" link="http://ggj.s3.amazonaws.com/games/2015/01/25/0054/LTH.zip"]


[page_break no="8" title="Miner Flee"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Sebuah game yang menyajikan petualangan seorang pekerja tambang yang terjebak di sebuah pertambangan yang mirip labirin. Kamu diharuskan untuk membantunya keluar dari labirin tersebut, sembari mengalahkan musuh-musuh yang ada.

URL Game (Executable): [outbound_link text="Miner Flee" link="http://ggj.s3.amazonaws.com/games/2015/01/25/1634/MINER%20FLEE.zip"]


[page_break no="9" title="Save The Mummy"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Save the Mummy menyajikan sebuah game dengan grafis 3D yang mengisahkan sesosok mumi yang kelaparan. Untuk itu, dia harus mencari jalan menuju makanan yang diinginkannya. Namun sayang, jalan terpendek menuju makanan tersebut terdapat banyak rintangan. Tugasmu adalah memandu mumi tersebut untuk menghindari rintangan-rintangan yang ada.

URL Game (Executable): [outbound_link text="Save the Mummy" link="http://ggj.s3.amazonaws.com/games/2015/01/25/1621/savethemummy.zip"]


[page_break no="10" title="SubCle (Surabaya Clean)"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Sesuai dengan judulnya, game ini mengisahkan seorang pelajar yang ingin membersihkan Surabaya dengan mengambil sampah-sampah yang ada di jalanan. Tapi, dia juga harus berhati-hati dengan mobil yang lewat agar tidak tertabrak. Yang menarik, setiap sukses menyelesaikan sebuah level, maka kamu akan mendapatkan sedikit pengenalan mengenai beberapa landmark yang ada di Surabaya. Bermain sambil belajar!

URL Game (Source): [outbound_link text="SubCle" link="http://ggj.s3.amazonaws.com/games/2015/01/25/1702/ITS%20team.zip"]


[page_break no="11" title="Suro X Boyo"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Sebuah game mirip board game, dimana kamu harus memperebutkan satu trofi yang ada di tengah arena. Gameplay-nya turn based, sehingga dua pemain akan bergerak secara bergantian. Menggunakan Suro dan Boyo yang merupakan maskot kota Surabaya sebagai karakter utama, game ini menggunakan grafis 3D.

URL Game (Executable): [outbound_link text="Suro X Boyo" link="http://ggj.s3.amazonaws.com/games/2015/01/25/1707/suroXboyo.zip"]


[page_break no="12" title="The Choices"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Ini dia board game yang dihasilkan selama GGJ 2015 Surabaya. Sesuai dengan judulnya, pilihan dan keputusan masing-masing pemain sangat mempengaruhi jalannya permainan. Bukan hanya itu, tiap pemain juga dituntut untuk "membujuk" pemain lain agar mau mengikuti pilihannya, dan akhirnya berhasil mencapai tujuannya. Game yang bisa dimainkan hingga delapan orang ini sangat seru, meskipun di beberapa bagian masih kurang balance.

[youtube_embed id="GCDJq_UXEIs"]

URL Game: [outbound_link text="The Choices" link="http://globalgamejam.org/2015/games/choices-2"]


[page_break no="13" title="The Routine"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Setiap orang dan profesi memiliki rutinitas di jam-jam tertentu setiap harinya. Hal itulah yang mendasari pembuatan game ini, dimana tugasmu adalah untuk memandu setiap karakter di layar untuk menuju lokasi yang tepat sesuai jam yang tertera. Misalnya, jika ada seorang pelajar dan saat itu sedang pukul 08.00, maka tugasmu adalah membawanya ke sekolah. Konsep gameplay yang menarik!

Play Now: [outbound_link text="The Routine" link="https://googledrive.com/host/0B_2CLP95l4jDZVg3X3V2eGZPNDQ/Web.html"] 


[page_break no="14" title="Timeun Mas"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Nah, ini dia game yang menurut pengamatan penulis memiliki konsep gameplay paling menarik di GGJ 2015 Surabaya. Kamu akan memerankan Timun Mas (atau yang merupakan singkatan dari TIMeUN MASter) yang bisa kembali ke masa lalu untuk menanam tumbuhan, yang bisa dimanfaatkan untuk lari dari kejaran Buto Ijo yang mengejarnya. Masing-masing tumbuhan memiliki efek berbeda di masa kini untuk membantu si karakter untuk menyelamatkan diri. Sebuah game puzzle yang cukup menantang!

Play Now: [outbound_link text="Timeun Mas" link="https://cdn.rawgit.com/raditzlawliet/Timeun-Mas/1.1/release/index.html"]


[page_break no="15" title="Wis, Mari Ngene Lapo?"]


15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

Satu game buatan panitia yang menawarkan konsep unik. Dalam game ini, tidak ada satu kata pun petunjuk untuk memainkannya, sehingga pemain harus bertanya pada diri sendiri "Wis, mari ngene lapo?" yang merupakan bahasa Suroboyoan dari "Sekarang kita harus ngapain?". Jadi, kamu harus menemukan sendiri cara untuk melewati level demi level. Misal, ada gambar kipas dengan orangutan. Nah, apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan level tersebut?

Play Now: [outbound_link text="Wis, Mari Ngene Lapo?" link="https://db.tt/tBV6QUhX"]

Penasaran dengan karya dari regional lain? Tunggu artikel selanjutnya di Duniaku!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU