Final Fantasy Type-0 HD: Apa yang Perlu Kalian Ketahui Dari FF Paling “Mature”

Banyak yang putuskan beli PS4 dan XOne gara-gara game ini (dan juga game gratisannya!)

Final-Fantasy-Type-0-HD-14

Beberapa informasi baru yang bisa kami gali menjelang perilisan game ini antara lain:

Game ini tidak dirilis di PS Vita, namun kenapa Final FantasyX | X-2 HD bisa mendapatkan versi PS Vita adalah karena platform dimana versi remaster itu dikembangkan. Final FantasyX | X-2 HD Remaster dikembangkan untuk PS3/Xbox 360, sedangkan Final Fantasy Type-0 HD untuk PS4/XOne. Ada perbedaan besar dari segi teknis antara kedunya yang mempersulit developer mengekspor datanya ke PS Vita.

Final-Fantasy-Type-0-HD-17

Hajime Tabata berniat mengembangkan sekuelnya jika Final Fantasy Type-0 HD sukses.

Tidak ada rencana untuk versi PC.

Final Fantasy Type-0 HD bisa dimainkan sampai tamat sekitar 40 jam. Namun kalian bisa memainkannya kedua kali, dan mendapati event-event baru, untuk waktu permainan yang mencapai lebih dari 100 jam.

Baik versi Amerika Utara dan Eropa mendapatkan opsi suara dalam bahasa Jepang dengan subtitle Inggris (khusus Eropa juga ada Prancis, Italia, Jerman dan Spanyol).

Final-Fantasy-Type-0-HD-18

Aksesoris eksklusif karakter dari versi PSP-nya, seperti God’s Rulebook yang didapatkan dengan cara membuat akun Square Enix Jepang yang bisa disinkronisasikan dan diunduh, dalam versi konsol ini aksesoris itu masih ada dan bisa didapatkan dalam gamenya.

Kemudian beberapa cutscene dalam versi PSP-nya yang hanya bisa dipicu dengan mengakses mereka melalui Crimson Codex, kalian masih menemuinya di sini, namun ditambahkan cutscene penting yang harus dibuka secara manual!

Ada satu movie rahasia yang hanya bisa dibuka jika kalian memenuhi kondisi tertentu untuk membukanya.

Final-Fantasy-Type-0-HD-19

Dalam versi PSP-nya, mode online multiplayer terikat pada banyak sidequest dan reward. Namun kini co-op multiplayer-nya sudah dihilangkan. Hanya saja semua side-quest dan reward masih tetap ada dalam game, dan bisa kalian dapatkan.

Keseluruhan kecepatan karakter di sini bertambah. Dan juga diseimbangkan agar lebih mudah dimainkan (baca: tidak se-hardcore versi PSP-nya). Jelasnya lihat lima menit video gameplay di bawah!

[youtube_embed id=”CfZYW_rJafA”]


CONTINUE READING BELOW

Type-0 HD Menurun Tingkat Kesulitannya!

Selain juga meng-upgrade kualitas grafisnya dengan teknis yang sama seperti FFXV!


Kedua kostum bonus dari versi PSP masih ada di sini, dan juga ditambahkan kostum baru khusus untuk versi HD-nya, yang bernuansa emas, seperti gambar di bawah.

Final-Fantasy-Type-0-HD-27

Seven mirip penampilannya dengan Lightning (Final Fantasy XIII), dan untuk versi Jepangnya, pengisi suaranya sama. Perhatikan saja penampilannya HD-nya di bawah!

Final-Fantasy-Type-0-HD-15

Final Fantasy Type-0 HD menjadi Final Fantasy pertama yang mendapatkan rating Mature alias Dewasa.

Kalian juga bisa mendapatkan Trophy di PlayStation 4 dan membuka achievement di XOne.

Lanjut ke halaman 4… untuk trailer terbarunya, termasuk trailer para Class Zero dalam game!

TENTANG PENULIS
Doni

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.