10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

Mulai dari Xbox One backward compatibility, hingga remake Final Fantasy VII. Dan yang menempati peringkat pertama adalah...

10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

Ada banyak berita dan game-game baru selama E3 2015 berlangsung. Berikut ini adalah 10 kejutan terbesar E3 2015 versi Duniaku!

Pekan lalu, salah satu gelaran game terbesar di dunia, [outbound_link text="Electronic Entertainment Expo (E3 2015)" link=""] sudah selesai digelar. Tahun ini, total 52.000 pengunjung memadati tiga hari penyelenggaraan event, belum termasuk jurnalis-jurnalis yang berkumpul selama konferensi pers. Banyak game baru, update teknologi, dan juga kejutan-kejutan yang terjadi selama acara berlangsung.

Ada kejutan yang menyenangkan, tentu juga ada kejutan yang membuat mata terbelalak seakan tidak percaya. Nah, apa saja sih game-game dan juga kejutan terbesar E3 2015 ini? Kali ini Duniaku memilih 10 diantaranya!


[page_break no="10" title="For Honor Mencuri Perhatian"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

Bukan Assassin's Creed Syndicate, bukan pula The Division yang menyedot banyak perhatian selama konferensi pers Ubisoft. Melainkan For Honor, game baru yang bahkan masih belum ditentukan genre-nya oleh Ubisoft sendiri! For Honor mengkombinasikan banyak hal, mulai dari gameplay hack and slash ala Dynasty Warrior, dengan adu pedang satu lawan satu yang membuat game ini mirip sebuah game fighting.

Judul yang cukup menjanjikan, mengingat dalam beberapa tahun terakhir Ubisoft nampak hanya mengandalkan judul-judul tahunan saja. Dengan gameplay yang bisa dibilang cukup fresh, sepertinya game ini bisa jadi salah satu kejutan di industri game saat dirilis nanti.

[youtube_embed id="FSHXXks53YY"]


[page_break no="9" title="Cuphead Menjadi Buah Bibir"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/19/cuphead-indie-microsoft-e3/" title="Cuphead, Game Indie Super Susah yang Jadi Buah Bibir Pengunjung E3 2015!"]

Konferensi Microsoft mungkin kalah "gemerlap" dibandingkan konferensi pers Sony atau Square Enix yang mendominasi list ini. Namun satu hal yang menjadi salah satu kejutan dari Microsoft adalah mereka kembali menunjukkan komitmen ID@Xbox, dengan menampilkan banyak judul game indie berkualitas. Cuphead adalah salah satu contohnya, yang menunjukkan bahwa grafis lucu bukan jaminan game tersebut dibuat untuk anak-anak. Nyatanya, game ini sukses menarik perhatian dengan tingkat kesulitannya yang sangat susah!

Cuphead sendiri menurut rencana akan dirilis untuk Xbox One dan juga PC pada tahun 2016 mendatang.

[youtube_embed id="4TjUPXAn2Rg"]

Lanjut ke halaman 2...


[page_break no="8" title="Kolaborasi Kreator Megaman dan Metroid Prime dalam ReCore"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/18/recore-keiji-inafune-microsoft/" title="ReCore, Begini Jadinya Jika Kreator Megaman dan Metroid Prime Berkolaborasi Bikin Game!"]

Orang mengenal Keiji Inafune sebagai kreator dari salah satu ikon industri game, Megaman. Sedangkan Mark Pacini dikenal saat membesut Metroid Prime bersama studionya, Armature studio. Tentu publik sempat terkejut saat di E3 2015 lalu mereka ternyata dikabarkan berkolaborasi untuk membuat sebuah game berjudul ReCore. Pertanyaannya, akan seepik apakah game yang dibesut oleh dua nama besar industri game ini?

ReCore adalah salah satu judul eksklusif Xbox One yang dikembangkan secara bersama-sama oleh Keiji Inafune dan Mark Pacini, lengkap dengan staff mereka di Comcept dan Armature Studio. Dalam trailer perdana yang sudah ditampilkan, tampak terlihat beberapa macam robot yang akan membantumu selama petualangan. Meskipun belum ada detail mengenai gameplay, namun banyak pihak berharap semoga kolaborasi ini bisa menghasilkan game yang benar-benar berkualitas.

[youtube_embed id="ZtfY27pYri0"]

Lanjut ke halaman 3...


[page_break no="7" title="Bowser dan Donkey Kong Muncul di Skylanders"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

Kita semua tahu, bahwa Skylanders adalah salah satu cross platform mainan dan game digital yang populer. Nintendo pun sudah mulai melakukan hal serupa dengan Amiibo yang mereka miliki. Tentu banyak pihak terkejut dengan keputusan Nintendo yang akhirnya berkolaborasi dengan Vicarious Visions dan membuat beberapa karakter Nintendo muncul dalam Skylanders: SuperChargers. Dua diantaranya cukup ikonik, yaitu Donkey Kong dan Bowser.

Apakah hal ini dilakukan untuk saling mengangkat penjualan keduanya di pasaran? Ataukah ini pertanda bahwa Nintendo kurang pede dengan Amiibo-nya? Yang lebih lucu lagi, kabarnya dulu Nintendo sempat menolak ide dari Skylanders ini lho...

Lanjut ke halaman 4...


[page_break no="6" title="Trailer Gameplay Kingdom Hearts III"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/17/trailer-gameplay-kingdom-hearts-iii/" title="Kejutan! Square Enix Rilis Trailer Gameplay Baru Kingdom Hearts III!"]

Awalnya Square Enix sempat mengisyaratkan bahwa mereka tidak akan membawa update baru Kingdom Hearts III ke E3 2015. Nyatanya, mereka justru menyiapkan kejutan dengan membawa trailer gameplay baru dari game yang pertama kali dikonfirmasikan tahun 2013 lalu.

Meskipun belum ada jadwal rilis resmi dari game ini, namun tetap saja munculnya trailer baru ini membuat para penggemar bersuka cita. Pertanyaanya, berapa lama lagi fans harus menunggu perilisannya?

[youtube_embed id="NKo4BgDnlfQ"]

Lanjut ke halaman 5...


[page_break no="5" title="All About Fallout 4!"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/16/fallout-shelter-for-ios-and-android/" title="Fallout Shelter Hadir di iOS dan Android, Upaya Selamatkan Diri dari Kiamat Nuklir"]

Meskipun game ini tidak dikonfirmasikan pertama kali dalam E3 2015, namun Bethesda membawa banyak kejutan untuk Fallout 4. Pertama dari jadwal rilis, dimana ternyata Fallout 4 rilis lebih cepat dari yang diduga banyak orang, yaitu pada 10 November 2015 ini juga sesuai dengan rumor-rumor yang sudah beredar sebelumnya.

Kedua, Collector's Edition berisi Pip-Boy sungguhan rupanya juga banyak membuat fans menginginkannya. Ketiga, tentu saja game iOS (dan segera untuk Android) Fallout Shelter yang tiba-tiba muncul dan sukses menjadi buah bibir gamer. Bethesda benar-benar membuka E3 2015 dengan sangat memuaskan!

Lanjut ke halaman 6...


[page_break no="4" title="Backward Compatibility Xbox One - Xbox 360"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/16/xbox-one-backward-compatibility-2/" title="Kabar Gembira, Xbox One Bakal Bisa Mainkan Game-game Xbox 360!"]

Berita terbesar dalam E3 2015, dengan catatan sebelum Sony dan Square Enix menggelar konferensi pers-nya. Microsoft rupanya mendengar aspirasi dari para pemilik Xbox One, dan akhirnya mengkonfirmasikan fitur backward compatibility ini selama E3 2015 berlangsung. Dengan fitur ini, para pemilik Xbox One nantinya bisa memainkan game-game Xbox 360 yang dimilikinya, tanpa perlu membayar atau berlangganan sebuah layanan lagi!

Fitur ini pun sudah tersedia untuk para peserta Xbox Preview Program, dan akan segera tersedia untuk seluruh pemilik Xbox One pada kuartal ketiga tahun ini juga. Gamer juga bisa merekues game-game Xbox 360 yang ingin kembali mereka mainkan di Xbox One.

Lanjut ke halaman 7...


[page_break no="3" title="The Last Guardian Bangkit Kembali"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/16/the-last-guardian-ps4-e3/" title="The Last Guardian Bangkit Kembali, Kini Disiapkan untuk PS4!"]

Banyak yang mengira proyek ini sudah mati, karena sudah hampir lima tahun tidak ada kabar lagi mengenai kelanjutan pengembangannya. Bahkan di awal tahun 2015 ini, Sony sendiri pernah mengungkapkan bahwa nasib The Last Guardian masih belum jelas. Namun Sony membawa kejutan, dengan membawa trailer gameplay baru yang menunjukkan bahwa game ini "bangun" dari tidur panjangnya!

Sony sendiri mengkonfirmasikan bahwa game ini akan dirilis untuk PS4 pada tahun 2016 mendatang. Dan kebangkitan The Last Guardian ini sukses menempatkannya di peringkat ketiga kejutan terbesar E3 2015 ini.

[youtube_embed id="zXLZvsSmBIs"]

Lanjut ke halaman 8...


[page_break no="2" title="Konfirmasi Remake Final Fantasy VII"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/21/wishlist-remake-final-fantasy-vii/" title="10 Harapan untuk Versi Remake Final Fantasy VII"]

Mungkin kejutan remake Final Fantasy VII ini bisa menjadi kejutan terbesar E3 2015 (alias peringkat satu) andai saja beritanya tidak "bocor" lebih awal. Ya, sehari sebelum E3 2015 berlangsung, kabar remake ini sempat bocor dan membuat banyak gamer bersuka cita, meskipun tentu ada sebagian gamer yang masih belum percaya. Jadinya, konfirmasi pengembangan remake Final Fantasy VII ini di konferensi pers Sony menjadi sekedar "penegasan" kabar yang sudah beredar sebelumnya.

Namun ada banyak kejutan lain di balik konfirmasi remake ini, mulai dari kembali dilibatkannya Tetsuya Nomura dan tim pengembang Final Fantasy VII original, hingga kemungkinan ada banyak perubahan dalam versi remake-nya nanti, bisa dari sisi cerita, bisa juga dari sisi gameplay. Bukan hanya sekedar remastered dengan grafis yang lebih baik saja.

[youtube_embed id="Kznek1uNVsg"]

Dan peringkat pertamanya adalah....


[page_break no="1" title="Shenmue 3!!!!"]


10 Kejutan Terbesar dalam E3 2015

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/16/shenmue-3-ps4-pc-kickstarter/" title="Shenmue 3 Benar-benar Ada, Kini Galang Dukungan Via Kickstarter!"]

Daaan, kejutan terbesar E3 2015 versi Duniaku tentu saja adalah kehadiran Shenmue 3 ini. Tidak ada kabar-kabar yang bocor sebelumnya, tidak ada tanda-tanda, tiba-tiba judul yang sudah 14 tahun vakum dari industri game ini memunculkan sekuel resminya!

Gamer terkejut bukan hanya karena Shenmue 3 benar-benar nyata, melainkan juga seri ini juga masih ditangani oleh Yu Suzuki, sang kreatornya. Selain itu, rasa terkejut semakin bertambah ketika melihat game ini menggunakan kampanye [outbound_link text="crowdfunding di Kickstarter" link="https://www.kickstarter.com/projects/ysnet/shenmue-3"] untuk menggalang dana dan dukungan dari para penggemarnya. Tambahan rasa terkejut lagi, ketika hanya dalam sembilan jam saja game ini berhasil mencapai target pendanaan US $2 juta yang dicanangkan dan terus bertambah setiap detiknya!

[youtube_embed id="ZNt_Pc6IdMc"]

Dengan tiga besar didominasi kejutan dari konferensi pers Sony, bisa dibilang di E3 2015 tahun ini Sony berhasil memukul telak Microsoft!

Itulah sepuluh kejutan terbesar E3 2015 versi Duniaku. Kamu memiliki nominasi lain untuk dimasukkan ke dalam daftar di atas? Langsung share di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU