Pasar Komik Bandung 4 Diselenggarakan Tanggal 9 Mei!

Event Pakoban kembali lewat Pasar Komik Bandung 4, yang akan diadakan tanggal 9-10 Mei, masih di Braga City Walk Bandung!

Pasar Komik Bandung 4 Diselenggarakan Tanggal 9 Mei!

Pasar Komik Bandung 4 - Cover

Kamu fans komik lokal? Kamu tinggal di Bandung, atau setidaknya cukup dekat dari Bandung? Kalau begitu kabar gembira untuk kamu, karena Pasar Komik Bandung 4 - Feat. Gen-X akan diadakan pekan depan, yakni tanggal 9-10 Mei!

Apa sih Pasar Komik Bandung? Sesuai namanya, acara ini adalah sarana untuk membentuk sebuah wadah yang mempertemukan pembaca komik dengan komikus dan bahkan pihak penerbit. Komik-komik yang disajikan dalam PaKoBan ini terfokus kepada komik lokal yang orisinil. Ya, berbeda dari acara sejenis, Pasar Komik Bandung memang lebih fokus pada komik lokal karya asli bukannya fan works.

Pasar Komik Bandung 4 akan mengambil tajuk Gen-X. Dari keterangan yang disajikan panitia, Gen-X di sini berhubungan dengan salah satu unit kegiatan mahasiswa dari ITB, yakni Genshiken. Sebagai wujud perayaan ulang tahun kesepuluh Genshiken, acara ini menjadi ajang unjuk diri untuk UKM berbasis karya ini, khususnya karya dalam lingkup visual modern (popular culture) yang mencakup animasi, komik, musik, game, visual novel, cosplay, dan lain-lain yang berhubungan dengan seni visual atau multimedia. Tak hanya itu, Pasar Komik Bandung pun kali ini diadakan sebagai bagian dari peringatan 60 tahun konferensi Asia-Afrika!

Pasar Komik Bandung 4 - Poster

Tak hanya jual-beli komik, ada sederetan kegiatan lain yang bisa kamu ikuti di Pasar Komik Bandung 4 ini. Ada sesi comic jam, di mana para komikus menggambar komik strip bersama-sama. Ada sesi talk show, sharing, dan coaching clinic yang melibatkan praktisi komik dari luar dan dalam negeri. Jelas, kamu-kamu yang bermimpi menjadi komikus harus mengikuti sesi ini untuk dapat mendengar langsung suka-duka dari para pembicara, juga tips dan trik yang bisa kamu serap untuk diintegrasikan ke karya kamu sendiri. Selain itu, Pasar Komik Bandung juga akan memberikan kesempatan bagi kreator komik, terutama komik indie dan self-publish, untuk memperkenalkan karya mereka ke penonton.

Seperti Pasar Komik Bandung tahun lalu, di Pasar Komik Bandung 4 juga akan diadakan acara penyerahan penghargaan karya komik. Tahun lalu, piala Pasar Komik Bandung memiliki bentuk unik, yakni kaleng kerupuk, mengundang rasa penasaran apakah trofi tahun ini pun akan memiliki wujud yang tak kalah unik.

Gimana, menarik kan? Lalu, kapan dan di mana tepatnya acara ini akan diselenggarakan?

Tanggal Pasar Komik Bandung 4 sudah tertulis di atas, yakni hari Sabtu dan Minggu tanggal 9 hingga 10 Mei, hanya satu pekan dari tanggal artikel ini ditulis. Sedangkan lokasinya, sesuai dengan namanya, adalah di... Bandung. Lebih tepatnya di Braga City Walk, Bandung, tempat yang sama dengan Pasar Komik Bandung 3 tahun lalu. Untuk kamu-kamu yang ada di luar Bandung, masih ada waktulah untuk mengatur jadwal perjalanan dan rencana penginapan untuk menghadiri event keren yang satu ini. Butuh info lebih lanjut? Silakan kunjungi saja fan page [outbound_link text=" Pasar Komik Bandung" link=" https://www2.facebook.com/pasarkomikbdg/photos_stream?ref=page_internal"]!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU