Hal Penting Yang Belum Diketahui di Cerita Naruto (Bahkan Oleh Fans Berat Sekalipun)

Banyak yang belum paham kalau cerita Naruto disiapkan untuk jadi Universe, sehingga banyak sekali hal yang belum diketahui jawabannya. Apa sajakah itu?

Hal Penting Yang Belum Diketahui di Cerita Naruto (Bahkan Oleh Fans Berat Sekalipun)

ciri-ciri otaku menurut orang jepang manga favorit

Banyak yang belum paham kalau cerita Naruto disiapkan untuk jadi Universe, sehingga banyak sekali hal yang belum diketahui jawabannya. Apa sajakah itu?

Banyak yang belum sadar bahwa film Naruto dari awal didesain untuk menjadi sebuah Universe, seperti halnya Marvel atau DC. Contohnya seperti adanya sistem sistem sosial seperti adanya pernikahan serta clan bahkan sistem ekonomi yang berjalan menggunakan mata uang Ryo.

Dengan kompleksnya sistem yang ada di dalam Naruto, besar kemungkinan banyak hal berkaitan dengan jalan cerita Naruto, namun belum diketahui penjelasannya. Apakah saja hal hal tersebut? Bagaimana hal tersebut bisa mempengaruhi jalan cerita Naruto kedepannya? Yuk kita cermati beberapa diantaranya.


[page_break no="1" title="Apakah di Dunia Naruto Boleh Poligami?"]


cerita naruto poligami

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/13/bukti-bahwa-ibu-sarada-adalah-sakura/" title="Bukti Bahwa Ibu Sarada Adalah Sakura!"]

Dari cerita Naruto Gaiden 707, kita disuguhkan sebuah fakta adanya hubungan yang bisa jadi rumit antara Sasuke, Sakura dan Karin. Begitu kompleksnya cerita tersebut, sampai salah satu karakter utama di Boruto the Movie, Sarada, mempertanyakan eksistensinya.

Nah, meskipun situasi di keluarga SasuSaku tersebut nampaknya rumit, ada kemungkinan ada penjelasan sederhana mengenai rumitnya hubungan mereka. Bisa jadi sebenarnya Sasuke mempunyai dua istri atau yang sekarang lebih dikenal poligami. Dengan demikian, Sakura adalah ibu (tiri) Sarada dan cocoknya DNA Sarada dengan Karin merupakan tanda bahwa hubungan keduanya adalah antara anak dan ibu kandung.

Walaupun kita tahu di akhir Naruto Gaiden bahwa Sasuke hanya menikah dengan Sakura. Kita belum pernah tahu ada pesta pernikahan yang dijelaskan dengan detail dalam dunia Naruto ( mungkin kecuali Gaara dalam Novel barunya), bisa jadi norma sosial di dunia Naruto memperbolehkan poligami atau bahkan poliandri. 


[page_break no="2" title="Bagaimana Sistem Bounty Bekerja?"]


cerita naruto bingo book

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/20/15-karakter-terkuat-dalam-naruto/" title="17 Karakter Terkuat Naruto!"]

Dalam dunia Naruto terdapat pula sistem bounty. Bounty atau uang hadiah ini diberikan kepada ninja pelarian, pelaku kriminal, berkhianat terhadap desa atau juga mereka yang meninggalkan tugasnya. Setiap ninja pelarian memiliki bounty atau harga untuk kepalanya. Sejauh ini, dalam manga Naruto setidaknya ada 2 bounty yang ditampilkan, salah satunya adalah Asuma Sarutobi yang memiliki bounty sebesar 35 juta ryo.

Tidak ada yang tahu bagaimana sistem bounty ini bekerja secara pasti. Berbeda dengan bounty dalam One Piece, dimana bounty disebarkan oleh pemerintah dunia (World Government), sepertinya dalam dunia Naruto bounty yang dikumpulkan dalam Bingo Book memiliki isi yang berbeda-beda tergantung dimana Bingo Book tersebut dibuat. Selain itu, penentuan besar-kecilnya bounty juga tidak dijelaskan –apakah ninja yang bersangkutan memiliki kekuatan yang hebat, ataukah dia merupakan suatu ancaman kepada pihak tertentu.

Hal lain yang belum dijelaskan adalah Bounty Station di negara Api. Apakah tempat ini masih berhubungan dengan pemerintah ofisial atau tidak, atau setelah penyerahan ninja yang bersangkutan akan diapakan ninja tersebut? Semuanya masih misteri...


[page_break no="3" title="Bagaimana Pertukaran Barang dan Jasa Antara Negara Terjadi?"]


cerita naruto ryou

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/11/20-pertarungan-paling-seru-dalam-naruto/" title="20 Pertarungan Paling Seru Dalam Naruto!"]

Meskipun uang bukan merupakan salah satu fokus utama dalam cerita Naruto, jangan lupakan kalau mata uang ini pernah beberapa kali disebutkan. Contohnya saja pemberian bounty kepada Asuma Sarutobi dan juga hadiah yang didapat setiap kali menyelesaikan misi.

Tidak diketahui secara pasti desa dan negara mana saja yang menggunakan mata uang Ryo, tetapi dalam salah satu movie Naruto yang berjudul Naruto the Movie: Guardians of the Crescent Moon Kingdom, diperlihatkan sebuah uang dengan simbol seperti dolar. Hal ini menjelaskan bahwa ada mata uang lain yang digunakan selain Ryo.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana pertukaran barang dan jasa antar negara yang memiliki mata uang berbeda terjadi? Apakah di dunia Naruto juga ada perbedaan nilai mata uang sepertinya di dunia kita? Ataukah mereka hanya menukarkan barang dan jasa berdasarkan penilai kedua belah pihak?


[page_break no="4" title="Sejauh Apakah Perkembangan Teknologi dalam Dunia Naruto"]


ilustrasi untuk boruto the movie - psp

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/07/ilustrasi-untuk-boruto-the-movie-buatan-masashi-kishimoto/" title="Ilustrasi Untuk Boruto the Movie Buatan Masashi Kishimoto Ini Perlihatkan Konoha Yang Telah Berkembang Pesat!"]

Masashi Kishimoto mengatakan bahwa cerita Naruto mengambil setting yang tidak terlalu jauh dengan dunia nyata saat ini. Nah, yang jadi pertanyaan adalah, meskipun memiliki setting yang tidak terlalu jauh dengan dunia nyata, sejauh apakah perkembangan teknologi dalam dunia Naruto?

Kita telah melihat adanya televisi, kulkas dan juga radio. Dalam ending, bahkan sudah ada komputer, internet, handphone dan juga PSP! Meskipun begitu, kita tidak bisa bilang bahwa tingkat teknologi dalam cerita Naruto tidak berbeda jauh dengan sekarang. Ada beberapa hal yang membuat Naruto berada beberapa zaman dibelakang kita, yaitu: tidak adanya pistol, roket, atau juga pesawat sebagai alat transportasi.

Sebaliknya, ada juga beberapa hal yang membuat Naruto berada beberapa tahun di depan kita, misalnya saja: teknologi medis mereka yang bisa membuat kloning, implant DNA, dan juga pengobatan yang jauh lebih efisien daripada dunia kita.

Jadi, sebenarnya seberapa jauhkah perkembangan teknologi dalam dunia Naruto?


[page_break no="5" title="Kenapa Banyak Sejarah Tidak Tercatat Dalam Dunia Naruto?"]


cerita naruto history

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/08/12-fakta-menarik-tentang-umur-tokoh-tokoh-naruto/" title="12 Fakta Menarik Tentang Umur Tokoh-Tokoh Naruto!"]

Sejarah dalam cerita Naruto selalu disampaikan hanya oleh orang-orang tertentu yang menduduki peringkat tinggi. Kebanyakan karakter yang ada tidak mengetahui sejarah-sejarah yang ada dalam dunia Naruto –terutama sejarah mengenai dibangunnya Konoha, hubungan antara Hashirama dan Madara, dan sejarah Ninshu, Hagoromo dan Kaguya.

Hal ini terjadi kemungkinan besar dikarenakan setiap sejarah yang ada selalu diiringi oleh kejadian kelam dan berdarah yang ingin dilupakan setiap orang sehingga mereka tidak mau menceritakannya kepada generasi berikutnya.


[page_break no="6" title="Seberapa Banyak Penduduk di Dunia Naruto?"]


cerita naruto peta dunia naruto

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/08/12-fakta-menarik-tentang-umur-tokoh-tokoh-naruto/" title="12 Fakta Menarik Tentang Umur Tokoh-Tokoh Naruto!"]

Dalam dunia Naruto, terdapat 5 negara besar, 4 negara berukuran sedang dan 28 negara kecil. Dalam negara-negara tersebut, tersebar 31 desa yang menjadi kekuatan militer milik negara yang bersangkutan. Dari sekian banyaknya tempat tersebut, tidak diketahui berapa kisaran jumlah penduduk dalam dunia Naruto. Jumlah terbanyak penduduk yang pernah disebutkan dalam cerita Naruto adalah sekitar 80.000 ninja. Jumlah itupun hanya jumlah dari ninja yang berpartisipasi dalam Perang Dunia Ninja ke-4, belum termasuk ninja yang tidak berpartisipasi dan juga penduduk biasa (bukan ninja).

Oh, ngomong-ngomong soal penduduk bukan ninja...


[page_break no="7" title="Kenapa Ada Orang Bukan Ninja di Dunia Naruto?"]


cerita naruto penduduk bukan ninja

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/03/20-kage-terkuat-dalam-serial-naruto/" title="20 Kage Terkuat dalam Serial Naruto"]

Madara pernah mengatakan bahwa Chakra adalah sesuatu yang berasal dari Shinju. Kaguya adalah makhluk pertama yang memiliki Chakra setelah memakan buah Shinju. Kemudian, anaknya, Hagoromo dan Hamura adalah manusia pertama yang memiliki Chakra. Setelahnya, Hagoromo mulai menyebarkan Chakra kepada semua orang melalui praktek Ninshu.

Meskipun dikatakan bahwa Hagoromo menyebarkan Chakra kepada semua orang, nyatanya ada juga orang yang tidak memiliki chakra. Hal itu terlihat dari beberapa penduduk biasa yang tidak berprofesi sebagai ninja (misalnya saja: penjual ramen Ichiraku). Apakah karena ada ketidaksinkronan antara sejarah yang ada dengan dunia nyata? Ataukah mungkin karena sebenarnya semua orang memang memiliki chakra tetapi tidak berprofesi sebagai ninja?

Selain itu, diketahui juga adanya samurai dalam dunia Naruto –dan mereka bisa menggunakan Chakra. Akan tetapi, sejarah dalam dunia Naruto hanya mengatakan bahwa chakra dari Hagoromo adalah pembentuk dunia ninja. Apakah berarti chakra para samurai ini tidak berasal dari Hagoromo?


[page_break no="8" title="Siapakah Ayah dari Hagoromo dan Hamura?"]


Hal Penting Yang Belum Diketahui di Cerita Naruto (Bahkan Oleh Fans Berat Sekalipun)

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/14/key-visual-boruto-the-movie-kaguya-akan-jadi-antagonis-utama-dalam-boruto-the-movie/" title="Key visual Boruto the Movie: Kaguya Akan Jadi Antagonis Utama dalam Boruto the Movie!?"]

Berbicara tentang Hagoromo dan Hamura yang dilahirkan oleh Kaguya, tentu saja kita sampai pada pertanyaan: siapakah ayah mereka? Selama cerita Naruto, tidak pernah disebutkan siapakah ayah Hagoromo dan Hamura. Apakah dia manusia atau bukan? Ataukah sebenarnya Kaguya tidak membutuhkan laki-laki untuk melahirkan kedua anaknya?

Kemungkinan pertanyaan ini akan terjawab dalam Boruto the Movie –yang mana salah satu visualnya memperlihatkan sosok yang mirip dengan Kaguya dan juga Rinnegan dibagian matanya. Meskipun belum ada bukti yang kuat, tapi bisa saja sosok tersebut adalah ayah Hagoromo dan Hamura. Pendapat ini mengacu pada ucapan Sasuke dalam manga Naruto Gaiden dimana sebenarnya ada sesuatu yang lebih menakutkan daripada Kaguya –dan kemungkinan dia adalah ayah dari Hagoromo dan Hamura.


[page_break no="9" title="Ada Berapa Banyak Jutsu di Cerita Naruto?"]


cerita naruto Ninjutsu

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/25/25-jutsu-terkuat-dalam-serial-naruto/" title="25 Jutsu Terkuat dalam Serial Naruto!"]

Sejauh cerita Naruto ada, tidak disebutkan ada berapa banyak jutsu yang tercipta. Satu-satunya yang jelas adalah bahwa jutsu dalam dunia Naruto terbagi menjadi beberapa macam. Tiga macam jutsu dasar adalah: Ninjutsu (teknik ninja), Genjutsu (teknik ilusi) dan Taijutsu (teknik pertarungan fisik). Hal tersebut termasuk jutsu lainnya, seperti Senjutsu, Kenjutsu, dan juga Kekkei Genkai. Jumlah pastinya tidak dipastikan, tetapi melihat banyaknya jutsu yang digunakan dan juga diceritakan dalam Naruto bisa jadi ada jumlahnya ada ribuan atau lebih.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU