Settlers of Catan Akan Dibuat Versi Filmnya?!

Akan seperti apa ya kira-kira adaptasi dari boardgame ini?

Settlers of Catan Akan Dibuat Versi Filmnya?!

Settlers of Catan Akan Dibuat Versi Filmnya?!

Tahu Settlers of Catan? Settlers of Catan adalah boardgame klasik populer, dengan gameplay yang mudah untuk dipelajari namun menantang dan adiktif saat berhasil dimengerti. Kamu berperan menjadi sekelompok pendatang di pulau Catan dan berlomba-lomba menghadapi kelompok pendatang lain untuk mendominasi pulau ini. Lebih tepatnya mungkin kamu bisa memeriksa sendiri wikia Catan. Nah, baru-baru ini ada kabar mengejutkan kalau Settlers of Catan akan dibuat filmnya!

[outbound_link text="Deadline " link="http://deadline.com/2015/02/settlers-of-catan-gail-katz-pawn-sacrifice-1201376819/"] mengabarkan kalau produser Gail Katz telah memperoleh lisensi serial TV dan film Settlers of Catan. Dalam wawancara, Katz mengatakan kalau dia memainkan game ini karena pengaruh anak-anaknya. Sejak saat itu dia sudah menanti-nanti ada film yang menggunakan pulau Catan, dan segala penghuninya, sebagai latar. Menurut beliau sendiri,

“The island of Catan is a vivid, visual, exciting and timeless world with classic themes and moral challenges that resonate today.  There is a tremendous opportunity to take what people love about the game and its mythology as a starting point for the narrative.”

Tampaknya, setelah lama menanti dan tak ada yang mengambil kesempatan, Gail Katz memutuskan berinisiatif sendiri untuk memproduksi film Settlers of Catan. Catan akan menyusul beberapa boardgame yang sudah diadaptasi terlebih dahulu, seperti [outbound_link text="Clue" link="http://www.imdb.com/title/tt0088930/"], [outbound_link text="Battleship" link="http://www.imdb.com/title/tt1440129/"], hingga yang sedang dalam proses adaptasi seperti [outbound_link text="Monopoli" link="http://www.slashfilm.com/monopoly-movie-goonies/"].

Settlers of Catan Akan Dibuat Versi Filmnya?!

Untungnya, tidak seperti Monopoli, Catan punya beberapa materi yang memang bisa diadaptasi menjadi tayangan layar lebar. Settlers of Catan sudah memiliki novel, yang bisa kamu baca infonya di [outbound_link text="situs resminya" link="http://www.catan.com/for-fans/literature-multimedia/settlers-catan-novel"]. Seperti yang bisa dibaca di sana, novelnya bercerita tentang sekelompok penduduk desa yang baru saja dijarah bandit. Tak mampu menghadapi musim dingin tanpa bahan makanan, para penduduk desa yang tersisa memutuskan untuk berlayar ke pulau yang kemudian menjadi Catan, dipimpin kakak beradik Candamir dan Osmund. Namun perbedaan paham justru menjadi akar konflik di pulau baru itu, dan para pendatang ini pun harus kembali menghadapi bentrokan.

Apa sinopsis di atas yang akan diadaptasi menjadi filmnya? Mungkin ya, mungkin tidak. Tapi novel ini, serta materi-materi dari berbagai ekspansion Catan membuat para penulis naskah tak perlu mengutak-atik dunia Catan dari nol. Ini saja sudah lebih baik dari Battleship dan Monopoli, yang terpaksa menciptakan karakter dan dunia sendiri untuk filmnya.

Masalahnya, akan semenyimpang apa film Settlers of Catan dari boardgame-nya? Jangan salah, ada unsur perang juga di game-nya. Di game dasarnya, kamu bisa menggunakan kartu milisi untuk menghentikan produksi musuh sekaligus merampok sumber daya mereka. Di expansion Knights and Cities, kamu harus memiliki pasukan untuk mencegah aksi para bajak laut yang ingin menjarahmu. Meski begitu, pada dasarnya gameplay Catan berkisar kepada dua hal utama: membangun pemukiman dan jalan, serta barter sumber daya. Ini bukan unsur-unsur yang bisa dianggap menjual dari sebuah film, jadi apakah para sutradara akan menyulapnya menjadi film aksi perang? Mari kita tunggu bersama.

ARTIKEL TERBARU