Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang

Pisang bukan sekedar buah untuk dimakan. Pisang juga bisa menjadi sarana dalam mewujudkan jiwa seni seseorang!

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Keisuke Yamada, si pengukir pisang[/caption]

Pria Jepang berusia 26 tahun ini sangat menyukai pisang. Namanya adalah Keisuke Yamada, seorang seniman yang suka meluangkan waktu untuk mengukir buah pisang menjadi patung disaat ia bosan.

Alat yang digunakan untuk mengukirnya pun simpel hanya sendok buah dan tusuk gigi saja! Meskipun terlihat amatir, tetapi karya Keisuke justru membuat banyak orang kagum padanya. Awalnya, ia hanya iseng mengukir sebuah wajah di sebuah pisang. Namun karena sukses, ia terus mencoba mengukir karakter-karakter lain yang lebih menantang seperti mahkluk mitos, atau karakter dari film lainnya. Karena kepiawaiannya, ia kini dijuluki sebagai banana syokunin atau dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai pengrajin pisang. Ia cukup terkenal di Jepang, bahkan ia pernah juga masuk sebagai bintang tamu di sebuah acara televisi di Jepang. Cukup unik, bukan?

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Keisuke Yamada sedang mengukir buah pisang[/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Alat yang digunakan untuk mengukir pisang: sendok buah dan tusuk gigi[/caption]

Hingga saat ini, kita ketahui bahwa sudah banyak buah yang dipakai untuk kerajinan. Biasanya, kerajinan ukiran buah atau engraver dilakukan untuk buah-buah padat yang tidak mudah rusak seperti apel, labu, melon, semangka dan lain sebagainya. Namun banyak pengrajin jarang menggunakan pisang sebagai bahan ukirannya. Banyak hal yang membuat buah ini tidak layar digunakan sebagai bahan ukiran. Yang pertama buah pisang adalah buah yang lunak, jika kamu menekannya terlalu kuat buah tersebut akan hancur. Kedua buah pisang mudah mengeluarkan lendir jika di korek, hal ini juga membuatnya susah untuk dibentuk. Ketiga, pisang bukan buah yang tahan lama untuk terkena udara (okseigen) , ia akan menghitam karena proses kimiawi. Jadi hal-hal inilah yang membuat pisang tidak populer untuk dijadikan bahan kerajinan dan kesenian. Namun, coba lihat karya-karya Keisuke ini, mungkin bisa mengubah semua pikiran negatif tentang pisang.

Untuk pertama kita lihat karakter-karakter dalam anime dan film yang dibuat oleh Keisuke:

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Colossal Titan dari Attack on Titan[/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Bart Simpson dari film The Simpsons[/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Alien dari film Alien vs Predator[/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Spider Man dari film dan komik berjudul sama, Spider Man[/caption]

Selain film dan karakter yang kita kenal, Keisuke juga membuat karakter imajinasinya sendiri. Mulai dari karakter mitos ataupun karakter modern seperti robot atau mecha. Kita lihat saja seperti apa bentuknya:

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Karakter mitos Frankenstein!![/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Naga dari cerita mitos Eropa[/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Mecha keren ini terbuat dari beberapa pisang![/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Poseidon, raja lautan yang bersenjatakan trisula[/caption]

Percaya atau tidak, beberapa pisang yang sudah selesai ia ukir dan difoto, ia langsung memakannya. Yap, karena di Jepang cukup mahal untuk membeli sesuatu, daripada mubazir, mending dimakan saja pisangnya tersebut. Lagipula, pisang yang sudah dikupas tak akan bertahan lama karena mudah membusuk.

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Endcape (kanan) adalah pria Jepang lain yang membuat karya seni dari sebuah pisang[/caption]

Selain Keisuke Yamada, ada juga pria Jepang lainnya yang menggunakan pisang untuk bahan desain-nya. Namun pisang-pisang tersebut bukan diukir seperti yang dilakukan Keisuke, tetapi menjadi media gambar. Ya, benar, pria yang menamakan dirinya エンドケイプ (Endcape) ini menggambar banyak karakter anime di sebuah pisang premium yang belum terkupas. Alat yang ia gunakan hanya sebuah paku pines. Seperti buahnya, kulit pisang dan buahnya mengantung senyawa yang mudah dapat bereaksi kimia dengan oksigen. Reaksi kimia ini membuat kulit pisang yang teroksidasi mengalami perubahan warna dari kuning menjadi coklat kehitaman. Hal inilah yang dimanfaatkan Endcape untuk menggambar di kulit pisang tersebut.

Penasaran dengan karya-karya Enscape? Berikut kita simak bersama-sama:

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Lukisan Mona lisa di sebuah pisang[/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Lukisan Gunung Rushmore di sebuah pisang[/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Proses pembuatan Lukisan Hatsune Mikuu di sebuah pisang[/caption]

Pria Jepang Ini Suka Bikin Kerajinan dari Pisang Proses pembuatan lukisan wajah Hayaoo Mizaki di sebuah pisang[/caption]

Hingga kini Endcape berusaha mengenalkan lukisan pisang ini kepada anak-anak SD di Jepang. Ia memberikan nama pelajaran melukis pisang ini dengan nama "BananArt." Ia juga bekerja sama dengan para murid sekolah dasar untuk membuat animasi (gambar bergerak) perjalanan seorang pisang mengelilingi dunia. Penasaran dengan video animasinya? Simak video berikut ini:

[youtube_embed id="v3kXHzzGKkk"]

ARTIKEL TERBARU