Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali

Tahukah kamu, ternyata Goku dan Vegeta pernah berduel di Indonesia?

Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali

Ternyata Goku dan Vegeta pernah ke Indonesia. Tenkaichi Budokai itu di Bali loh!

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Dragon Ball (kalau nggak tahu Dragon Ball, artinya kamu salah baca website). Manga karangan Akira Toriyama yang diadaptasi menjadi anime sejak tahun 1984 sampai 1995 ini memang begitu fenomenal.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/01/5-hal-yang-kamu-harus-tahu-sebelum-dragon-ball-super/" title="5 Hal Yang Kamu Harus Tahu Sebelum Dragon Ball Super"]

Bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup sebatang kara di tengah gunung. Kisah Dragon Ball dimulai ketika Goku bertemu dengan gadis muda genius, bernama Bulma, yang berusaha mengumpulkan tujuh bola ajaib. Katanya bola-bola ajaib ini bisa mengabulkan semua permintaan. Bola-bola itulah yang bernama Dragon Ball.

Salah satu aspek keren dari Dragon Ball adalah kompetisi beladiri yang disebut Tenkaichi Budokai, atau World Martial Arts Tournament. Pertarungan yang diadakan tiap tiga tahun sekali ini diikuti oleh petarung-petarung terhebat di seluruh penjuru dunia. Selain hadiah yang menggiurkan, para petarung tentu saja mencari tantangan dan ingin membuktikan kehebatan dirinya dalam kompetisi ini.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/08/dragon-ball-super-wishlist/" title="Dragon Ball Super Wishlist. 10 Hal yang Kami Inginkan: Mulai Future Trunks Hingga Saiyan Wanita!"]

Namun hal yang paling mengejutkan adalah FAKTA bahwa pertarungan bergengsi ini ternyata diadakan di Bali. YAP, Bali, pulau dewata kebanggaan Indonesia! Tenkaichi Budokai itu selalu diselenggarakan di Bali!

Tentu saja Akira Toriyama tidak menyebut lokasi Tenkaichi Budokai ini sebagai Bali, namun dengan nama lain, yaitu Papaya Island. Tapi kamu bisa membuktikannya langsung dengan melihat manga/anime Dragon Ball saat turnamen Tenkaichi Budokai.

Berikut beberapa bukti bahwa Tenkaichi Budokai itu diselenggarakan di Bali:

[gallery ids="202976,202975,202974,202973,202972,202971,202970,202969,202968"]

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/29/20-fakta-seru-dragon-ball-z-yang-kamu-belum-tahu/" title="20 Fakta Seru Dragon Ball Z yang Kamu Belum Tahu"]

Nah lho, kok bisa ya? Usut punya usut, ternyata dulu Akira Toriyama pernah berwisata ke Bali bersama isterinya. Toriyama mengaku sangat terpesona dengan pemandangan di Bali yang begitu indah dan juga kental sama nuansa mistiknya. Hal inilah yang membuatnya terinspirasi untuk menghadirkan Bali di Dragon Ball. Toriyama mengaku sangat terinspirasi dengan arsitektur dan suasana-suasana di Bali. Hal-hal tersebut menjadi bahan untuk membuat Tenkaichi Budokai.

Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali

Lewat cuplikan-cuplikan gambar di atas terlihat jelas nuansa Bali, dengan gapura besar, ornamen-ornamen khas Bali, serta berbagai tulisan dalam bahasa Indonesia, seperti kopi, dingin, cukup, bahkan Singaraja.

Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali

Oit, Singaraja?

Kalau kamu berkecimpung di industri game developer Indonesia, tentu nama Singaraja juga tidak asing lagi. Salah satu developer game terbaik negeri ini, yaitu Arief Widhiyasa, berasal dari Singaraja.

Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali Arief Widhiyasha[/caption]

Apakah Arief Widhiyasha juga muncul di dalam Dragon Ball?

Hampir! Ternyata tokoh Bali yang dimunculkan dalam Dragon Ball bernama Wayan Budhiyasa.

Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali Bli Bali[/caption]

Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali Wayan Budiyasa dalam manga[/caption]

Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali Wayan Budiyasa dalam anime[/caption]

Rupanya Wayan Budhiyasa sendiri adalah tour guide bagi Akira Toriyama selama di Jepang. Terkesan dengan keramahan Budhiyasa, maka dia diabadikan ke dalam manga Dragon Ball.

Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali

Sayangnya, Toriyama belum pernah bertemu dengan Arief Widhiyasa. Saya yakin beliau akan lebih terkesan lagi dengan keramahan CEO Agate Studio ini.

Keren ya! Banyak juga bukti-bukti lain yang menunjukkan kalau Tenkaichi Budokai itu betul-betul diadakan di Indonesia. Tapi sepertinya bakal terlalu banyak kalau semuanya ditampilkan di sini.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU