Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

Walaupun penyebutan judulnya sedikit rumit dan artinya lebih susah dimengerti, namun inilah Rockman / Mega Man yang paling diharapkan penggemarnya!

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

Lama tak terdengar kabarnya (terakhir kami mengulasnya selama Tokyo Game Show 2014 yang berlangsung September tahun lalu) akhirnya, Mighty No. 9 mendapatkan tanggal rilis.

Mighty No. 9 akan dirilis di Amerika Utara pada tanggal 15 September 2015 mendatang (18 September di wilayah lainnya) untuk PlayStation 4, PlayStation 3, Xbox One, Xbox 360, Wii U dan juga PC Windows. Khusus konsol now gen (termasuk Wii U) akan tersedia dalam format fisik dan digital. Sedangkan platform lainnya, termasuk juga PC, hanya tersedia dalam format digital saja.

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

Untuk format digital, kalian bisa mengunduhnya setelah mengkredit dompet virtual kalian senilai US $19.99 (sekitar Rp. 260 ribuan). Sedangkan versi fisiknya, dijual dengan harga $29.99, atau sekitar Rp. 387 ribuan. Oh ya, seharusnya juga ada versi PS Vita dan 3DS, namun rencana rilisnya belum ditentukan. Khusus untuk versi fisiknya, ditangani oleh penerbit Deep Silver. Versi fisik tersebut juga memasukkan konten DLC serta tambahan lainnya.

Kerjasama developer Comcept dengan Deep Silver bukan sekadar untuk versi fisiknya saja, namun mereka juga memberikan dukungan tambahan bagi Comcept dalam memasukkan lebih banyak fitur ke dalam game ini, diantaranya:

  • •’Ray’ DLC: Dikonfirmasikan akhir Oktober 2014 lalu adalah rencana DLC pertama Mighty No. 9. Comcept memberi target US $190,000 hingga akhir 2014 untuk para backer agar DLC ini terwujud (dan tentu saja, terwujud dengan singkatnya!). Saat itu sudah diungkapkan jika Ray adalah versi Mighty No. 9 dari Zero-nya Mega Man. Di sini dia digambarkan sebagai karakter yang selalu berkelana seorang diri, sebuah robot dengan lubang besar di dadanya, tempat dimana inti terpenting yang menjadi sumber tenaganya berada (bukan, jelas dia bukan Tony "Iron Man" Stark). Lubang itu juga yang membuat Ray ini perlaham melemah, dan dia perlu menyerap robot lainnya untuk bertahan hidup (ala vampire). Tidak heran jika dia juga tampil agak menyeramkan, dengan sebagian wajahya yang hancur. Sebagai rival untuk Beck, DLC ini memberikan stage baru yang bisa kalian mainkan menggunakan Ray, yang memiliki skill serta mekanis permainan baru. Konten DLC ini sudah dimasukkan ke dalam semua format fisik game ini, dan juga digratiskan untuk semua backer Kickstarter.

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

  • •Voice-over support: Deep Silver juga membantu terwujudnya voice-over dalam bahasa Jepang dan Prancis, selain bahasa Inggris.
  • Localized version: Deep Silver bertanggung jawab mewujudkan versi translasinya dengan subtitle dalam bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, Jerman, Rusia, Polandia dan Portugis.

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/07/07/mighty-no-9-dapatkan-serial-animasi-kembali-membuka-kampanye-crowfunding-baru/" title="Mighty No. 9 Dapatkan Serial Animasi"]

Proyek Mighty No. 9 sendiri berawal dari Capcom yang dianggap telah menelantarkan franchise Mega Man (Rockman di Jepang) sehingga membuat banyak fansnya merasa kecewa. Nah, sang pencipta Mega Man, yaitu Keiji Inafune tidak tinggal diam dan ingin membuat game Mega Man 'versi'nya sendiri. Tentunya sangat mirip dengan game Mega Man yang sudah kita kenal selama ini dari Capcom. Mulai dari aksi karakternya, yang bernama Beck, yang dapat berlari, menembak, meloncat dan menggunakan beragam jenis senjata dari musuh-musuh yang berhasil dikalahkan. Lihat video di bawah untuk mengetahui seperti apa gameplay Mighty No. 9 ini:

[youtube_embed id="iBS0O_rdNyg"]

Video di bawah memperlihatkan bagaimana Beck menyusuri area dengan menaiki / menuruni tangga. Gerakan yang sama seperti yang bisa dilakukan Mega Man yang kalian kenal selama ini:

[youtube_embed id="g8FLGVKVrGQ"]

Video di bawah memperlihatkan bagaimana Beck melakukan dash action. Gunanya, bergerak lebih cepat, bisa melewati dinding dengan celah kecil di bawah, menghindari tembakan musuh, hingga lolos dari jebakan di lantai yang mengeluarkan api:

[youtube_embed id="OysIS-430kg"]

Sedangkan yang di bawah ini memperlihatkan aksi orisinal Beck, yaitu menyerap musuh. Begitu Beck berhasil melemahkan musuh dengan beberapa tembakan, melalukan dash action ke arahnya memicu ability absorb, dan Beck bakal menyerap bits musuh, yang disebut sebagai “Xel,” dan nantinya bisa dirubah menjadi power-up. Hati-hati, melakukan dash action ke arah musuh sebelum mereka benar-benar melemah, bisa menimbulkan damage lebih besar dari yang biasanya diterima Beck.

[youtube_embed id="AHZNRtgLw7k"]

Lanjut ke halaman 2....

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

Keiji Inafune pun sukses besar mengumpulkan dana lewat Kickstarter, dan membangun studionya sendiri yang bernama Comcept. Dana yang berhasil terkumpul melalui penggalangan dana Kickstarter pun melebihi ekspektasi awal, yaitu US $4.031.550. padahal target semula hanya $900.000!! Keberhasilan Kickstarter yang dilakukan Keiji Inafune ini menjadikannya sebagai proyek Kickstarter yang paling sukses selama ini.

Berkat donasi yang 'luar biasa' dari para fans nya, Mighty No. 9 pun akhirnya bisa ikut tampil di konsol now gen seperti PS4 dan Xbox One, dan tidak ketinggalan juga handheld seperti PS Vita dan 3DS juga kebagian.

Mighty No. 9: PAX 2014 Gameplay Footage

[youtube_embed id="f1nBRyLVeXI"]

Mighty No. 9 menjadi salah satu wujud kekuatan massa yang berhasil dalam dunia game. Game Action Sidescrolling ini dikembangkan oleh Comcept yang bekerjasama dengan Inti Creates, dan produsernya Keiji Inafune. Nama tersebut, dan juga melihat seperti apa penampilan Mighty No. 9wajar jika banyak yang menyimpulkan game ini adalah penerus spiritual serial Rockman / Mega Man.

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

Selain dana dari pihak luar, proses pengembangannya pun banyak mendapat masukan dari mereka yang juga ikut menyumbang (disebut para backer), mengarahkan Mighty No. 9 menjadi sebuah game yang benar-benar diinginkan gamer atau publik yang membantu pendanaannya. Target minimal dana yang dibutuhkan untuk membiayai pengembangan game ini langsung terpenuhi 2 September 2013 lalu, hanya berselang dua hari setelah kampanyenya dibuka di Kickstarter, menunjukkan antusias yang hebat dari publik gamer akan Mighty No. 9.

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/09/26/inilah-yang-terbaik-dari-tgs2014-sebagian-siap-temani-liburan-akhir-tahun/" title="Penerus Spiritual Mega Man Menjadi Game Terbaik TGS 2014"]

Namun dengan beberapa fitur lain dimasukkan, seperti stage tambahan, mode spesial, dan port ke beberapa platform game yang diungkapkan pasca target tersebut dicapai, mengundang makin banyak penyandang dana yang masuk, dan meningkatkan dana terkumpul menjadi lebih dari 400% dari target awalnya.

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

Oktober 2013 lalu, game yang awalnya bakal dirilis April 2015, dan kemudian ditundak sampai September mendatang ini berhasil mengumpulkan uang senilai US $3,845,170, atau sekitar Rp. 45 miliar, dari 67,226 backer. Jumlah yang sangat besar, dan menjadikan Mighty No. 9 sebagai kampanye crowfunding Kickstarter terbesar keempat setelah game space combat Star Citizen yang meraih US $44,5 juta, konsol micro Ouya dengan pencapaian US $8,5 juta, serta game RPG Torment: Tides of Numenera yang mendapatkan US $4,1 juta dari Kickstarter.

Mighty No. 9 Sukses Bobol Kickstarter, Semua Mesin Game Kebagian!

Sumber: [outbound_link text="Kickstarter" link="https://www.kickstarter.com/projects/mightyno9/mighty-no-9"], [outbound_link text="Official Site" link="http://www.mightyno9.com/"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU