Secuil Interview Bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda!

Oda mengakui dia tidak bisa bersaing dengan Kishimoto. Sebaliknya, Kishimoto menghormati Oda dan menganggapnya sebagai sensei (senior). Yuk, kita simak interview bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda yang dirangkum dalam Naruto Official Guest Book!

Secuil Interview Bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda!

interview bersama masashi kishimoto dan eiichiro oda

Naruto Official Guest Book tidak hanya menampilkan beberapa cerita baru dari Naruto, tetapi juga interview bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/25/wajah-kakashi-akhirnya-terungkap/" title="Wajah Kakashi Akhirnya Terungkap!"]

Naruto Exhibition Art yang diadakan di Tokyo, dan kemudian Osaka, beberapa saat yang lalu mempertunjukan banyak sekali artwork dan juga figure 3D dari beberapa adegan terkenal dan juga tokoh-tokoh ikonik Naruto. Selain itu, juga dibagikan sebuah Naruto Exhibition Official Guest Book secara gratis kepada pengunjung disana. Buku ini berisikan beberapa cerita baru dari Naruto –termasuk diantaranya adalah pengungkapan wajah sebenarnya Kakashi– dan juga sebuah interview bersama dengan Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda!

Dalam interview bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda tersebut terdapat beberapa cerita tentang bagaimana mereka berdua saling bertemu, pengalaman mereka berdua sebagai seorang mangaka Shounen Jump dan masih banyak lagi! Berikut ini adalah secuil interview bersama Masashi Kishimoto dan Eichiro Oda:

Q: Kapan kalian berdua pertama kali bertemu?

Kishimoto: Kapan ya...mungkin di pesta Tahun Baru JUMP saat aku masih jadi pemula (di industri manga).

Oda: Memangnya saat itu ya?

Kishimoto: Mungkin *tertawa*. Kesan pertamaku saat itu, dia (Oda) sudah bagaikan Sensei (Guru) yang hebat dan terkenal.

Oda: Apa yang kau bicarakan? *tersenyum kaku*

Kishimoto: Benar kok, habisnya Oda-san sudah 2 tahun lebih dulu memulai serialisasi daripada aku, tiba-tiba saja aku merasa bertemu dengan orang yang luar biasa...Lalu, awalnya aku ingin memanggil 'sensei', tapi dia bilang kepadaku "Jangan panggil Oda-sensei".

Oda: Tentu saja, kita 'kan seumuran. Kenapa harus panggil 'sensei'...

Kishimoto: Meskipun kita bukan artis, tapi kupikir seseorang yang lebih dulu terjun ke suatu industri (dalam hal ini, manga) itu adalah orang yang mengagumkan (dan lebih berpengalaman jadi patut dipanggil 'sensei') *tertawa*

Oda: Aku juga sudah terus memperhatikan Kishimoto-san semenjak dia masih jadi pemula. Gambar buatannya bagus, entah mengapa Saya merasa kita mungkin memiliki aliran yang sama

Kishimoto: Aliran ?? *tertawa*

Oda: Itu lho, kenapa ada dougi (seragam latihan bela diri) Kamesenryu (aliran bela diri di DRAGON BALL) ya...begitu pikirku *tertawa* Karenanya dari awal aku sudah bersiap-siap untuk bertanding (dengan Kishimoto)...

Kishimoto: Saya mengetahuinya, Anda memiliki tekad (untuk bertanding) pada saat itu *tertawa*

Oda: Karena kita sama-sama berada dalam industri manga, hal seperti menang-kalah sudah sewajarnya ada. Namun setelah aku bertemu dengan Kishimoto secara pribadi, saya mengethaui dia benar-benar orang yang baik. Tiba-tiba saya berpikir hasil tidak masalah. Aku tidak bisa bersaing dengan orang seperti dia. Itulah yang saya pikirkan.

Kishimoto: Saya pikir itu karena kita berdua memahami kerja keras masing-masing.

Oda: Sangat menyenangkan mendengar Anda mengatakannya. Ketika Anda bekerja keras. Itu adalah hal yang penting untuk mengetahui apa yang dikatakan orang lain tentang dirimu dan pekerjaanmu. Aku merasakan Anda memiliki sudut pandang yang sama seperti saya, benar-benar mengerti bagaimana perasaan saya yang sebenarnya, bagus untuk mengetahuinya.

Kishimoto: Aku benar-benar mengerti kok *tertawa*. Tapi saya pikir saya orang yang kurang memiliki tekanan. Oda-san, kamu selalu berada di puncakmu. Kerja keras dan rasa sakit yang tidak biasanya (yang orang normal tidak bisa menahannya). Jika aku jadi kamu, saya kira saya akan menderita gastrointestinal perforation yang disebabkan tekanan yang sangat besar.

Oda: Luar biasa memiliki Naruto sebagai lawan. Hal yang paling beruntung adalah Anda tidak membiarkan saya mendapatkan kemenangan penuh. Sebenarnya, saya tidak punya kemenangan penuh di serialisasi majalah mingguan, selain itu dan yang paling penting Naruto lebih populer daripada One Piece di negara-negara asing. Bisa merasakan frustasi seperti ini sungguh membuatku berterima kasih. Tidak ada satu keberadaan pun yang bisa membuatku begini selain dia (NARUTO)

Kishimoto: Ketika aku telah menempatkan targetku pada ONE PIECE, aku langsung berpikir ingin bisa menang (dari ONE PIECE). Tidak salah lagi, itulah yang aku sadari saat itu.

interview masashi bersama kishimoto dan eiichiro oda 2

Q: Apa yang Anda pikirkan ketika Anda mendengar Naruto berakhir, Oda-sensei?

Oda: Akhirnya datang juga. Saya yakin merasa kesepian. Meskipun sebelumnya aku sudah mengetahuinya, saya tidak berharap untuk melihatnya berakhir.

Kishimoto: Setelah serialisasi, saya mengirim pesan ke Oda-san. Karena kita sering tetap berkomunikasi, jadi itu bukankah istimewa. Saya akan merasa memalukan jika saya membesar-besarkannya (tertawa)


Q: Naruto berakhir di Jump edisi #50/2014, sampul One Piece dan informasi lainnya yang mewakili unsur Naruto telah menyebabkan diskusi besar.

Oda: Setelah serialisasi, editor media Kishimoto-san adalah editor saya sebelumnya, jadi ketika Naruto berakhir, dia dan aku punya ide untuk melakukan sesuatu.

Kishimoto: Ah, bisa dijelaskan. Saya tidak tahu itu.

Oda: Tapi editor tidak melakukan apa-apa (tertawa). Saya hanya berpikir menggambar segala sesuatu tentang Naruto untuk memasukan kedalamnya pada saat itu.

Kishimoto: Saya tahu. Ini tidak mudah.

Q: Pada sampul, jika kita merangkaikan semua kata pertama (kedua) pada kertas menu bersama-sama, kita bisa mendapatkan pesan "ナ ル と お つ カ レ 三 で し た". Ini berarti "Terima kasih atas kerja kerasmu, Naruto!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/11/06/mangaka-one-piece-ini-juga-mengucapkan-selamat-jalan-kepada-naruto/" title="Mangaka One Piece Ini Juga Mengucapkan Selamat Jalan Kepada Naruto"]

Oda: Saya ingin menggambar sebuah warung ramen, dan mengapa tidak menyembunyikan info disana. Jika seseorang tidak menemukannya, aku sendiri yang akan memberitahu Kishimoto-san, ternyata sudah segera menemukan. (tertawa)

Kishimoto: Saya tidak menyadari saat pertama kali melihatnya. Adikku menelepon saya dan mengatakan kepada saya untuk membaca menu secara hati-hati. Dan saya membacanya, wow. (tertawa)

Oda: Padahal, saya pikir saya sudah menyembunyikannya dengan baik, terkejut bahwa semua orang dapat menemukannya.


Q: Pembaca tampaknya melihat dengan melihat "salad dari arugula".

Oda: Aku mencari nama makanan yang mengandung "ru" (Lu untuk Luffy), tapi itu tidak lazim digunakan untuk diperlihatkan pada sebuah restoran kecil. (tertawa)

Kishimoto: Berbicara tentang sampul, Luffy memakan ramen dan Naruto memakan daging benar-benar bagus.

Secuil Interview Bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda! Sampul yang dimaksud Masashi Kishimoto[/caption]

Oda: Sulit untuk membiarkan Luffy berbagi daging (tertawa).

Kishimoto: Selain itu, Judul Chapter adalah "SMILE, itu membuat saya merasakan sesuatu. Meskipun hal ini menyebabkan diskusi besar di antara pembaca, saya pikir saya satu-satunya yang mengerti kebahagiaan

Oda: Awalnya, tidak hanya di sampul, saya berencana untuk menyembunyikan beberapa hal tentang Naruto di cerita utama. Namun, pada waktu itu, itu kilas balik tentang Corazon, Luffy tidaklah disana. Aku berpikir tentang menambahkan tanda Naruto di latar belakang, dan menambahkan kumis Naruto di wajah Luffy. Tapi saat Naruto berakhir, kilas balik masih belum berakhir.

Kishimoto: Ah-ha (tertawa). Ketika saya melihat sampul itu, saya pikir itu akan baik jika saya bisa terus (menggambar) sedikit lebih lama.


Q: Dalam Chapter terakhir Naruto, Kishimoto-sensei menambahkan lambang "Straw Hat Pirates" pada Naruto.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/11/14/masashi-kishimoto-saya-bisa-sejauh-ini-dengan-naruto-berkat-one-piece/" title="Masashi Kishimoto: Saya Bisa Sejauh Ini Dengan Naruto Berkat One Piece"]

Oda: Oh itu. Kishimoto menghubungi saya dan mengatakan kepada saya (sebelum publikasi). Dia bertanya apakah itu tepat untuk menarik lambang "Straw Hat Pirates" seperti yang digambar oleh anak-anak. Tentu saja tidak masalah. Tapi bagaimanapun itu Chapter terakhir Naruto, saya khawatir bahwa penggemar Naruto mungkin akan marah pada saat itu.

Kishimoto: Tidak masalah (tertawa). Ini pasti akan menyebabkan diskusi besar jika saya menggambar tanda disana.

Secuil Interview Bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda! Balasan dari Masashi Kishimoto kepada One Piece Eiichiro Oda[/caption]

Oda: Namun, saya tidak berharap untuk menjadi besar (tertawa). Orang sering berpikir hubungan antara para Mangaka lain dalam majalah yang sama mungkin tidak baik karena persaingan, itu tidaklah benar sama sekali, kita adalah teman yang sangat baik.

Kishimoto: Benar, pada kenyataannya, setiap orang memiliki hubungan yang baik pada orang lain (tertawa).

Oda: Semua kontribusi Kishimoto-san untuk melepaskan Jump memiliki dua pertempuran Manga pada waktu yang sama.

Kishimoto: Apa yang kamu katakan ? (senyum).

Oda: seri Manga yang memiliki setting yang sama dan keeksisan pada waktu yang sama akan dengan mudah berjuang untuk pembaca yang memiliki preferensi itu. Tapi Kishimoto-san menghindari itu dengan baik dan melakukan pekerjaan yang baik tidak overlapping Naruto dengan One Piece.

Q: Apakah Anda telah dipengaruhi oleh Manga lainnya?

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/29/20-fakta-seru-dragon-ball-z-yang-kamu-belum-tahu/" title="20 Fakta Seru Dragon Ball Z Yang Kamu Belum Tahu"]

Kishimoto: Tidak diragukan lagi bahwa Akira Toriyama-sensei telah membuat dampak besar. Dragon Ball bahkan tidak perlu disebutkan (itu terlalu bagus), saya suka Dr. Slump dan saya juga suka Katsuhiro Otomo-sensei Akira.

Oda: Ketika saya pertama kali melihat gambar Kishimoto-san, pewarnaan gambarnya mengingatkan saya pada Otomo-sensei.

Secuil Interview Bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda! Manga Akira oleh Katsuhiro Otomo[/caption]

Kishimoto: Oh, Anda memperhatikannya. (tertawa)

Oda: Sebagai mangaka, ini mudah untuk mengetahui dengan melihat gaya/aliran dari gambarnya dan pengaruh cerita yang dibuatnya.

Kishimoto: Kalau saya sendiri, saya telah terpengaruh oleh Dragon Ball dalam hal penciptaan cerita. Gaya Shonen, perkembangan yang menarik. Hal-hal seperti Goku mempunyai bayi adalah favorit saya. Juga, Toriyama-sensei menggambar proporsi hitam dan putih yang indah.

Oda: Bahkan ketika saya melihatnya sekarang, gambar Toriyama-sensei tidaklah kuno sama sekali. Menakjubkan bahwa ia memiliki desain yang sangat baik.

Secuil Interview Bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda! Rock Lee yang digambar oleh Akira Toriyama dalam Naruto Art Exhibition[/caption]


Q: Selain Mangaka, siapa lagi telah mempengaruhi Anda?

Kishimoto: Mungkin beberapa desainer animasi.

Oda: Ketika aku bersama Kishimoto-san, aku selalu mengenal nama beberapa desainer animasi yang tidak pernah saya dengar. Ketika Naruto mendapatkan animasi, Kishimoto-san memilih produser animasinya sendiri kan ?

Kishimoto: Benar (Tertawa).

Oda: Tidak ada mangaka lain kecuali Kishimoto-san yang memiliki pengetahuan tentang animasi yang mampu melakukannya.

Kishimoto: Produser saya adalah orang yang sudah mendapatkan penghargaan beberapa kali di luar negeri seperti Perancis. Sebenarnya, ketika saya masih Mangaka pemula saya sudah berpikir tentang meminta dia untuk menjadi produser jika suatu saat Naruto mendapatkan animasi. Kepentingan pribadi saya adalah salah satu alasannya, saya pikir penggemar asing juga mulai menyukai Naruto jika produser aktif di luar negeri.

Oda: Naruto menjadi populer di seluruh dunia itu pasti akan terjadi.

Kishimoto: Mah, walaupun pada saat itu, saya hanya berpikir bahwa "Jika itu akan menjadi kenyataan"

Oda: Sekarang Kishimoto-san mengatakan itu hal yang tak terpikirkan, tapi pada saat itu, Naruto mulai serialisasi selama 2-3 tahun, biasanya Mangaka tidak akan berpikir sejauh ini. (Oda mengatakan itu adalah hal yang luar biasa).


Q: Ini bagus untuk memiliki mimpi menjadi kenyataan, bagaimana dengan Anda, Oda-sensei?

Oda: Jika saya benar-benar harus memikirkannya, Saya ingin menjadi Hayao Miyazaki (seorang sutradara film animasi dan mangaka asal Jepang).

Kishimoto: Oda-san memiliki (ide) original yang cemerlang. Itu tidak terlihat seperti Oda telah dipengaruhi oleh orang lain.

Oda: Mungkin itu karena saya adalah seorang anak normal yang membaca banyak Manga. Sekarang saya berpikir tentang hal ini, itu tidak buruk. Selain itu, saya beruntung dilahirkan pada waktu yang baik ketika Jump berada di tengah-tengah zaman keemasannya. Saya mulai membacanya ketika saya masih di usia yang bisa menikmatinya.

Kishimoto: Ya, tepat di tengah. Cerita sebaiknya dikembangkan dengan cara seperti ini sehingga akan menarik. Jadi itu benar-benar berbeda dari membeli volume membaca semua Chapter sekaligus. Jika kamu membeli Majalah Jump Mingguan dan mengikuti serialisasi sedikit demi sedikit, kamu dapat mendalami perasaan (menghayati) dengan melakukan hal itu.

Oda: Generasi kita telah menikmati kegagahan Jump (Tertawa).

Q: Kishimoto-sensei, karakter atau cerita di One Piece yang kamu sukai?

Kishimoto: Saya mengatakan ini bukan karena Oda-san di sini, aku suka semuanya (tertawa). Adapun karakter yang saya suka Bellamy, baik kepribadian dan kemampuannya. Tapi favorit saya adalah Chopper. Pertemuannya dengan Hiluluk dan Salju Sakura ketika ia pergi ke laut yang sangat menyentuh.

Oda: Saya apresiasi/menghargainya.

Kishimoto: Namun, meskipun aku suka Chopper, dia agak pemalu, jadi dia lebih lemah dari Luffy dalam banyak aspek. Itulah sebabnya saya pikir Chopper adalah "bos yang sesungguhnya"(tertawa).


Q: Apa yang membuat kamu berpikir seperti itu?

Kishimoto: Hmm ... biarkan aku melihatnya. Luffy adalah protagonis, karakter tercinta, tapi itu karena keberadaan Chopper. Maksudku mereka berdua telah menghasilkan efek multiplikasi yang kuat. (Dalam Kelompok Topi Jerami) mereka merasakan kehadiran dan suasana, sebenarnya Chopper memainkan peran kunci dalam kelompok bajak lautnya. Meskipun dia seorang yang lucu, dia juga seorang raksasa.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/09/6-hal-yang-kita-ketahui-tentang-awakening-dalam-one-piece/" title="6 Hal Yang Kita Ketahui Tentang Awakening dalam One Piece!"]

Oda: Chopper kembali melakukan sesuatu yang jahat di belakang semua orang.. Hentikan, omong kosong (tertawa). Biarkan saya memberitahumu sebuah rahasia. Chopper dibesarkan di lingkungan yang menyakitkan, aku akan membuat dia karakter yang menonjolkan kelucuan, rusa berjalan dengan 2 kaki. Tapi Luffy dan beberapa teman-temannya populer juga, saya tidak bisa memposisikan untuk Chopper. Jika saya merancang dia seperti awal perencananku (ilustrasi dalam Green Databook), ia akan ditutupi oleh karakter lain (orang tidak bisa melihat keunikannya). Jadi akhirnya saya membuatnya lebih kecil dan manis.

Secuil Interview Bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda! Desain awal Chopper[/caption]

Kishimoto: Benarkah? Bagi saya sendiri, saya cukup iri pada Chopper.

Oda: Kamu sudah mengatakan kepada saya sebelumnya (tertawa).

Kishimoto: Bahkan, saya pernah merancang karakter maskot seperti kodok. Aku menggambarnya di sampul volume dan edisi Jump. Benar-benar tidak populer.

interview bersama masashi kishimoto dan eiichiro oda maskot naruto Kecebong pink dibelakang Naruto sebenarnya adalah maskot serial Naruto?[/caption]

Oda: (tertawa) TBH, selalu ada sesuatu yang terjadi diluar rencana. Bagiku, Chopper adalah salah satu dari mereka.


Q: Hal ini banyak terjadi bagaimana pengembangan cerita sebenarnya berbeda dari apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali memulai serialisasi.

Oda: Tentu saja. Omong-omong, ide-ide keluar ketika saya masih muda berusia (20 tahun), sekarang ide yang akan harus lebih menarik dari itu.

Kishimoto: Ya, bagaimanapun itu benar.

Oda: Saya tidak akan kalah dari masa lalu saya (Tertawa).

Kishimoto: Itu karena kamu memiliki sejumlah pengumpulan ide setelah bertahun-tahun.


Q: BTW, apakah ada aspek tertentu yang tidak mudah untuk digambar oleh kalian berdua?

Kishimoto: Saya tidak pandai menggambar wanita. Oda-san tampaknya terbaik dalam segala hal.

Oda: Benar, semuanya.

Kishimoto: Yah, saya tidak banyak menemukan kemudahan, tetapi ketika pengiriman deadline mulai mendekat, aku tidak bisa menggambar apa yang harus digambar dalam waktu yang singkat karena kurangnya emosi, belum lagi itu akan memakan banyak waktu untuk berpikir tentang apa yang digambar dibagian awal.

Oda: Sungguh. Saya hanya menggambar apa yang saya ingin gambar.

Kishimoto: Karena itulah kami tertarik.

Oda: Kesalahan besar untuk berpikir bahwa kita menggambar karena pekerjaan kita.

Q: Seri pendek baru dari Kishimoto-sensei akan dimulai pada tanggal 27 April

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/07/naruto-gaiden-bab-2-siapakah-pemilik-sharingan-ini/" title="Naruto Gaiden Bab 2: Siapakah Pemilik Sharingan Ini?"]

Oda: Berapa minggu lagi itu akan terjadi ?

Kishimoto: Itu akan terjadi

Oda: Apakah kamu bercanda ?

Kishimoto: Tentu saja tidak (Tertawa).

Oda: Menurutku dengan kamu memiliki 15 tahun pengalaman, seri pendek bukanlah masalah. Orang di sekitarmu dan Kishimoto-san sendiri tidak akan cukup membayar perhatian yang cukup untuk itu. Ini akan jauh lebih sulit dari yang kamu pikirkan untuk memulai seri baru pada saat ini.

Kishimoto: Apakah itu ?

Oda: Ini adalah cara yang berbeda dari serialisasi mingguan seperti yang kulakukan.

Kishimoto: Saya belum meninggalkan serialisasi mingguan untuk jangka waktu yang sangat lama. Aku merasa aku sedikit keluar dari kebiasaan.

interview bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda - Meja Kerja Masashi Kishimoto Meja kerja Masashi Kishimoto[/caption]

Oda: Juga, ini adalah seri yang orang-orang nantikan setelah Naruto berakhir, Anda tidak bisa bermalas-malasan di tempat kerja.

Kishimoto: Kamu benar.

Oda: Saya rasa kesempatan istirahat mulai terlihat jelas.

Kishimoto: Sulit untuk Mangaka untuk kembali ke pekerjaan bahkan meski setelah sehari libur.

Oda: Saya beristirahat sedikit di tahun baru, itu hanya beberapa hari, saya merasa tangan saya menjadi lebih lambat.

Kishimoto: Memang (Tertawa). Saya tidak bisa benar-benar menggambar apa yang kupikirkan, dan saya menjadi lebih sering mengunakan hapusan.

Oda: (Ketika tangan saya menjadi lambat) saya tidak bisa menggambar seperti aku melakukan one-take (menyelesaikannya tanpa mengedit kedua kalinya)..ah, apa yang terjadi. Ini mungkin terdengar sulit dipercaya bahwa saya menggambar lebih baik ketika aku sibuk (Tertawa). Manusia akan berada dalam bentuk terbaik mereka ketika dia fokus.


Q: Apa krisis terbesar dalam serialisasi?

Kishimoto: Ketika saya punya sakit punggung.

Oda: Itu pasti mengerikan (Tertawa).

Kishimoto: Ada saatnya ketika paru-paru saya tidak baik, setiap kali ketika saya merasa sedikit lelah, saya batuk-batuk tidak berhenti seperti terkena pneumonia, dan ketika saya mulai batuk, saya kembali sakit. Itu begitu sulit, saya pernah menggambar serialisasi dengan menggunakan pensil di Jump untuk sementara (karena sakit). Dan aku juga pernah terjatuh dari tangga sekali..

Oda: Eh? kapan itu terjadi ?

Kishimoto: Ya, sekitar 3 tahun yang lalu. Ketika saya dan keluarga saya pergi pemandaian air panas, aku duduk di tangga batu dan melamun.. selanjutnya seperti yang kau tau

Oda: Itu berbahaya.


Q: Apakah itu karena kamu memikirkan tentang cerita?

Kishimoto: Tidak, saya hanya merasa kelelahan.

Oda: Tidak ada seorangpun yang berpikir mengenai cerita di tangga (Tertawa).

Kishimoto: Meskipun aku tidak benar benar terluka, saya pikir saya akan mati ketika terjatuh. (Tertawa).

Oda: Jika kamu meninggal di sana seperti itu, kamu pasti akan menjadi legenda.

Kishimoto: Aku tidak ingin menjadi legenda yang seperti itu (Tertawa).

Oda: Hmm, saya mengerti, legenda tidak sebagus kedengarannya. Saya mungkin berpikir "saya akan menjadi legenda jika aku mati" ketika aku berbicara tentang kematian, aku tidak ingin memiliki semacam testimoni.

Kishimoto: Seperti Vincent van Gogh, bagaimanapun penghargaan dan penghormatan akan diberikan, itu berarti setelah kematian, penghargaan yang terbaik ketika aku masih hidup (Tertawa).

Itulah tadi secuil interview bersama Masashi Kishimoto dan Eiichiro Oda. Mereka berdua benar-benar teman yang dekat bukan?

Sumber: OnePieceWiki

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU