Triawan Munaf Ditolak DPR. Badan Ekonomi Kreatif Tidak Dapat Anggaran?!

Lantas bagaimana nasib Badan Ekonomi Kreatif yang baru dibentuk?

Triawan Munaf Ditolak DPR. Badan Ekonomi Kreatif Tidak Dapat Anggaran?!

Triawan Munaf Ditolak DPR. Badan Ekonomi Kreatif Tidak Dapat Anggaran?! Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif[/caption]

Akhir Januari lalu, Presiden Jokowi akhirnya membentuk secara resmi Badan Ekonomi Kreatif (BEK) yang dikepalai Triawan Munaf.

Hal ini sangat melegakan, khususnya bagi para pelaku industri kreatif. Betapa tidak, ketika pertama kali mengumumkan kabinetnya Oktober lalu, Presiden sama sekali tidak menyinggung seputar ekonomi kreatif.

Triawan Munaf yang merupakan mantan personel grup band progresif rock asal kota Bandung itu akan fokus untuk membangun landasan kuat dalam lembaganya, sebelum menjalankan sebuah program-program ekonomi kreatif. Ia tidak ingin terburu-buru. Bagaimanapun juga, Badan Ekonomi Kreatif adalah lembaga baru di negeri ini.

Triawan juga telah melakukan banyak langkah-langkah strategis sejak diangkat menjadi kepala Badan Ekonomi Kreatif. Termasuk di antaranya mengundang beberapa pelaku industri kreatif di berbagai bidang dan berdialog dengan Kadin Bidang Industri Kreatif.

Namun ada kabar kurang sedap seputar Triawan Munaf dan Badan Ekonomi Kreatif. Kabarnya ayah penyanyi Sherina ini ditolak oleh DPR.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/01/27/jokowi-lantik-ayah-sherina-munaf-jadi-kepala-badan-ekonomi-kreatif/" title="Jokowi Lantik Ayah Sherina Munaf Jadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif"]

Hari Rabu, tanggal 11 Februari 2015 lalu, Triawan Munaf menghadiri Rapat Dengar Pendapat bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar) di Gedung Nusantara I DPR RI. Tujuan rapat tersebut adalah untuk membahas seputar anggaran untuk Kemenpar‎ dan BEK. Namun, rapat belum dinyatakan selesai DPR sudah meminta Triawan untuk keluar ruangan.

Kabarnya Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Utut Adianto-lah yang meminta Triawan Munaf keluar dari ruangan. Alasannya DPR bingung dengan BEK yang baru dibentuk.

Triawan Munaf Ditolak DPR. Badan Ekonomi Kreatif Tidak Dapat Anggaran?! Utut Adianto, Wakil Ketua Komisi X DPR RI[/caption]

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, badan ini baru dibentuk, belum ada pegawainya, belum ada surat rekomendasi dari Menteri Sekretaris Negara dan Badan Anggaran, tiba-tiba datang ke Komisi X meminta anggaran belanja sebesar Rp 1,5 triliun. Karena ketidakjelasan itulah Triawan diminta untuk pulang dan menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk diminta untuk melakukan koordinasi kembali dengan Mesesneg dan Banggar.

Utut yang selama ini dikenal sebagai Grand Master Catur Indonesia itu mengaku tidak ada maksud untuk menghalang-halangi Triawan Munaf dalam menjalankan programnya di Badan Ekonomi Kreatif. Ia juga memahami Presiden Jokowi menginginkan jajaranya di kementerian agar cepat bekerja mewujudkan visi misinya. Namun, di sisi lain Utut juga mengaku tidak mau menabrak aturan yang berlaku, terlebih yang dibahas mengenai anggaran, ia takut justru Komisi X DPR nanti bermasalah secara hukum.

Badan Ekonomi Kreatif mengusulkan anggaran sebesar Rp 1,5 triliun dalam APBN-P 2015. Terdiri dari dua program, yaitu program pengembangan ekonomi kreatif sebesar Rp 1,395,3 triliun. Dan program dukungan manajemen dan pelaksanaan teknis lainnya BEK sebesar Rp 104,7 miliar‎. Padahal Saat ini sektor ekonomi kreatif tercatat baru menyumbang sebesar 7% dari PDB. Tentu saja ini masih jauh dari potensi yang diharapkan pemerintah.

Harapan memang tinggi digantungkan ke Badan Ekonomi Kreatif. Pertanyaanya akankah kerja dari lembaga ini bisa optimal? Apalagi mengingat APBN Perubahan 2015 sudah diketok palu oleh DPR melalui sidang paripurna yang digelar pada tanggal 13 Februari lalu. Dalam sidang tersebut telah disepakati bahwa anggaran perubahan APBN 2015 Rp 1.761,64 triliun. Sementara Badan Ekonomi Kreatif saat ini masih bermasalah. Atau istilahnya ketinggalan kereta.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/01/27/menebak-kandidat-wakil-subsektor-game-di-badan-ekonomi-kreatif/" title="Menebak Kandidat Wakil Subsektor Game di Badan Ekonomi Kreatif"]

Namun tentu saja industri kreatif selalu menemukan jalannya. Belakangan beberapa pelaku industri kreatif berkumpul untuk menyiapkan suatu even besar untuk mengangkat industri ini, meski tanpa dukungan dari pemerintah. Even ini punya tagline: 'Revolusi Ekonomi Kreatif Indonesia Menciptakan Keunggulan Bangsa di Era Global'.

Even ini bertajuk Gebyar Seni & Kreatif Indonesia 2015 (Be Kreatif Indonesia 2015). Terdiri dari berbagai macam sub-sektor ekonomi kreatif dan seni, termasuk permainan interaktif dan aplikasi, kami berharap agar even ini bisa mengisi kekosongan kegiatan ekonomi kreatif paska dilepaskannya Ekonomi Kreatif dari Kementrian Pariwisata.

Triawan Munaf Ditolak DPR. Badan Ekonomi Kreatif Tidak Dapat Anggaran?! Tim BE Kreatif 2015[/caption]

Berikut adalah Tim BE Kreatif 2015. Atas, dari kiri ke kanan: [outbound_link text="Yudi Datau" link="http://www.muvila.com/movies/featured/10-sinematografer-pencetak-film-film-box-office-130101g-page6.html"] (senimatographer/musik), [outbound_link text="Arief Widhiyasa" link="http://www.endeavor.org/entrepreneurs/arief-widhiyasa/2448"] (CEO Agate Studio), [outbound_link text="Diana Nazir" link="http://www.thejakartapost.com/news/2011/09/03/diana-nazir-diana%E2%80%99s-midas-touch.html"] (Design Director PT Artura), [outbound_link text="Indra Siregar" link="http://id.linkedin.com/pub/indra-siregar/49/283/631"] (Wakil Koordinator Pusat BEKreatif), [outbound_link text="Mizan Allan de Neve" link="http://asachari.tripod.com/"] (Asosiasi Desainer Produk Indonesia), [outbound_link text="Usamah Hisyam" link="https://id.linkedin.com/pub/usamah-hisyam/6a/14/60"] (Presdir Dharmapena Citra Media), [outbound_link text="Hartati" link="http://www.kelola.or.id/database/dance/list/&dd_id=11&p=1&alph=f_j"] (tokoh koreografer tari), [outbound_link text="Astari Rasjid" link="http://www.tamanismailmarzuki.co.id/tokoh/astari.html"] (seniman/pelukis), [outbound_link text="Djaduk Ferianto" link="http://profil.merdeka.com/indonesia/g/gregorius-djaduk-ferianto/"] (seniman/pemusik).

Bawah, dari kiri ke kanan: [outbound_link text="Ami Raditya" link="http://segitiga.net/face-to-face/profile/ami-raditya-sang-penggagas-vandaria-saga"] (Kreator Vandaria), Abdu Ajis (tim monitoring BEK), [outbound_link text="Riri Reza" link="http://www.imdb.com/name/nm0729764/"] (produser film), [outbound_link text="Rama Mamuaya" link="http://thenextweb.com/author/ramamamuaya/"] (CEO DailySocial), [outbound_link text="Robbi Baskoro" link="https://angel.co/robbi-baskoro"] (CEO Duniaku Network), [outbound_link text="Irawan Karseno" link="http://www.thejakartapost.com/news/2014/03/24/irawan-karseno-aiming-high-jakarta-s-arts.html"] (Ketua Dewan Kesenian Jakarta), [outbound_link text="Sekar Ayu" link="http://www.imdb.com/name/nm1322156/"] (seniman/produser & penulis film).

Ikuti terus duniaku.net untuk update seputar BEKreatif 2015!

ARTIKEL TERBARU