Vive, Ini Dia Perangkat Virtual Reality dari Valve dan HTC!

Siap tantang Oculus Rift dan Gear VR!

Vive, Ini Dia Perangkat Virtual Reality dari Valve dan HTC!

Vive, Ini Dia Perangkat Virtual Reality dari Valve dan HTC!

Beberapa hari lalu, Valve pernah mengungkapkan rencana mereka untuk mengkonfirmasikan satu headset Virtual Reality (VR) milik mereka yang diberi kode dengan SteamVR pada Game Developer Conference (GDC) 2015 yang akan berlangsung mulai 4 Maret 2015 besok. Namun, berdekatan dengan Mobile World Congress (MWC) 2015 yang bakal dimulai hari ini di Barcelona, Spanyol, HTC rupanya "mencuri start" dengan mengkonfirmasikan bahwa merekalah yang digandeng Valve untuk mewujudkan perangkat SteamVR ini. Perkenalkan Vive, perangkat SteamVR yang dikembangkan dua perusahaan tersebut!

Dilansir dari The Verge, Vive rencananya akan dirilis tahun ini juga diawali dengan perilisan developer edition di kuartal pertama 2015. Meskipun Valve merencanakan showcase yang lebih megah untuk Vive pada GDC 2015 besok, namun HTC sudah lebih dulu membocorkan spesifikasinya, terutama untuk developer edition yang siap dirilis. Vive bakal memiliki dua display dengan resolusi 1200 x 1800 pixel dan sanggup menampilkan grafis dengan frame rate hingga 90 FPS. Untuk melacak pergerakan kepala, Vive menggunakan kombinasi dari berbagai sensor antara lain gyrosensor, accelerometer, dan laser position sensor.

Vive Official Trailer - RE Vive

[youtube_embed id="eTITJSSRUso"]

Yang menarik, Vive bisa kamu pasangkan dengan sebuah perangkat bernama SteamVR Base Station. Fungsi dari Base Station ini adalah untuk melacak pergerakan tubuhmu dalam sebuah ruangan maksimal berukuran 4.5 x 4.5 meter. Jadi, bisa dibayangkan nantinya untuk menggerakkan karakter di dalam game, kamu tidak perlu menggunakan gamepad atau mouse. Cukup gunakan SteamVR Base Station ini, dan kamu bisa menggerakkan karakter dengan berjalan di sekitar ruangan bermainmu!

Bagi yang ruangan bermainnya terlalu kecil jangan khawatir. HTC juga melengkapi Vive dengan satu kontroler yang memiliki sensor gerakan. Kontroler ini didesain agar kamu bisa menikmati berbagai macam hiburan dengan baik saat menggunakan Vive, tidak hanya untuk game saja. Langkah HTC yang tidak ingin fokus kepada game ditunjukkan dengan beberapa partner yang mereka gandeng untuk mengisi konten dalam Vive, antara lain HBO, Google dan Lionsgate.

Vive, Ini Dia Perangkat Virtual Reality dari Valve dan HTC!

Untuk detail lain dari Valve, sepertinya kita perlu menunggu beberapa hari lagi, atau saat GDC 2015 digelar. Ada kemungkinan, Valve juga akan menggandeng beberapa perusahaan lain untuk mewujudkan perangkat SteamVR lainnya, seperti saat mereka mengembangkan Steam Machine beberapa waktu silam. Tentunya dengan kehadiran Vive ini bakal menjadi pesaing yang menarik bagi beberapa perangkat VR lain yang sudah lebih dulu muncul, seperti Samsung dengan GearVR-nya, atau bahkan Oculus Rift.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/08/13/inilah-calon-platform-game-mobile-dari-samsung-kombinasi-gear-vr-galaxy-s5/" title="Inilah Calon Platform Game Mobile Dari Samsung, Kombinasi Gear VR + Galaxy S5!"]

[Sumber: [outbound_link text="The Verge" link="http://www.theverge.com/2015/3/1/8127445/htc-vive-valve-vr-headset"]/[outbound_link text="Official Website" link="http://www.htcvr.com/"]]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU