20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)

Anime sebagai media seni dan budaya telah berkembang pesat dan bahkan menurut opini penulis beberapa layak dapat Oscar. Inilah daftar Anime yang dianggap penulis layak dianggap terbaik sepanjang masa

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)

Sebagai penggemar anime, saya telah menghabiskan ribuan jam dalam hidup saya untuk nonton ratusan judul anime. Dari beberapa ratus judul tersebut, saya menemukan beberapa yang benar-benar dapat saya nikmati.

Beberapa karena ceritanya menginspirasi, animasinya indah atau temanya menarik, atau dalam beberapa kasus kombinasi diantara ketiganya. Intinya saya sampai pada satu kesimpulan bahwa anime sebagai medium seni juga memiliki beberapa contoh yang berkelas maestro. Karena saya baru nonton mulai pertengahan 1990an, daftar ini sangat kurang dengan anime yang lebih lawas, Saya juga tidak memasukkan film dalam daftar ini karena memang antara serial dan film agak sulit dan seringkali malah bias (seperti membandingkan lari sprint dan marathon).

Urutan dalam daftar ini juga relatif acak, nomor 18 belum tentu lebih jelek daripada nomor 11, tapi beberapa yang ada di dalam urutan 10 besar memang merupakan mahakarya seni dan tanpa ragu saya anggap lebih bagus daripada yang memiliki ranking lebih rendah. Sebelum kita bahas 20 anime terbaik, kita perlu bahas beberapa honorable mention yang "hampir" masuk ke dalam daftar ini namun karena alasan tertentu tidak jadi saya masukkan.

  1. Ruroni Kenshin sebagai anak yang tumbuh di masa 90an, tidak mungkin saya tidak tahu anime ini. Dengan tema restorasi Meiji dibalut dengan romantisme samurai, karya ini pernah saya anggap merupakan maestro anime, namun seiring saya semakin dewasa, kualitas karya ini menjadi relatif "biasa" saja - terutama jika dibandingkan dengan yang masuk di dalam daftar dibawah ini. Namun jika kamu punya waktu untuk dihabiskan, anime ini masih sangat layak untuk dilihat
  2. Clannad suka anime school life yang damai damai saja ? anime ini cocok jadi rujukan utamamu. Clannad sendiri memiliki cerita yang mudah ditebak namun tetap indah, kombinasi karakter yang klise namun tetap mempesona dan visual yang indah nan memukau (pada jamannya).
  3. Doraemon oke, siapa yang tidak kenal Doraemon, cerita robot ajaib dan anak malas ini sudah menjadi salah satu IP paling terkenal di dunia. Plot sendiri unik dengan adanya perjalanan waktu dan robot yang memiliki alat canggih dari masa depan. Namun dengan ratusan episode yang berasa berulang ulang dan beberapa alat yang saya rasa fungsinya mirip mirip, menjadikan karya ini tidak layak masuk 20 besar.
  4. Crayon Shinchan sama seperti Doraemon, Crayon Shinchan memiliki tema menarik, plot ringan dan karakter yang sungguh unik. Anime ini memiliki beberapa episode awal yang memikat. Sayang semakin kebelakang ceritanya jadi semakin repetitif dan membosankan. Karena alasan itulah saya tidak masukkan Shinchan ke dalam list.
  5. Tatami Galaxy adalah cerita dengan keindahan visual kelas atas, dikombinasikan dengan script cerita yang tajam namun bikin mikir, dialog (+ monolog?) yang memikat dan menggugah pikir. Sayang sekali, gaya seni visual yang diusung agak terlalu unik sampai saya sendiri-dan mayoritas penikmat anime mainstream akan kehilangan selera.
  6. Katanagatari adalah karya lain dari pencipta Monogatari - Nisio Isin. Katanagatari mengambil pendekatan berbeda dengan Monogatari yang bercerita tentang banyak ide dan topik, yaitu dengan cerita yang lebih fokus. Mengusung cerita romansa yang memikat dan perjalanan yang indah sekaligus antik. Cerita ini sukses membawa saya tertawa sekaligus menangis. Sayang saya lebih suka Monogatari sehingga merasa berdosa kalau memasukkan yang ini ke dalam daftar.
  7. Full Metal Alchemist : Brotherhood pernah jadi favorit saya, diperkuat oleh konsep alkimia yang jarang ada di anime lain dan motif protagonis yang seakan tak perlu diragukan lagi. Serial ini berangkat dari ringan menjadi semakin berat dan pada akhirnya memiliki klimaks yang membuat napas terengah engah. Sayang terlalu banyak karakter yang "biasa" (dan terlalu komikal? cth:Armstrong) di anime ini menjadikan saya agak malas masukkan karya super populer ini ke dalam daftar 20 besar.
  8. Bleach walaupun animasi ini sempat bermasalah karena banyak karakter yang tidak jelas nasibnya, power level karakter yang tidak konsisten, Bleach pernah cukup menarik pada arc Soul Society. Penuh dengan intrik, politik, konflik kepentingan dan kepatuhan serta karakter dengan latar belakang memukau. Apalagi dipamungkasi oleh double (atau triple) backstab oleh Aizen yang legendaris. 
  9. Dragon Ball seandainya Toriyama mau memberhentikan serial ini persis setelah Tenkaichi Budokai pertama, mungkin anime ini pantas berada dalam top 20. Bagaimana tidak, awalan dari serial anime ini begitu kuat, dengan karakter solid serta interaksi antar tokoh yang top class. Harusnya hal ini terlaksana karena dalam salah satu interview di majalah lawas (yang saya tidak bisa temukan sumbernya), Toriyama awalnya merencanakan DB dipamungkasi pertarungan Jackie Chan (guru) dan Son Go Ku (murid).

Baiklah, cukup sampai disini mari kita lihat 20 anime terbaik yang pernah saya tonton sendiri dan saya anggap menarik, dan tentu sangat direkomendasikan kamu tonton dengan meluangkan waktu khusus untuk menikmatinya.

21. Tengen Toppa Gurren Lagann

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Dok. Gainax

Kalau kamu suka nonton robot raksasa, Gurren Lagann ini adalah mimpi basahmu. Pada puncak pertarungan kamu akan disuguhi pertarungan robot sebesar alam semesta melawan makhluk yang tidak kalah besarnya. Selain ukuran robot, pengalaman unik yang saya tangkap di anime ini adalah semangat, antusiasme dan keindahan visual yang luar biasa. Untuk anime dengan skala pertarungan yang absurd, Gurren Lagann juga terbilang lucu (walaupun ada guyonan yang perlu memahami idiom Jepang untuk benar benar memahaminya).

Ditambah lagi banyaknya tokoh yang memiliki latar belakang unik dan karakter yang dalam tentu akan sangat menggugah rasa penasaran. Namun dari semua tokoh yang beraneka ragam itu, Rossiu yang memiliki latar belakang penuh misteri, kecerdasan luar biasa dan konflik kepentingan lah yang menurut saya jadi tokoh paling menarik dalam anime ini (dan mungkin yang menjadikan saya masukkan Gurren Lagann dalam daftar ini). Akhir kata, yang jelas anime terbaik ini hadir untuk kamu yang suka hiburan yang cerdas (tapi gak perlu banyak mikir)

20. Code Geass

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Dok. Sunrise

Kalau kamu mencari anime yang gila gilaan, lucu tapi tetap mengandung intrik yang kompleks, Code Geass mungkin salah satu jawabannya. Karena gila gilaan itulah banyak orang yang menganggap Code Geass jelek sekaligus keren, atau dia saking jeleknya sampai keren banget. Dengan narasi yang berlebihan dan karakter yang super absurd, namun di saat yang sama jujur dan sangat gamblang. Code Geass menjadi menarik hanya dengan menjual kepribadian masing masing karakternya, seperti Le Leuch dan CC.

Code Geass juga menawarkan segala sesuatu yang berskala agung , dengan drama dan thriller yang rumit namun tetap menyenangkan dan bikin sulit untuk lepas dari nonton film ini. Sayang, seperti banyak film Hollywood, season 2 Code Geass tidak sebagus yang pertama karena lebih menonjolkan pertarungan antar mecha ceking (jauh lebih keren Gundam sih) Kalau anime punya Blockbuster musim panas, Code Geass lah salah satu contoh anime terbaik yang memuncaki daftar didalamnya.

19. The Eccentric family

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. P.A.Works/ The Eccentric Family)

The Eccentric family adalah drama bertema keluarga yang menyajikan rangkaian topik kecil dan detail yang seiring berjalannya cerita semakin membesar (dan penting) seperti tema keluarga, spesies (Tengu vs Tanuki) dan bahkan arti hidup itu sendiri. Anime ini menceritakan tentang semesta alternatif dimana makhluk gaib mirip menjadi tokoh utamanya, seperti Tanuki (luwak) yang menguasai tanah dan Tengu (makhluk mistis bersayap) menguasai langit. Walaupun memiliki tema yang agak aneh, Anime ini sendiri berhasil menyajikannya dengan tidak berlebihan dan tetap sukses mengedepankan interaksi antara anggota keluarga yang saling menyayangi. Singkatnya, anime menarik ini mungkin salah satu alasan kuat kenapa saya masih melihat anime sampai sekarang.

18. Cowboy Bebop

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Dok. Sunrise

Sebagai salah satu anime lawas dalam daftar ini (selain Gunbuster dan Evangelion), Cowboy Bebop menawarkan campuran dari budaya barat, fiksi ilmiah, jazz dan tema noir dalam satu adonan kue yang renyah. Ceritanya sendiri memiliki premis sci-fi yang kental, umat manusia di masa depan terpaksa meninggalkan bumi setelah ada insiden penciptaan hyperspace di bumi. Manusia kemudian mengkoloni banyak planet dan bulan di tata surya. Saat tingkat kejahatan meningkat, polisi antar planet kemudian membuat sistem bounty ala wild west untuk menekan kejahatan tersebut yang pada akhirnya mengundang bounty hunter yang disebut juga dengan Cowboy.

Pusaran konflik cerita ini adalah persaingan antara pimpinan group Cowboy dengan salah satu pemburu dari sindikat kejahatan antar planet Red Dragon. Alasannya adalah persaingan cinta masa lalu yang tidak tertuntaskan. Salah satu kekuatan utama dari anime ini adalah karakternya yang ikonik dan sangat mirip dengan tokoh yang kita temui sehari hari. Ceritanya lucu, keren ,percaya diri dan sangat ambisius. Cowboy Bebop ini merupakan salah satu anime yang pantas dianggap sebagai mahakarya seni.

17. Gatchaman Crowds

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. Tatsunoko Production/ Gatchaman Crowds)

Sebagai anime yang cuma memiliki 12 episode, banyak hal yang bisa ditawarkan oleh Gatchaman, mulai dari crowdsourcing sampai tema tema kepedulian sosial yang baru ngetren di Indonesia. Hebatnya, dengan tema yang memiliki spektrum sangat luas ini, Gatchaman relatif sukses membawakannya dengan ringan ringan saja. Bahkan saya ragu ada anime lain yang mampu membawa tema serius dengan seringan ini. Dibantu dengan visual yang menarik, musikalitas yang dalam dan plot cerita yang renyah. Anime bertema sains dan action ini adalah bukti nyata bahwa tema berat bisa dibahas seringan kerupuk. Cocok untuk jadi hiburan yang memperluas wawasan. Oya, hati hati jika googling Anime ini, jangan lupa menambahkan Crowds dibelakangnya, kalau tidak anda akan bertemu serial tokusatsu yang bernama Gatchaman.

16. Steins;Gate

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)otakuusamagazine.com

Sering dianggap oleh orang sebagai anime terbaik sepanjang masa. Anime bertema perjalanan waktu ini adalah campuran beberapa tema menarik yang bercampur aduk jadi satu - tapi sukses mencampur adukkan kesemuanya. Karena kesuksesannya membangun ketegangan dan plot twist (terutama di paruh kedua), Steins;Gate ini saya anggap sangat memukau dan wajib ditonton. Hal lain yang mengejutkan adalah humornya yang sangat dalam (walaupun memaksa berpikir), kisah romantika yang berkesan dari karakter penuh kepribadian yang sebenarnya secara individu sudah menarik namun masih lebih memukau saat berpasangan. Singkat cerita, Steins;Gate adalah cerita yang menakjubkan, sekaligus mengesankan dan menghibur. Sebagai bonus, Steins;Gate akan membuatmu paham tentang banyak jargon ilmiah.

15. Melancholy of Haruhi Suzumiya + Disappearance

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. Kyoto Animation/ Melancholy of Haruhi Suzumiya)

Haruhi adalah anime yang aneh, gado gado dari banyak genre yang saling kait mengkait dan "sayangnya" tidak dapat menghindari plot menganga, untungnya lubang ini diperbaiki" oleh serial selanjutnya -- Disappearance. Inti ceritanya sendiri sebenarnya berevolusi di sekitar Haruhi Suzumiya  dan Kyon -- Haruhi adalah "Tuhan" dan Kyon adalah "Kekasihnya" dalam cerita ini. Haruhi yang tidak sadar kalau dia adalah "Tuhan" dan mampu membengkokkan realitas, ruang dan waktu hanya dengan pikirannya merupakan protagonis yang selalu berinteraksi dengan Kyon -- manusia biasa yang berusaha memenuhi semua keinginan Haruhi, bagian sulitnya adalah Kyon tidak boleh memberitahu bahwa Haruhi adalah "Tuhan".

Walaupun pada akhirnya setelah diberitahu pada akhir serial Haruhi tidak percaya juga. Dengan visual yang apik, genre yang kaya dan kadangkala menyentuh sisi gelap dari premis yang dibawa menjadikan Haruhi merupakan anime yang menyenangkan untuk dinikmati. Syaratnya adalah kamu harus siap melihat melihat beberapa episode yang nampak berulang ulang (walaupun tidak).

14. Spice and Wolf

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. Imagin/ Spice and Wolf)

Mungkin merupakan anime bertema romansa terbaik di dalam daftar ini. Di saat banyak anime percintaan menyodorkan beberapa pasangan dengan segala kompleksitasnya, Spice and Wolf hanya memfokuskan pada satu pasangan saja dengan segala kesederhanaannya -- dan Spice and Wolf adalah bukti bahwa tidak perlu banyak pasangan supaya menjadi anime romantika memiliki cerita mengesankan. Dengan cerita yang menarik -- penuh dengan pengorbanan untuk orang yang kamu cintai, dialog seru yang jarang saya lihat di anime lain serta kepribadian yang unik yang sukses menunjukkan rasa cinta penuh afeksi, Spice and Wolf adalah mahakarya anime romantis yang sederhana.

13. Oregairu

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Dok. Brain's Base

Oregairu menawarkan tema School Life yang umum standar namun dikombinasikan dengan detail yang mampu membuat kamu rindu masa sekolahmu lagi. Ceritanya sendiri berkisar tentang seorang anak SMA aneh yang tidak punya teman (apalagi pacar). Namun segalanya berubah saat dia diperintahkan untuk bergabung di kelompok sukarelawan (dimana kembang sekolah berada). Anime ini menawarkan para tokoh utama yang muda, cerdas namun kesepian dan mengungkapkan perasaan sinis sekaligus empati yang muncul bergantian sekaligus hubungan romansa muda yang penuh dengan eksplorasi batasan seksualitas remaja.

Seperti banyak anime bergenre School life, Oregairu menyajikan cerita komedi romantis yang renyah dan beberapa fanservice, namun kekuatan anime ini adalah pada karakternya, dialog yang hidup (serta masuk akal) dan eksplorasi pada kehidupan individu muda yang sedang mencari identitas.

12. Hunter x Hunter 2011

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Gon Hunter x Hunter tersenyum, Dok. Madhouse

Hunter x Hunter adalah satu satunya shounen panjang yang bisa masuk dalam daftar anime terbaik yang saya buat ini. Beda dengan banyak shounen populer lain, Hunter x Hunter pada dasarnya beda liga dengan dalam semua aspek. Dengan genre cerita yang berubah ubah (sering tanpa disadari) dari crime thriller, turnamen shounen, gambling, role playing dan bahkan perang melawan alien, anime ini menunjukkan keindahan yang belum pernah saya temui di shounen lain. Ditambah lagi, tata suara, penokohan dan gambar yang jelas jauh lebih hidup dari versi manganya.

Anime ini pernah masuk dalam must watch saya setiap keluar. Ditambah lagi ada beberapa detail yang tidak (atau malas?) digambarkan di manga nya (namun masih bisa dianggap canon). Merupakan hal yang jarang bisa kita lihat di anime shounen apapun sehingga menahbiskan Hunter x Hunter sebagai salah satu anime terbaik.

11. Gunbuster! + Diebuster!

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. Gainax/ Diebuster)

Dua karya Gainax yang seperti dua sisi mata uang yang sama. Gunbuster dan Diebuster sungguh memukau, karena bisa mencampuradukkan antara wilayah personal dan universal, rasa sinis dan kemasyhuran dan rasa rasa lain yang sebenarnya berkebalikan. Ceritanya sendiri bertema umat manusia yang berjuang melawan invasi alien dan banyak aspek misterius dari alam semesta bukan hanya dengan teknologi dan intrik tapi juga dengan hati sebagai manusia. Kalaupun kedua Gunbuster dan Diebuster ini tidak berkaitan, masing masing masih bisa masuk dalam daftar anime terbaik ini sendiri sendiri karena kualitasnya yang berkelas maestro.

Baca Juga: 15 Karakter Anime Terganteng Beserta Judul Animenya

10. Shinsekai Yori

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. A-1 Pictures/ Shinsekai Yori)

Kalau kamu fans dari novel fantasi dan sains fiksi, anime ini seperti setelan jas atau gaun yang dibuatkan penjahit mahal buat kamu seorang dan sungguh pas. Menghabiskan cukup banyak waktu untuk menjelaskan dunia dan hasrat manusia yang tinggal didalamnya, demi tujuan mengembangkan cerita dalam skala yang mengagumkan. Dengan tema cerita masyarakat distopia di masa depan, kamu akan dibawa dalam narasi yang mungkin hanya sedikit cerita lain (non anime sekalipun) mampu menyajikan yang sepadan. Keindahan cerita ini dibantu dengan beberapa karakter yang tiba tiba "menghilang" dalam proses cerita hanya untuk muncul lagi dengan tindakan yang memperkaya cerita - sungguh menarik.

9. Toradora

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. J.C.Staff/ Toradora)

Toradora jelas bukan anime school life kebanyakan, dengan karakter multi fasad dibumbui aspek kehidupan sekolah yang manusiawi serta dihias dengan momen momen monumental. Ceritanya secara utuh muncul alamiah karena adanya tokoh tokoh yang ada didalamnya, bukan karena motif aneh yang dibuat buat. Ceritanya sendiri dibuka dengan premis yang lucu, seorang murid SMA bernama Ryuji - walaupun berhati lembut sulit mendapat cewek karena matanya yang mirip pembunuh berantai. Untungnya, Ryuji (Dragon) ditempatkan di kelas yang sama dengan sasarannya Minori. Untuk membumbui kisah ini ada Taiga (Tiger) -- anak perempuan yang hanya bisa digambarkan sebagai "binatang buas" dan sayangnya merupakan teman baik Minori. Tentunya karena sifat alamiah antara Dragon dan Tiger yang selalu bermusuhan, tidaklah heran kalau cerita dalam anime ini berfokus tentang konflik lucu antara kedua karakter ini. Yang paling penting adalah cerita ini ditulis oleh orang yang benar memahami romantika remaja (yang dialami kita semua). Saya berharap lebih banyak anime school life sebagus Toradora.

8. Shiki

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. nefariousreviews/anime shiki)

Sungguh sulit mencari anime horror yang bagus. Alasannya adalah anime cenderung sulit menggambarkan intensitas film horror melalui medium ini. Untungnya, Shiki sukses menjadi salah satu yang berhasil keluar ke permukaan. Cara Shiki melakukan ini adalah dengan menggunakan atmosfer cerita yang sungguh menekan, musik yang intens tapi tidak murahan, dan cenderung memfokuskan cerita lebih pada bejatnya manusia - bukan pada monsternya. Dengan cerita yang berjalan amat lambat, Shiki menceritakan tercerai berainya suatu komunitas yang terdiri atas beberapa puluh karakter yang diceritakan dengan detail. Disinilah saya melihat beberapa karakter yang awalnya merupakan orang baik menjadi jahat perlahan karena tekanan keadaan. Tentu ada monster di dalam cerita ini, tapi dengan kesegaran dan kontekstual modern, dan pembawaan yang elegan, Shiki membawamu ke kemungkinan terburuk setelah nonton film horror, susah tidur.

7. Ping Pong The Animation

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. Tatsunoko Production/ Ping Pong The Animation)

Walaupun bertema olahraga, Ping Pong bukanlah anime bertema olahraga biasa seperti Slam dunk dan Tsubasa. Tentu saja, Ping Pong banyak menyuguhkan pertandingan yang sangat seru dan liga liga yang tidak kalah intens dari Slam Dunk -- tapi pesan sebenarnya tentang anime ini adalah tentang manusia. Ping Pong menyuguhkan pengembangan karakter yang tumbuh secara apik, lengkap dengan cela, ambisi dan perasaan cinta yang tampak manusiawi dan mudah dicerna. Anime ini berhasil membawa diskursus dalam beberapa setting -- bukan hanya di lapangan pertandingan saja. Namun tetap menempatkan pertandingan ping pong sebagai sebagai pengantar yang lembut untuk masuk ke topik utamanya.

Ping Pong merupakan bukti bahwa konflik sederhana bisa menjadi penting dan intens -- jika melibatkan empati dari karakter yang terlibat, dan lebih jauh lagi, anime ini sukses menggambarkan dengan indahnya hal tersebut. Walaupun kamu bukan fans dari anime bertema olahraga, melihat Ping Pong merupakan rekomendasi pribadi saya.

6. Kino's Journey: the Beautiful World

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Studio Lerche/ Kino no Tabi

Seperti namanya, Kino's Journey adalah tentang perjalanan. Lebih tepatnya perjalanan ke banyak negara dengan budaya dan kebiasaan yang berbeda satu sama lain. Supaya tidak "terlalu nyaman" dan menetap di salah satu kota, Kino membatasi kunjungannya hanya dalam 3 hari 2 malam. Dalam perjalanan Kino ditemani sepeda motornya, Hermes dan membawa berbagai senjata api dan pisau untuk perlindungan dirinya. Untuk menajamkan kemampuan bela diri nya, Kino selalu berlatih menggunakan senjatanya setiap hari sebelum malam.

Dalam perjalanan ke setiap negara yang aneh dan cenderung mistis, anime ini pada dasarnya menunjukkan bahwa "hadiah" utama dari perjalanan panjang ini adalah pemahaman lebih mendasar tentang -- bagaimana cara kerja masyarakatnya, kenapa masyarakat melakukan itu dan apa yang diharapkan oleh masing masing orang. Tentu tidak ada jawaban yang mudah untuk proses ini Dengan plot cerita yang mengalir dengan kadar yang mengagumkan, animasi lembut nan indah, anime ini tidak boleh anda lewatkan.

5. Monogatari

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Anime Monogatari series. (Dok. Shaft/Monogatari)

Monogatari adalah anime tentang manusia, bukan manusia kebanyakan, tapi manusia tak sempurna, manusia yang tanpa dia sadari menyakiti yang orang lain saat berusaha membangun hubungan. Manusia yang berusaha mengedepankan kelemahan sebagai sesuatu yang indah. Anime ini juga paham bahwa justru hal yang paling rentan dalam hidup kita lah yang mendefinisikan kita. Untuk menggambarkan topik ini, Monogatari membungkus tema menarik tersebut dalam cerita berburu roh (yang sama menariknya) tanpa ketinggalan inti ceritanya--tentang definisi manusia itu sendiri.

Dan lebih jauh dari sekedar metafora tersebut, anime ini menawarkan karakter yang mempesona, dialog yang lain daripada yang lain, penceritaan visual yang bervariasi dari season ke season. Monogatari juga merupakan salah satu anime yang sangat sukses memotret "gelapnya" karakter protagonis namun malah menjadikan kita mencintai karakter tersebut (karena gelapnya).

4. FLCL

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. Production I.G/ FLCL)

FLCL adalah cerita tentang remaja kelas pekerja yang beranjak dewasa. Dengan tema mecha dan sains fiksi di setting semesta alternatif dimana robot raksasa muncul tiba tiba dari jidat, gitar bisa dipakai sebagai kapak, slapstick visual yang acak dan momen romantika yang canggung. Anime ini juga bercerita bahwa tumbuh jadi dewasa tak seindah yang dibayangkan dan susah mencari role model yang bisa ditiru. Apalagi dengan perkembangan jaman (disini dengan industrialisasi) yang begitu cepat Walaupun menggunakan kombinasi elemen yang gila gilaan, FLCL tetap mengedepankan tokoh paling membumi yang pernah saya temukan di anime didukung oleh visual yang berwarna warni, animasi yang halus (dengan budget besar) dan soundtrack paling ikonik sepanjang masa. Anime ini menunjukkan bahwa walaupun tidak selalu nyaman, tumbuh dewasa adalah pengalaman yang menyenangkan.

3. Revolutionary Girl Utena

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)(Dok. J.C.Staff/ Revolutionary Girl Utena)

Dekat dengan puncak daftar, saya memilih Revolutionary Girl Utena dengan alasan sulit untuk membayangkan ada anime yang mampu menyamai hal yang sudah dicapai oleh Utena. Utena sendiri merupakan cerita tentang pubertas, seksualitas, identitas serta gender, hebatnya semua hal tersebut adalah bagian setiap individu. Dengan keberaniannya mengeksplorasi politik gender pada banyak episodenya--namun tetap sopan, rapi dan politically correct.

Anime ini merajut ribuan pola visual dan mencampuradukkan dalam satu frame dengan indah, Utena juga mampu membawa pemirsanya mengikuti perjalanan emosional dari puluhan karakter -- dan bahkan di akhir ceritanya pun sebagian besar masih menyimpan misteri. Walaupun dengan standar visual yang sudah ketinggalan dibandingkan standar 2010 an, Utena masih merupakan salah satu mahakarya yang pantas dilihat dan dijadikan standar anime kedepannya.

2. Neon Genesis Evangelion + End of Evangelion

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Studio Khara/Neon Genesis Evangelion 2.0

Neon Genesis Evangelion adalah anime yang mengusung cerita tentang dunia pasca kiamat karena dihancurkan oleh "penciptanya" melalui "angel" yang asal muasalnya sebenarnya sama dengan manusia. Dengan tema agama samawi, Evangelion menggunakan beberapa jargon populer seperti Lance of Longinus, Angel dan bahkan Eva dan Adam untuk memberikan nuansa apokaliptik yang kental. Saya menganggap anime ini adalah maestro karena mampu memahami manusia seutuhnya termasuk dengan kelemahan dan rasa kemanusiaannya itu sendiri. Shinji dan Kaworu sendiri merupakan tokoh yang menurut saya paling memikat dalam cerita ini.

Disamping itu, latar belakang tokoh lain seperti Rei, Asuka dan Gendou jelas merupakan contoh bagaimana hubungan antar karakter yang sudah "rusak" dari awal bisa memperumit keadaan (yang awalnya sudah rumit) Sayang, penciptaan cerita ini masih memiliki kelemahan dalam membangun pokok pikiran, terlalu lambat membangun plot dan tokohnya terlalu "abnormal". Belum lagi anime ini perlu menyodorkan beberapa "reboot/retell" yang beberapa diantaranya saling mementahkan argumen (yang kadang sudah pakem) dari serial yang sebelumnya. Walaupun manusiawi -- seperti inti ceritanya sendiri. Hal ini sangat menyebalkan dan membuang waktu.

1. Puella Magi Madoka Magica

20 Anime Terbaik Sepanjang Masa (Yang Mungkin Belum Anda Tonton)Dok. Shaft

Dari ratusan judul anime yang sudah pernah saya tonton, Madoka adalah yang paling apik dalam semua aspek, dimulai dari karakter yang unik, visual yang menarik (dan relatif baru), soundtrack yang menimbulkan inspirasi serta plot yang sulit ditandingi. Madoka menceritakan cerita yang disusun dengan cerdas nan menggigit tentang persahabatan, pengorbanan, silkus kehidupan dan kematian serta semangat kemanuasiaan yang agung. Menggunakan narasi mirip orkestra yang rapi, Indah namun masih memungkinkan kita menggunakan interpretasi lain.

Anime ini juga dengan sukses mengartikulasikan ekspresi marah dan harapan dalam jantung ceritanya -- serta pemahaman terhadap sifat alamiah yang menjadikan manusia menjadi utuh.  Intinya Madoka adalah mahakarya terbaik, berdiri lebih tinggi setidaknya satu kilometer dari anime "bagus" diluar yang saya sebutkan dan setidaknya sejengkal dari yang top 20 -- dengan kata lain, Paling sempurna!!  

Referensi: wrong every time

Baca Juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Spy, Dari Komedi Sampai Tragedi!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU