Kini Bisa Ambil Screenshot! Jadi Sekarang Waktu yang Tepat Membeli Xbox One?

Ternyata gamer Xbox One itu hanya butuh bisa ambil screenshot!!

Kini Bisa Ambil Screenshot! Jadi Sekarang Waktu yang Tepat Membeli Xbox One?

Kini Bisa Ambil Screenshot! Jadi Sekarang Waktu yang Tepat Membeli Xbox One?

Awalnya Xbox One memang menghadapi masalah ketika dihadapkan pada pertanyaan apakah mesin game ini bakal maksimal di tangan para gamer. Karena pada kenyataannya, fitur yang ditawarkan lebih banyak ditujukan untuk mempermudah penggun mengakses fungsi hiburannya saja [baca: Kini Xbox One Bisa Kita Abaikan dan Langsung Masuk ke Menu Televisi Saja!].

Namun mereka Microsoft selalu mendengarkan masukan dari komunitas Xbox Live, dan update Xbox One pertaa bulan lalu yang bagian komitmen Microsoft untuk terus mendukung konsol mereka, memberikan banyak pembaruan dan perubahan yang lebih terfokus untuk kenyamanan gamer. Seperti peningkatan fungsi kontroler sehingga bisa dihubungkan dengan sistem lebih cepat lagi, bersama info hub untuk setiap game yang bisa kalian pantau melalui dashboard, fungsi party chat yang diperbaiki ikonnya, serta dijanjikan lebih stabil. Microsoft benar mendengarkan saran gamer, dan kini fitur game hub tersebut benar-benar wujud aspek sosial di tengah sistem Xbox One yang sebelumnya lebih terfokus pada fitur multimedia keluarga [baca: Akhirnya, Update Xbox One Pertama di Tahun 2015 Berikan Fitur yang Makin Pro Gamer!].

Kini Bisa Ambil Screenshot! Jadi Sekarang Waktu yang Tepat Membeli Xbox One?

Sejak dirilisnya Xbox One November 2013 laliu, Microsoft aktif memberikan update setiap bulannya untuk konsol mereka. Bahkan sepankang 2014 saja mereka mengklaim ada lebih dari [outbound_link text="100 fitur baru dan perbaikan" link="http://news.xbox.com/2014/11/xbox-one-hundreds-of-new-features-delivered-in-xbox-ones-first-year"] untuk sistem Xbox One tersebut. Pada bulan Juni 2014 lalu, Microsoft juga [outbound_link text="membuka laman khusus" link="http://news.xbox.com/2014/06/events-xbox-feedback-site-e3"] untuk menampung permintaan gamer yang menginginkan perbaikan tertentu untuk Xbox One. Kemudian akhir tahun lalu, update yang diberikan Microsoft juga mempermudah developer dalam mendapatkan kendali atas eSRAM (lebih jauh mengenai eSRAM, baca artikel di bawah). Kemudian yang muncul tidak resmi adalah, SDK baru Xbox One ternyata menyebutkan jika developer bisa menggunakan lebih banyak kekuatan CPU konsol ini untuk proses yang berhubungan dengan game.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2013/07/24/playstation-4-vs-xbox-one-mana-yang-lebih-baik-untuk-gamer/10/" title="Xbox One vs PS4, Mana yang Lebih Cocok Untuk Gamer?"]

Kini berlanjut untuk update selanjutnya di bulan Maret 2015, yang sudah dibeberkan detailnya dan sudah dirilis mulai kemarin untuk mereka yang tergabung dalam kalangan beta tester-nya (perilisannya nanti awal-pertengahan Maret), kembali gamer dimanjakan dengan fungsi baru yang memang sudah seharusnya ada untuk sebuah mesin video game. Salah satunya yang sudah banyak diminta adalah fungsi untuk ambil screenshot.

March Update for Xbox One Preview

[youtube_embed id="1bQ_oExgYbA"]

Yup, yang banyak diminta sejak awal Xbox One dirilis, dan memang sudah sepantasnya ada, karena rivalnya PS4 memiliki fungsi tersebut sejak awal, dan bahkan gadget yang sejatinya bukan mesin game seperti smartphone dan tablet Android dan iOS, bisa ambil screenshot secara default. Memang seharusnya Xbox One dari awal memiliki fungsi tersebut, walaupun proses untuk mewujudkannya terlalu kompleks.

Kini Bisa Ambil Screenshot! Jadi Sekarang Waktu yang Tepat Membeli Xbox One?

Microsoft menyederhanakannya melalui system update Maret 2015 nanti, dan kalian bisa ambil screenshot semudah tekan dua kali tombol Xbox, kemudian untuk menyimpan screenshot tersebut, cukup tekan Y. Punya Kinect? Cukup katakan "Xbox Take a Screenshot."

Lanjut ke halaman 2... untuk detail update aplikasi Upload Studio.

Sementara itu aplikasi Upload Studio yang juga mendapatkan perombakan besar-besaran, bakal bertindak sebagai file manager bukan hanya untuk klip video saja, namun juga screenshot yang kalian ambil. Dengan aplikasi tersebut, kalian bisa juga menggunakan screenshot yang baru saja diambil sebagai wallpaper. Microsoft ke depannya juga berencana menjadikan Upload sarana mengunggah screenshot ke jejaring sosial, seperti Twitter.

Di dalam update ini juga melengkapi fungsi sosial yang sudah diberikan mulai update bulan lalu, kini kalian juga bisa mendapatkan opsi teman yang disarankan, serta juga penggunaan nama asli kalian di tengah komunitas (mirip seperti fungsi yang sudah dimiliki PS4).

Kini Bisa Ambil Screenshot! Jadi Sekarang Waktu yang Tepat Membeli Xbox One?

Bicara mengenai Upload Studio, aplikasi bawaan Xbox One untuk edit dan publish video tersebut mendapatkan update besar. Kini video yang kalian buat bisa diedit melalui 15 bagian berbeda, serta maksimal runtime-nya juga mencapai 30 menit. Kemudian juga disediakan fitur kosmetik selama proses editing, seperti melalui transisi, title card, intro, effect, splash screen, dan template. Editing tool juga memungkinkan dimasukkannya text overlay serta voiceover. Microsoft juga menyiapkan transisi kustom untuk game tertentu, seperti Forza Horizon 2 dan Halo 5, yang mana bisa kalian gabungkan antara tiap bagian rekamannya. Bahkan Kinect pun bisa kalian gunakan sebagai kamera yang menambahkan efek green screen effect (latar belakangnya berwarna hijau). Apa saja perubahan yang diberikan dalam Upload Studio, bisa kalian lihat melalui video di bawah:

Upload Studio Update for Xbox One

[youtube_embed id="DTVAxFcp-Xg"]

Detail konten update tersebut bisa kalian simak di bawah ini:

Screenshots New in preview is a highly requested feature by our community from the Xbox feedback site.  While playing a game, you can now take screenshots on your Xbox One console by simply double-tapping the Xbox button on your controller to capture a screenshot and pressing Y to save the screenshot. You can also say “Xbox Take a Screenshot” to take and save a screenshot.

The Upload app is being updated so that you can manage your screenshots in addition to your game clips. You can use a screenshot as your background, by viewing the screenshot in full-screen mode from the Upload app, then, press the Menu button and select Set as background.  In coming preview builds, you will be able to use Upload to share screenshots to your activity feed, attach to messages, add screenshots to your showcase, and eventually share to Twitter. Also, your screenshots will be visible in your profile alongside your game clips.  In the initial preview build, the sharing functions are not yet enabled, but you can start capturing screenshots and using them for your backgrounds.

Suggested friends With the suggested friends feature, the Friends area in home and your friends list will help you find and add friends. Suggested friends will include people you might know, so you add more friends to game with, and top community broadcasters and clip creators, so you can get more great content in your activity feed. We’re also adding a new suggested friends page to the Friends area.

Sharing your name – This month in preview, we’re rolling out two new ways to share your real name; with all of your friends or to everyone in the Xbox Live community. You can also continue to share your real name with select friends, or with no one, if that’s what you prefer. Gamertags are still the primary method of identifying yourself on Xbox Live, but sharing your real name helps people recognize you who might not know you by your gamertag. The new name sharing options can be found underFriends > My profile > Name sharing settings.

Tile transparency – We continue to listen to your feedback and are adding a setting to enable you to vary the level of transparency for your background images, go toSettings > My Xbox > Tile transparency.

Privacy and online safety settings – We added a new setting for sharing voice search data to create an option for you to allow collection and analysis of voice data when using Xbox – Bing to search. You can go to Settings > Privacy and online safety > Share voice search data to change the setting.

Report spam – The Messages app has an added option to allow you to notify Xbox when you receive spam.  You can now select a specific message, press the A button and then select Report > Spam to report a specific message as spam.

OneGuide for Australia – Support for OneGuide will continue in preview in Australia for free-to-air TV listings.

Xbox One Digital TV Tuner in Australia – Xbox One owners in Australia with an Xbox Digital TV Tuner can now use it with the preview builds of this month’s release.

Sumber: [outbound_link text="Microsoft" link="http://news.xbox.com/2015/02/xbox-one-xbox-one-march-system-update-preview"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU