Age of Ultron Gagal Pecahkan Rekor Box Office Avengers Pertama

Bagaimana bisa begitu? Simak beritanya di dalam

Age of Ultron Gagal Pecahkan Rekor Box Office Avengers Pertama

Avengers-Age-of-Ultron

Hasil resmi pendapatan pekan pertama Age of Ultron telah tersedia. Walau sudah mendulang lebih dari 400 juta dolar di pasar internasional, film blockbuster terbaru Marvel Studios ini ternyata gagal memecahkan rekor box office Avengers pertama di pasar Amerika!

Adapun rekor box office Avengers pertama yang gagal Age of Ultron pecahkan adalah rekor pendapatan pekan awal film. Sebagai gambaran, ini adalah hasil pekan pertama [outbound_link text="Age of Ultron" link="http://marvelcinematicuniverse.wikia.com/wiki/Avengers:_Age_of_Ultron"] bila dibandingkan dengan rekor box office [outbound_link text="Avengers" link="http://marvelcinematicuniverse.wikia.com/wiki/The_Avengers"], yang masih kukuh di puncak, serta film-film lain yang juga memiliki pendapatan domestik besar di Amerika. Datanya tentu diambil dari sumber terpercaya, yakni langsung dari situs [outbound_link text="Box Office Mojo" link="http://www.boxofficemojo.com/alltime/weekends/"].

Rekor Box Office Avengers - Chart

Apa kira-kira penyebabnya? Mungkin salah satunya adalah rating Avengers: Age of Ultron yang tidak setinggi Avengers pertama. Di [outbound_link text="Rotten Tomatoes" link="http://www.rottentomatoes.com/m/avengers_age_of_ultron/"], Avengers: Age of Ultron mendapat review positif dari 75% kritikus. Bandingkan dengan hasil [outbound_link text="Avengers" link="http://www.rottentomatoes.com/m/marvels_the_avengers/"] pertama, yang dianggap bagus oleh 92% kritikus yang menilai filmnya! 75% ini bahkan masih di bawah rating untuk [outbound_link text="Fast & Furious 7" link="http://www.rottentomatoes.com/m/furious_7/?search=Furious%207"], yang dianggap bagus oleh 82% kritikus.

Sementara itu di situs agregat, [outbound_link text="Metacritic" link="http://www.metacritic.com/movie/avengers-age-of-ultron"], Avengers: Age of Ultron hanya memperoleh nilai rata-rata 66, turun 3 poin dari nilai [outbound_link text="Avengers" link="http://www.metacritic.com/movie/the-avengers-2012"] pertama yang memperoleh rata-rata 69.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/03/antagonis-terbaik-marvel-cinematic-universe/" title="5 Antagonis Terbaik Marvel Cinematic Universe!"]

Tapi, hasil situs kritik saja seharusnya tidak menjadi alasan mutlak turunnya pendapatan suatu film. Kalau memang fans film mendengarkan situs Rotten Tomatoes dan Metacritic, seri Transformers yang rutin dapat nilai jelek pasti tidak akan jadi salah satu franchsie paling menguntungkan dalam sejarah. Penyebab lain, yang terasa sangat mungkin, adalah "gangguan" tak terduga dari pertandingan tinju paling heboh di dekade ini: Mayweather Vs Pacquiao yang diadakan akhir pekan lalu. Alih-alih ke bioskop, banyak orang yang lebih tertarik untuk menyaksikan pertandingan tinju itu secara langsung atau lewat pesawat televisi mereka. Melihat betapa membosankannya pertarungan itu, mungkin penonton yang lebih memilih menyaksikan Mayweather Vs Pacquiao justru merasa menyesal.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/05/rahasia-dibalik-gambar-konsep-captain-america-civil-war/" title="Rahasia Dibalik Gambar Konsep Captain America: Civil War!"]

Selain itu, faktor "wow" dari melihat semua superhero yang dibangun terpisah di film-film Phase 1 bergabung bersama di satu film juga menjadi faktor lain rekor Box Office Avengers pertama. Whedon sudah melakukan yang terbaik dengan Age of Ultron, bahkan memberikan pendalaman karakter ekstra pada mayoritas karakter, namun pada akhirnya faktor ekstra itu tak bisa lagi diwujudkan karena mereka sudah terlebih dahulu bekerja sama di film terdahulu.

Tentunya, ini bukan sepenuhnya kabar buruk bagi Disney dan Marvel Studios. Lihat lagi daftar pendapatan pekan pertama di atas. Saat ini Marvel mendominasi tiga besar rekor tersebut dengan Avengers, Avengers: Age of Ultron, dan Iron Man 3! Hanya satu tokoh dari DC Comics yang mampu menancapkan namanya di daftar ini, dan dia adalah Batman, yang sudah teruji sebagai sumber duit Warner Bros.

Walau gagal memecahkan rekor box office Avengers pertama dalam kategori pendapatan pekan awal, Avengers: Age of Ultron masih mampu memecahkan rekor pendapatan total domestik dan global Avengers. (Domestik: $623,357,910 Internasional: $1,518,594,910). Perkara apa Age of Ultron berhasil melakukannya atau tidak, kita harus menunggu bersama.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU