Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Plus simak penjelasan dan tutorial Arena of Atlantis, fitur PvP baru dalam Atlantica Online

Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Seperti yang sudah kita ketahui, Atlantica Online baru saja mengimplementasikan satu mode Player versus Player baru, Arena of Atlantis dengan berbagai fitur inovatifnya. Nah, untuk menyambut update besar dari Atlantica Online tersebut, maka Duniaku membuat sebuah artikel khusus mengenai sejarah PvP, hingga mode PvP dari beberapa game yang inovatif dan adiktif.

Fitur Player versus Player atau lebih dikenal PvP rupanya sudah menjadi sebuah fitur wajib bagi MMORPG dewasa ini. Fitur yang juga dikenal dengan Player Killing di berbagai game ini seolah memberikan nuansa berbeda dalam sebuah MMORPG diluar Player versus Environment (PvE) yang biasanya menjadi menu utama. Mulai dari sekedar pertarungan satu lawan satu, hingga pertarungan yang melibatkan guild, clan, realm atau komunitas yang lebih besar, PvP sudah berevolusi dari satu generasi ke generasi.

Namun, ada satu titik lemah di fitur PvP yang bisa menjadi kontroversial jika tidak diperhatikan dengan baik oleh developer. Jika tidak hati-hati, maka PvP bisa menjadi ajang "bullying" yang dilakukan oleh pemain dengan level tinggi kepada pemain dengan level yang ada di bawahnya. Bukan hanya itu, keberadaan item mall juga kerapkali membuat perbedaan siapa yang memenangkan sebuah pertandingan PvP dalam MMORPG.

Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG Ultima Online, akar dari perkembangan MMORPG dan juga fitur PvP-nya[/caption]

Cukup sulit untuk menemukan, game mana yang bisa disebut sebagai "akar" dari fitur PvP ini. Namun jika melihat dari MMORPG bergrafis pertama yang memiliki fitur ini, maka Neverwinter Nights bisa menjadi jawabannya. Game ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1989 dan mulai beroperasi di AOL pada tahun 1991. PvP dalam MMORPG semakin berkembang pesat setelah kehadiran Ultima Online pada tahun 1997, game yang disebut-sebut sebagai game MMO "sesungguhnya" yang pertama.

Klasifikasi PvP

Jika [outbound_link text="diklasifikasikan" link="http://en.wikipedia.org/wiki/Player_versus_player"], PvP terbagi lagi menjadi beberapa cabang sebagai berikut.


[page_break no="1" title="Player Killing"]


Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Cabang PvP yang paling mendasar, yang berakibat kepada tewasnya satu orang karakter. Dalam kebanyakan MMORPG, karakter yang sudah tewas akan mendapatkan penalti yang dipotong dari experience yang sudah didapat. Beberapa game menawarkan Open PvP, dimana seorang pemain bisa menyerang pemain lain di mana saja di dalam game, tanpa harus masuk ke server atau map tertentu. Ada juga tipe Pure PK (Player Killing), dimana dalam game tersebut PvP adalah satu-satunya gameplay yang ditawarkan.


[page_break no="2" title="Dueling"]


Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Dueling lebih kepada sebuah pertarungan PvP yang lebih terstruktur. Dalam Dueling, terdapat sebuah liga dimana para pemain harus saling bertarung untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam liga tersebut. Berbeda dengan Player Killing, karakter yang kalah atau tewas dalam Dueling tidak selalu mendapatkan penalti saat hidup kembali atau melanjutkan petualangan PvE-nya.


[page_break no="3" title="Flagging"]


Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Hampir sama dengan Player Killing, namun dalam Flagging pemain tidak boleh sembarangan menyerang pemain lain di map. Pemain yang sudah siap diharuskan memberikan tanda (atau dengan kata lain menyalakan flag) untuk memulai proses PvP. Untuk menyalakan dan mematikan tanda ini ada berbagai macam cara, tergantung dari game-nya. Ada yang hanya bisa memberikan tanda dengan menghubungi NPC, ada yang tidak.

Lanjut ke halaman 2 untuk pengenalan Arena of Atlantis dalam Atlantica Online

Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Pengenalan Arena of Atlantis dalam Atlantica Online

Memasuki kuartal pertama di tahun 2015, Tim Atlantica Online Indonesia menghadirkan [outbound_link text="update baru" link="http://www.gemscool.com/berita/read/2015/03/04/11847/news.html"] yang tentunya sudah dinantikan oleh para Atlantian (sebutan bagi pemain Atlantica Online). Ya, update terbaru itu bernama [outbound_link text="Arena Of Atlantis" link="http://atlantica.gemscool.com/landingpage/landingpage"] (AOA), yang sudah bisa dinikmati para Atlantian sejak Rabu, 4 Maret 2015, tepatnya setelah maintenance rutin.

AOA adalah sistem PvP terbaru dari Atlantica Online. AOA dapat dimainkan kapanpun (tidak ada waktu khusus). Kamu hanya harus daftar AOA, lalu menunggu sampai sistem menemukan lawan untuk kalian.

Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

AOA Berbeda dengan mode PvP yang telah ada sebelumnya dalam Atlantica Online (seperti League Mode/Coloseum Mode). Pada AOA, kalian bisa menggunakan semua mercenary, bahkan yang tidak kalian miliki. Semua karakter level dan skill level pada AOA sudah ditentukan oleh sistem, Begitu pula dengan equipment yang menggunakanequipment special AOA pada semua mercenary dan main character. Dan jangan kaget bila ada beberapa perubahan skill effect dan serangan pada mode AOA ini.

Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Pemilihan karakter untuk AOA sendiri terdiri dari beberapa fase, mulai dari pemilihan karakter utama (Main Char Pick), Ban Phase untuk memilih mercenary yang di-ban alias tidak boleh digunakan, Pick Phase untuk memilih mercenary, dan mengatur formasi. Untuk lebih jelasnya mengenai tahapan-tahapan AOA, kamu bisa menyimak artikel Guide kami sebelumnya.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/05/tutorial-arena-of-atlantis-atlantica/" title="Tutorial Arena of Atlantis, Update Besar dari Atlantica Online!"]

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang AOA dalam Atlantica Online

  • Waktu setiap turn adalah 45 Detik
  • Level karkater utama dan mercenary disamakan
  • Seluruh skill karakter utama dan mercenary telah di tentukan oleh sistem dan tidak dapat di ubah.
  • Semua karakter menggunakan equipment khusus AOA dan seluruh status karakter telah di sesuaikan, sehingga tidak seperti Colosseum League.
  • Kalian akan mendapatkan Arena Points (AP) Setiap kalian selesai melakukan pertandingan AOA. Kedua pihak (Menang/Kalah) akan mendapatkan Point yang berbeda jumlahnya.
  • Arena Points (AP) dapat kalian tukarkan menjadi item item yang menarik seperti Level up ticket mercenary, Equipment Box, dan juga Sealed Orb Mercenary.
  • Pada AOA Battle, kamu bisa mengetahui cooldown skill.
  • Pada AOA Battle, kamu juga bisa melihat skill yang telah kamu / lawan keluarkan. Skill yang berwarna Hijau adalah skill yang kamu keluarkan, sedangkan yang berwarna merah adalah skill yang di keluarkan lawan.

Kamu bisa menyimak video di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur dan tutorial AOA dalam Atlantica Online.

Tutorial Arena of Atlantis dalam Atlantica Online

[youtube_embed id="lnB6kI-KrlU"]

Lanjut halaman 3 untuk melihat 10 MMORPG dengan fitur PvP yang inovatif

Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

10 Game dengan PvP yang Inovatif

Dewasa ini, PvP sudah menjadi satu fitur wajib bagi MMORPG. Selain Arena of Atlantis, ada banyak MMORPG lain yang memiliki gameplay PvP yang adiktif dan inovatif. Berikut ini adalah 10 diantaranya.


[page_break no="1" title="Ragnarok Online"]


[youtube_embed id="EwdwHgzwLLc"]

Bagi gamer di Indonesia pasti pernah merasakan fitur PvP dalam game online yang booming di awal 2000-an ini. Ya, mulai dari PvP klasik yang menyediakan server khusus hingga PvP dalam skala besar dalam War of Emperium disediakan oleh game ini. Adanya WoE ini jugalah yang membuat banyak gamer betah, dan membuat game ini memiliki umur yang panjang. Tercatat, game ini sudah hampir 12 tahun menemani gamer Indonesia.


[page_break no="2" title="Dragon Nest"]


[youtube_embed id="25lfSH5agRw"]

Dalam Dragon Nest, pemain akan mendapatkan PvP Exp saat berhasil mengalahkan musuh, atau mendapatkan Assist Exp saat membantu rekan mengalahkan musuh. Game ini menyajikan berbagai mode PvP yang bisa dimainkan baik di PvP Arena, yang bisa kamu masuki saat karaktermu minimal mencapai level 10. Beberapa contoh mode yang disediakan dalam PvP game ini antara lain Ladder (pertarungan untuk mendapat Ladder Points yang bisa digunakan untuk membeli equipment PvP khusus), Free for All (pertarungan bebas antar 16 pemain dalam waktu 10 menit) dan Team (pertarungan antara dua tim yang masing-masing dipimpin oleh seorang karakter yang menjadi kapten).


[page_break no="3" title="RF Online"]


[youtube_embed id="FoepG91Kp8Y"]

Rising Force (RF) Online memiliki fitur PvP masif yang bertajuk Chip War. Sesuai dengan namanya, dalam Chip War akan berperang tiga bangsa dalam RF Online, yaitu Accretia vs Bellato vs Cora untuk memperebutkan wilayah Central Crag Mine dan menguasai hasil tambangnya. Bangsa pemenang Chip War akan memiliki kendali terhadap Holy Stone Keeper, sehingga menjadi bangsa yang dapat melakukan penambangan di Central Crag Mine dan memperoleh perlindungan dari Holy Stone Keeper dari serangan bangsa lain.


[page_break no="4" title="Age of Wushu"]


[youtube_embed id="Jm9fgbywsIw"]

Karena temanya perguruan bela diri, maka ada tujuan yang diberikan dalam PvP Age of Wushu. Pertama, ada mode Battle for Masters, dimana pemain-pemain yang berada dalam satu perguruan saling bertarung untuk memperebutkan posisi pemimpin dalam perguruan tersebut. Kedua, pemain juga bisa bertarung dalam peperangan antar sekte/perguruan yang berseberangan dalam mode bernama Sect Battle.


[page_break no="5" title="Clash of Gods"]


[youtube_embed id="kcbNvlAakp0"]

Tidak banyak game online yang menjadikan fitur PvP sebagai nilai jual utamanya. Salah satunya adalah Clash of Gods, yang memiliki fitur PvP dalam mode Duel dan Faction War. Dalam Duel, kamu bisa menantang siapa saja yang berada di dekatmu. Jika pemain yang kamu ajak duel menyetujuinya, maka kedua pemain akan langsung bertarung. Sedangkan dalam Faction War, terdapat dua tim yang masing-masing bertindak sebagai tim menyerang (Attack) dan tim bertahan (Defense). Tim Attack diharuskan untuk menghancurkan Tower hingga Camp, sedangkan tim Defense dituntut untuk mempertahankannya.


[page_break no="6" title="World of Warcraft (WoW)"]


[youtube_embed id="ks37KMiISig"]

Salah satu MMOPRG tertua yang masih eksis sampai sekarang di usianya yang menginjak sebelas tahun. Bahkan, game ini baru saja merilis ekspansi terbarunya, Warlords of Draenor. Sejak 2004, WoW adalah salah satu MMORPG papan atas, dan PvP adalah salah satu fitur yang membantu WoW mencapai popularitasnya.

Di masa-masa awal, WoW memperkenalkan Open PvP yang sangat populer. Namun seiring dengan perkembangan dan ekspansi, beberapa tipe Arena menjadi unggulan fitur PvP dari game ini, seperti 2 vs 2, 3 vs 3 dan 5 vs 5. Selain itu, untuk mempercepat perolehan experience dan honor, game ini juga menyediakan PvP berbasis faksi.


[page_break no="7" title="EVE Online"]


[youtube_embed id="1UciIaoVY7E"]

EVE Online ber-setting di luar angkasa yang selalu berubah-ubah lingkungannya secara konstan. Kamu diharuskan untuk melatih skill dalam memimpin beragai tipe pesawat luar angkasa. Skill ini dibutuhkan dalam pertarungan PvP, alias antara pesawatmu dengan pesawat milik pemain lain. Terdapat peperangan luar angkasa bernama Corporation Wars, yang mempertemukan antara satu Corporation (alias guild versi EVE Online) dengan Corporation lain. Tidak heran jika EVE Online dinobatkan sebagai MMO dengan fitur PvP terbaik tahun 2014 lalu berdasarkan voting yang diselenggarakan oleh MMO Games.


[page_break no="8" title="Guild Wars 2"]


[youtube_embed id="lDqk9JwD1X4"]

Guild Wars 2 memiliki fitur PvP yang terstuktur. Dalam fitur PvP game ini, pemain bisa memasuki level mana saja, dan levelnya akan langsung menjadi maksimal serta diberi berbagai perlengkapan sebelum PvP. Kamu bisa mengkustomisasi perlengkapan ini sesuai yang kamu suka. Aspek paling utama dalam PvP ini adalah semua pemain yang memasuki arena PvP akan memiliki status yang sama, sehingga kemenangan akan ditentukan dari skill dan juga spesialisasi karaktermu.


[page_break no="9" title="Rift"]


[youtube_embed id="UIERiF1sFnk"]

Jika kamu menyukai World of Warcraft, maka kamu juga akan menyukai apa yang disuguhkan dalam RIFT ini, termasuk PvP-nya. PvP dalam game ini bisa mulai dilakukan saat karaktermu mencapai level 10, dan ada beberapa objective tertentu yang harus kamu capai disamping mengalahkan musuh. Mulai level 50, kamu bisa berpartisipasi dalam event Conquest yang akan mempertemukan tiga faksi berbeda dalam sebuah open world PvP yang masif. Setelah memenangkan perang besar ini, kamu akan mendapatkan experience dan point untuk mendapatkan item tertentu.


[page_break no="10" title="TERA Online"]


[youtube_embed id="mP5IXqE0y2U"]

Satu hal yang paling dikenal dari TERA Online adalah dunia open world-nya yang luas dan minim layar loading saat berpindah dari satu area ke area lainnya. Aspek PvP utama adalah Open PK, dimana saat sudah mencapai minimal level 12 dan kamu memasuki server PvP, maka setiap orang bisa menyerangmu jika kamu tidak berada di Safe Zone. Saat menyalakan mode PK, kamu bisa menyerang pemain lain. Akan tetapi jika kamu menyerang pemain yang levelnya lebih rendah, maka kamu akan mendapatkan infamy yang mencegahmu untuk mematikan mode PK. Selain itu, game ini juga menyediakan Guild vs Guild, dimana peperangan bisa dimulai jika ada satu Guild yang mendeklarasikan perang, dan disambut oleh satu Guild lainnya.

Ada MMORPG lain yang menurutmu memiliki fitur PvP yang inovatif selain daftar di atas dan juga Arena of Atlantis dari Atlantica Online? Langsung share pendapatmu di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU