Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Awas nyasar! Dunia Xenoblade Chronicles X ini bakal jadi dunia open-world terluas untuk kelas RPG konsol...

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Masih 2 bulan lagi sebelum Xenoblade Chronicles X dirilis untuk Wii U di Jepang pada 29 April 2015 mendatang, dan bersamaan dengan event live stream yang digelar akhir pekan kemarin (buka artikel pada tautan di bawah untuk melihat kembali live stream tersbut), Nintendo memberikan banyak informasi baru sehubungan dengan game tersebut, seperti gambaran bagaimana keadaan manusia ketika membangun koloni baru di planet asing, serta juga beberapa bagian yang bakal kaliam temui selama menjelajahi luasnya Planet Mira, yang kami tuliskan pada artikel kali ini.

Baca: Inilah yang Membuat Xenoblade Chronicles X Better Than Final Fantasy XV

Yang paling baru, selama kalian menjelajahi Planet Mira, ternyata Monolith Soft juga memberikan dukungan untuk memainkan game ini langsung melalui kontroler GamePad-nya Wii U. Mode off-screen play tersebut bakal dimasukkan ke dalam game sesuai permintaan banyak penggemar Xeno. Hanya saja kami masih penasaran bagaimana mode off-screen ini bakal diterapkan, karena selama bermain melalui televisi, layar GamePad-nya Wii U itu saja sudah menampilkan banyak informasi penting -- apa saja yang bisa muncul melalui GamePad tersebut akan kami ulas pada artikel selanjutnya!

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Menurut Monolith Soft, Planet Mira ini sangat luas, dan di sana selain kota New Los Angeles kalian juga menemukan beberapa bagian lain Mira, seperti area pegunungan, hingga daerah yang terselimuti es dan gunung berapi, dimana kalian bisa berburu monster, sekaligus mencari kehidupan / Life dari manusia-manusia yang sengaja dibekukan selama berada dalam perjalanan di dalam Ark Ship yang kemudian disebut sebagai New Los Angeles, namun kemudian terlempar keluar saat pesawat luar angkasa berukuran masif tersebut diserang dan jatuh di Planet Mira.

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X Ark Ship dalam Xenoblade Chronicles X, apakah ini pesawat yang sama seperti yang digunakan manusia menjelajah luar angkasa dalam Xenogears?[/caption]

Untuk menyegarkan ingatan kalian, Bumi dalam game ini ditinggalkan oleh manusia terakhir, setelah dua ras alien bertarung (salah satunya disebut Growth) hebat di Bumi. Dimulai tahun 2054, dua ras alien terlibat pertarungan hebat di dekat Bumi, mengakibatkan planet tersebut porak-poranda. Negara-negara Bumi merasa terancam, dan manusia pun dievakuasi untuk mencari tempat tinggal baru dengan menaiki pesawat luar angkasa yang sangat besar yang disebut Ark Ship. Ada banyak pesawat yang mampu menampung seisi penghuni sebuah kota semacam gambar di atas. Cerita terfokus pada pesawat Ark dari Amerika, yang disebut White Whale, ketika mendarat darurat di Planet Mira untuk membangun koloni baru, namun sambil juga menghadapi ras alien yang mengejar mereka ke sana.

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Salah satu Ark Ship yang berbendera Amerika Serikat, disebutkan menampung seluruh penghuni kota Los Angeles dan melakukan penjelajahan luar angkasa, namun jatuh di atas permukaan planet Mira setelah diserang oleh sekelompok alien Growth yang mengejar mereka setelah kabur keluar Bumi. New Los Angeles di dalam planet Mira itu pun menjadi kota pertama yang dijelajahi karakter. Kota tersebut dihuni satu koloni manusia Bumi yang berusaha melanjutkan peradaban di planet alien.

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Permainan Xenoblade Chronicles X sendiri dimulai ketika salah satu kapsul penyelamat yang melindungi avatar karakter kalian terbuka dari luar, oleh seorang wanita bernama Elma, salah satu dari anggota BLADE yang memang ditugaskan mencari manusia membeku yang berada di dalam kapsul penyelamat, dan membangunkan mereka dari kebekuan.

Lanjut ke halaman 2 untuk mengetahui lima area utama Planet Mira...

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X Seperti di atas penampakan Planet Mira yang diperlihatkan Monolith Soft. Belum diketahui apakah akan ada area lain di sekitar area-area yang sudah diungkapkan tersebut.[/caption]

Sedangkan di bawah ini adalah area dimana kalian mulai game ini, dan dimana New Los Angeles berlokasi. Di sana banyak kalian temui perbukitan dan juga padang rumput yang luas.

[gallery link="file" ids="187064,187063,187062,187061,187060"]

Kemudian di utara starting field di atas, kalian temukan Forest of Nightglow (gambar di bawah). Area ini dipenuhi beragam tanaman, termasuk yang memancarkan cahaya, dan juga makhluk lainnya yang bisa diburu karakter.

[gallery link="file" ids="187067,187068,187069,187070,187071"]

Area Valley of Oblivion berada di timur dari starting field kalian, dimana New Los Angeles berada. Di sini kalian temui gurun pasir yang luas, dan ada juga titik-titik oasis yang menjadi lokasi favorit banyak makhluk aneh berkeliaran di sana.

[gallery link="file" ids="187072,187073,187074,187075,187076"]

Segalanya mulai tampak asing di benua yang berada di utara area New Los Angeles ini. Apa yang ada di Continent of the White Trees ini sepertinya hanya eksis dalam mitos saja, tidak ada yang seperti ditemukan di Bumi.

[gallery link="file" ids="187077,187078,187079,187080,187081"]

Di utara benua yang dipenuhi pohon berwarna putih, eksis benua yang kontras permukaannya, yaitu Continent of Black Steel. Apa yang ada di area ini keseluruhan adalah gunung berapi. Dan yang aneh, juga terlihat ada struktur seperti yang dibangun manusia, atau makhluk cerdas seperti manusia di sana, seperti jembatan pada salah satu screenshot.

[gallery link="file" ids="187082,187083,187084,187085,187086"]

Lanjut ke halaman 3...

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X Kalian langsung tahu masuk ke area baru karena di layar muncul notifikasi nama area tersebut.[/caption]

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X Karakter bisa melompat, layaknya memainkan game action platformer...[/caption]

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, jika luas dunia game ini mencapai 400 kilometer persegi, maka beberapa benua yang kalian lihat pada halaman sebelumnya akan terasa lebih luas ketika kalian mainkan dalam game. Setiap benua juga memiliki beberapa area lainnya, dan ketika kalian memasuki area baru di tengah benua tersebut, akan ditunjukkan melalui notifikasi dalam game apa nama area tersebut.

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X Menjalankan quest tidak perlu kuatir nyasar, karena ada petunjuk melalui navigation ball...[/caption]

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X Bingung ini ada dimana, tidak ada petunjuk? Aktifkan saja Hopper Camera![/caption]

Karena luasnya dunia, seperti yang kami sebutkan dalam artikel sebelumnya, ada beberapa metode untuk membantu karakter mempermudah menjelajahi area. Karakter bisa melompat dan berlari, dan bahkan teleport menggunakan fitur mesin Data Probe yang tergambar melalui layar GamePad Wii U. Untuk mengarahkan kalian ke lokasi dimana tujuan quest saat ini berada, tinggal melihat ke Navigation Ball. Kemudian Hopper Camera merupakan alat lainnya yang memberi sudut pandang khusus jauh banget dari atas langit, sangat membantu ketika kalian tersesat di tengah areanya yang luas dan melihat keadaan sekeliling.

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X Kami sebenarnya kurang suka dengan nama Doll, seakan mecha ini boneka saja... kenapa tidak Gears, atau Xenogears saja sekalian... robot terkuat dalam Xenogears![/caption]

http://giant.gfycat.com/MagnificentLinedKomododragon.mp4

Dan juga Doll, mecha ini menjadi media transportasi terbaik untuk berkeliling Planet Mira. Namun kalian tidak mendapat akses robot canggih ini dari awal permainan. Nantinya setelah mendapatkan Doll, karakter bisa mencapai area yang sebelumnya tidak bisa dijangkau. Hanya anggota BLADE yang memiliki ijin khusus yang bisa mendapatkan dan mengoperasikan Doll.

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Makhluk yang kalian temui di sini juga bervariasi. Mulai dari yang kecil, sampai berukuran besar, dan seperti tipikal game open world lainnya, Final Fantasy XV misalnya (baca di sini), jika kurang pede melihat musuh berukuran jumbo, kalian tinggal hindari saja. Monolith Soft sepertinya juga menyisipkan unsur monster hunting di sini, dimana kalian bisa mendapatkan loot dari hasil mengalahkan mereka, dan menyerang bagian tubuh tertentu monster tersebut lebih awal bisa memberi loot yang berbeda. Monster yang lebih kuat tentu saja juga menawarkan item yang lebih menarik. Monster spesial tersebut ditandai dengan nama yang berbeda, meskipun wujudnya mirip dengan monster lain yang kalian temui sebelumnya.

Baca: Bumi Ditinggalkan Dalam Xenoblade Chronicles X, Manusia Pun Mulai Bangun Koloni Angkasa

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Itu monster, untuk makhluk asli lainnya di Planet Mira, bisa kalian temui wujudnya melalui Tatsu, figur dari ras Nopon, ras yang diperkenalkan juga melalui prekuelnya. Selain Tatsu dari ras Nopon, selama live streaming kami juga menjumpai makhluk berambut biru dari ras Lu-Sylphe bernama Luu, yang berprofesi menjual artwork.

Jangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X

Kemudian kalian juga mengetahui kehadiran ras baru, disebut Manon, yang sepertinya memiliki pengetahuan lebih akan teknologi. Ras lainnya disebut Vaias, yang tidak seramah Manon, bahkan mereka juga ingin mengusir semua manusia dari Planet Mira.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU